Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyimpan File Online di Internet secara Aman dan Gratis

cara menyimpan file online di internet

Menyimpan file dengan ukuran bergiga-giga tentu akan membebani Flashdisk / Hardisk pada komputer kita. Solusi atas dilema tersebut yakni menggunakan layanan penyimpanan online di internet atau sering disebut cloud storage.

Kabar baiknya, hampir seluruh situs penyedia penyimpanan file online yang ada di internet dikala ini menggratiskan seluruh layanan cloud storage dan tidak tanggung-tanggung ruang (space) yang disediakan ada yang mencapai puluhan giga, bahkan hingga ada yang mencapai 25 GB.

Anda tentu penasaran bukan, apa dan bagaimana cara menyimpan file online di internet yang aman dan gratis ? Jika iya, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat, alasannya yakni di artikel akan saya berikan 3 cara menyimpan file online di internet menggunakan 3 situs penyimpanan online yang berbeda pula tentunya.

  • Dropbox
  • Google Drive
  • OneDrive

Selanjutnya mari kita bahas sercara rinci bagaimana cara upload / menyimpan file di ketiga situs diatas dan apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Cara Menyimpan File Online di Internet dengan Dropbox


Dropbox

Dropbox merupakan salah satu situs penyimpanan online yang mampu diintegrasikan eksklusif pada laptop / komputer dengan menggunakan software yang dinamakan Dropbox Client. Jadi, untuk menggunakan dan menyimpan file di Dropbox, hal pertama kali yang harus Anda lakukan yakni mendaftar / membuat akun di Dropbox lalu mendownload Software Dropbox Client dan selanjutnya tinggal Anda pilih file mana yang ingin diupload / disimpan di Dropbox.

Saat pertama kali menginstall dropbox, kita akan diberikan dua pilihan : Dropbox Standar dan Dropbox Business. Kedua jenis atau type dropbox tersebut memiliki kelebihan (keunggulan) dan kekurangan masing-masing.

  • Dropbox Standar : Gratis tapi ukuran penyimpanan (storage) yang diberikan kecil.
  • Dropbox Business : Ruang penyimpanan besar namun harus bayar per bulan.

Meskipun ruang penyimpanan untuk dropbox standar terbilang kecil (2GB), namun kita mampu mengupgradenya. Cara menggunakan dan mengupgrade dropox untuk menerima storage yang lebih besar mampu Anda pelajari disini Panduan Dropbox.

Cara Menyimpan File Online di Internet dengan Google Drive


Google Drive

Sesuai namanya, Google Drive yakni layanan penyimpan file online di internet (cload storage) yang dikembangkan oleh Google. Jujur, saya sendiri sangat suka menggunakan Google Drive alasannya yakni terintegrasi dengan Google Doc dan Google Chrome, jadi saya tidak perlu repot-repot upload file dari Google Doc ke Google Drive, alasannya yakni file yang ada di Google Doc akan secara otomatis tersimpan di Google Drive.

Ruang penyimpanan file yang sangat besar (15 GB) juga menjadi alasan kedua kenapa saya memilih Google Drive sebagai situs penyimpanan file terbaik versi saya. Dan untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan Google Drive untuk menyimpan file secara online di internet, berikut saya berikan tutorialnya.

  1. Kunjungi situs resmi Google Drive disini https://drive.google.com

    Cara Menyimpan File di Google Drive 1

    Sebelumnya Anda harus memiliki email dari Google atau biasa kita sebut Gmail, bila belum punya silahkan buat dulu, tutorialnya mampu Anda baca secara gratis disini Cara Daftar Email Gmail. Jika sudah silahkan log in dengan akun Gmail Anda.

  2. Klik New > File Upload

    Cara Menyimpan File di Google Drive 2

    Klik tombol New yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih file upload dan selanjutnya pilih yang ingin Anda simpan secara online di internet. Perlu dicatat bahwa ukuran file maksimum yang diijinkan oleh Google yakni sebesar 10 GB.

  3. Klik Kanan > Share

    Cara Menyimpan File di Google Drive 3

    Karena file yang kita upload secara defaultnya memiliki settingan privacy private, maka kita perlu mengubahnya ke umum, dengan cara klik kanan file yang tadi diupload, lalu pilih Share.

  4. Klik Advanced > Change > On Public Web

    Cara Menyimpan File di Google Drive 4

    Lanjut, klik Advanced lalu klik Change maka akan muncul 3 pilihan privasi file tersebut, silahkan Anda ganti dari Private menjadi Public. Selanjutnya, klik Done untuk menyimpannya.

Selesai sudah, file sudah tersimpan secara online di internet dengan aman. Saya katakan aman, alasannya yakni sejauh ini saya belum pernah mendegar server dari Google Drive mengalami error atau semacamnya.

Cara Menyimpan File Online di Internet dengan OneDrive


One Drive

OneDrive dulu berjulukan SkyDrive merupakan layanan penyimpanan file online di internet yang disediakan gratis oleh Microsoft. Terdapat fitur menarik pada OneDrive yaitu adanay Recycle Bin, jadi file yang sudah kita hapus masih mampu dipulihkan, namun tetap diberi batas waktu yaitu selama 3 hari setelah peniadaan file dilakukan.

Fitur menarik dari OneDrive yang lain yakni kita mampu mendownload sekaligus file yang sudah kita upload dengan catatan file tersebut tersimpan dalam 1 folder yang sama.

Untuk dilema storage atau ruang penyimpanan, OneDrive menyediakan layanan penyimpanan file sebesar 7GB dan bonus 3GB untuk Anda yang mengaktifkan sinkronisasi dengan aplikasi OneDrive Client versi Mobile (Android & iOS).

Jika Anda tertarik untuk menggunakan situs penimpanan file online di OneDrive, silahkan ikuti caranya dibawah ini untuk menggunakannya.

  1. Download software OneDrive Client di https://onedrive.live.com/about/en-us/download/
  2. Ada dua pilihan software (OneDrive dan OneDrive Business), pilih saja yang OneDrive.
  3. Download lalu Intall dan software OneDrive siap untuk digunakan.

Ukuran file OneDrive hanya 6.8 MB saja, jadi mampu dipastikan tidak akan memberatkan kinerja laptop / komputer Anda.

Kurang lebih begitulah kumpulan cara menyimpan file di internet secara gratis. Sebagian dari Anda mungkin akan bertanya 'apa sih manfaat dari menyimpan file di internet ?' jujur ada banyak sekali. Berikut saya berikan berita mengenai beberapa manfaat menyimpan file di internet yang saya ketahui.

  • File mampu diakses dengan mudah dimana dan kapan saja.
  • File akan aman dari bahaya virus yang jamak menginfeksi komputer.
  • File mampu didownload oleh siapa saja tanpa terbatas ruang dan waktu.
  • Sebagai media backup file.

Lengkap sudah, dari mulai cara menyimpan file di internet hingga berita mengenai situs penyedia layanan penyimpanan online gratis sudah saya informaskan kepada Anda, jadi saya ijin pamit undur diri, bila ada yang ingin ditanyakan seputar online storage silahkan tanyakan saja melalui kolom komentar, akan saya bantu sebisa saya.

Posting Komentar untuk "Cara Menyimpan File Online di Internet secara Aman dan Gratis"