Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Belajar Cara Ngeblog Untuk Pemula Agar Dapat Duit

Tips Sukses Belajar Cara Ngeblog Untuk Pemula Agar Dapat DuitNgeblog itu menyerupai menanam pohon, kita perlu menentukan tujuan dari kita menanam pohon tersebut, apakah hanya sebagai hiasan untuk mempercantik halaman rumah atau ingin dibudidayakan lalu dijual untuk menerima uang / duit. Jika kita sudah menentukan tujuan dari kita menanam pohon, selanjutnya tentu saja kita harus merawat pohon tersebut sampai menjadi besar. Begitu pula dengan blog, diawal ngeblog kita dituntut untuk menentukan tujuan dari kita ngeblog, apakah untuk mencari uang di internet atau sekedar hobi untuk mengisi waktu luang.

Untuk yang ngeblog hanya sekedar hobi, mungkin tidak ada aturan pasti yang harus dikerjakan, namun jikalau tujuan Anda membuat blog yaitu untuk menerima uang dari internet, maka ada banyak hal yang harus diperhatikan dan hal-hal inilah yang akan kita bahas di artikel ini.

Karena artikel ini saya khususkan untuk Blogger Pemula, jadi isi dari artikel juga akan saya bahas secara lengkap dari dasar, dengan tujuan supaya mampu dengan mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

Lantas apa yang akan Anda pelajari di artikel ini ?

  1. Belajar Cara Membuat Blog
  2. Belajar Mendesain Blog
  3. Belajar SEO
  4. Belajar Mempromosikan Blog
  5. Belajar Memonetisasi Blog

Jadi, secara garis besar yang akan kita pelajari di artikel ini yaitu berguru bagaimana cara membuat blog, berguru untuk mendesain blog supaya tampil menarik, menerapkan SEO di Blog, berguru bagaimana cara yang baik dan benar dalam mempromosikan blog, dan yang terakhir yaitu kita akan berguru memonetisasi blog untuk mendapatkan uang dari internet menggunakan media blog.

Baca Juga
Daftar Blogger Indonesia Yang SuksesDaftar Blogger Indonesia Yang Sukses

Artikel ini berisi gosip mengenai daftar blogger terbaik dan terkenal dari indonesia yang sudah sukses ngeblog.

1. Belajar Cara Membuat Blog


Sebelum membuat blog, pertama kita harus menentukan terlebih dahulu platform blogging apa yang akan kita gunakan. Sekedar gosip saja bahwa ketika ini ada setidaknya 5 Platform Blogging yang paling banyak digunakan oleh blogger di seluruh dunia. Kelima platform blogging yang saya maksud tersebut yaitu :

  • Blogger
  • Wordpress
  • Tumblr
  • Typepad
  • Mywapblog

Dari kelima platform blogging diatas, pertanyaan yang mungkin muncul dibenak para blogger pemula tentunya yaitu 'mana yang platform blogging yang terbaik / apa perbedaan dari kelima platform blogging tersebut'. Akan saya jawab singkat saja, dari kelima platform blogging diatas yang terbaik menurut saya yaitu Blogger, sementara untuk perbedaanya terletak pada UI (user interface) selebihnya bekerjsama sama saja.

Lanjut, setelah memilih Platform, selanjutnya kita akan berguru membuat blog. Bagi sebagian orang mungkin aktifitas membuat blog bukanlah pekerjaan yang susah untuk dilakukan, namun tidak demikian untuk para pemula. Untuk itulah disini saya juga akan menjelaskan bagaimana cara membuat blog di blogger (khusus untuk pemula).

  1. Silahkan Anda buka https://www.blogger.com/
  2. Masukkan email dan password akun Gmail, jikalau belum punya buat dulu disini
  3. Cari lalu klik tombol yang bertuliskan 'New Blog'
  4. Masukkan judul dan alamat blog
  5. Klik 'Create Blog' untuk menyelesaikan pembuatan blog baru

Jika tutorial buat blog diatas dirasa terlalu susah untuk dipahami, silahkan Anda baca versi lengkap cara buat blog di blogger yang disertai dengan gambar dan video disini Cara Membuat Blog.

2. Belajar Mendesain Blog


Sampai sini saya anggap Anda sudah memiliki setidaknya 1 blog. Selanjutnya kita akan berguru cara untuk mendesain blog gres tersebut supaya tampil lebih keren dan menarik untuk dilihat. Ada banyak manfaat yang akan kita dapat dari mendesain blog, diantaranya yaitu :

  • Membuat pengunjung betah berlama-lama
  • Menurunkan bounce rate
  • Meningkatkan pageview blog

Intinya kita akan menerima banyak manfaat jikalau kita berhasil mengedit template blog menjadi lebih keren. Namun perlu diakui memang untuk mengeditnya juga bukanlah pekerjaan yang mudah, kita dituntut untuk benar-benar menguasai paling tidak dasar dari bahasa HTML / CSS.

Namun jangan khawatir, alasannya yaitu kini sudah ada situs yang menyediakan tool untuk membuat template secara online, jadi tidak perlu pusing-pusing berguru bahasa pemrograman HTML / CSS. Situs yang saya maksud yaitu DoTemplate, di situs ini kita mampu mengeksport template yang kita buat ke dalam banyak sekali platform blog, mulai dari Blogger, Wordpress atau mampu juga ke dalam format HTML. Untuk mendesain template di DoTemplate bekerjsama sangat mudah, alasannya yaitu kita hanya perlu drag and drop saja, namun untuk lebih jelasnya silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

  1. Kunjungi situs http://www.dotemplate.com/


    Tunggu beberapa ketika sampai halaman utama terload sempurna, jikalau sudah selanjutnya silahkan Anda klik 'Browse all editable templates'.

  2. Pilih template yang ingin Anda edit


    Tersedia setidaknya 24 Tenplate Blog gratis yang mampu Anda edit sesuai selera. Pada pola ini saya akan mengedit template nomor 1.

  3. Manfaatkan semua tool yang ada untuk mengedit template


    Ada banyak sekali tool yang disediakan, silahkan Anda coba satu-satu dan buatlah template sesuai dengan selera Anda.

  4. Simpan template dengan cara mengeksportnya ke Platform yang Anda ingingkan


    Pada menu Save / Download, silahkan Anda eksport template yang gres saja Anda buat tersebut ke platform yang Anda inginkan, terdapat 4 pilihan, yaitu HTMl, Wordpress, Blogger dan Joomla.

Jika sudah di download, selanjutnya silahkan pasang template tersebut di Blog, dengan cara mengupload file template yang gres saja Anda download, khusus untuk format HTML Anda mampu pribadi mengupload melalui Index supaya mampu tampil di halaman homepage.

3. Belajar SEO


Untuk menerima banyak pengunjung, tidak cukup hanya mengandalkan kualitas artikel dan tampilan blog yang menarik, ada satu hal penting yang harus Anda lakukan yaitu mengoptimalkan SEO pada Blog. Bagi pemula tentu saja akan bingung, bekerjsama apa itu seo ? sederhananya, pengertian seo yaitu sebuah teknik yang digunakan oleh Blogger untuk mengoptimalkan blog miliknya supaya mampu berada di urutan pertama pada halaman hasil pencarian Mesin Pencari mirip Google / Bing. Kalau blog kita berada di urutan pertama, maka otomatis pengunjung juga pasti akan datang dengan sendirinya.

Secara garis besar, Teknik SEO dibedakan menjadi 2 jenis :

  • Teknik SEO On-Page
  • Teknik SEO Off-Page

Dari namanya saja, saya yakin Anda sudah mampu membedakan tujuan atau cara pengunaan dari kedua teknik SEO tersebut, bukan ? yap, SEO On-Page mampu kita artikean sebagai sebuah teknik mengoptimalkan blog yang dilakukan dari dalam blog, sementara untuk SEO Off-Page mempunyai arti kebalikannya yaitu sebuah teknik mengoptimalkan blog dari luar blog.

Pertanyaanya yaitu bagaimana cara menggunakan SEO On-Page dan Off-Page yang baik dan benar ? Jawaban atas pertanyaan tersebut mampu Anda temukan di artikel berikut ini Panduan Cara SEO Yang Benar Untuk Blog Baru.

4. Belajar Mempromosikan Blog


Setelah membuat, mendesain dan men-seo-kan blog, maka langkah selanjutnya yaitu mempromosikan Blog, cara mepromosikan blog bekerjsama tidaklah terlalu susah selama kita mengetahui daerah yang tepat untuk melaksanakan promosi. Tempat yang saya maksud disini yaitu :

  • Social Media (Facebook, Twitter & Google)
  • Social Bookmark (Infogue, Lintas, Populerkan)
  • Blog Directories (Dmoz, Blogtopsites, Blogcatalog)

Dan tentunya masih banyak tempat-tempat lain yang mampu Anda manfaatkan untuk memrpomosikan blog secara gratis. Namun, perlu perlu dicatat dalam mempromosikan, sebaiknya dilakukan secara natural / wajar, hal tersebut untuk mencegah blog kita ditandai spam oleh Google.

5. Belajar Memonetisasi Blog


Jika pengunjung blog dirasa sudah cukup banyak, maka itu artinya kita sudah siap untuk memonetisasi / menguangkan blog tersebut. Sebagai seorang pemula, tentu akan dibuat resah mengenai bagaimana cara menerima uang dari blog ? Tetapi Anda tidak perlu khawatir, alasannya yaitu disini saya akan menjelaskan cara apa saja yang mampu Anda gunakan untuk menerima uang dari blog.

  • Pay Per Click (PPC)

    Salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh blogger di seluruh dunia untuk menerima uang dari Blog yaitu dengan ikut serta dalam aktivitas PPC, dan jikalau ditanya 'apa aktivitas ppc yang terbaik ketika ini' tentu saja jawabannya yaitu Google AdSense. Karena nilai per klik yang akan Anda peroleh mampu sangat besar, bahkan mampu mencapai 3$ per klik. Itu artinya jikalau ada orang yang klik iklan di blog Anda 1x saja, maka Anda akan menerima uang sebesar $3 atau setara dengan Rp. 30.000 lebih. Jika tertarik dan ingin mencoba PPC Google AdSense, silahkan pelaajri caranya disini Belajar Google AdSense.

  • Pay Per Review (PPR)

    Cara menerima duit dari blog selanjutnya yaitu dengan membuka jasa Pay Per Review (PPR). Untuk menerapkan jas ini tentu saja Anda harus memiliki blog dengan jumlah pengunjung yang banyak, jikalau masih kesulitan untuk menerima pengunjung silahkan baca Cara Meningkatkan Pengujung Blog. Selain banyaknya jumlah pengunjung, niche blog yang Anda pilih juga menentukan, apakah akan ada banyak orang yang memakasi jasa Anda atau tidak. Untuk sekali review, biasanya blogger / pemilik blog akan mematok harga 100 ribu - 1 juta.

Selain kedua cara menerima uang dari blog yang saya sebutkan diatas, tentu saja masih banyak cara-cara lain yang tak kalah ampuh untuk menerima uang dari Blog, mirip misalnya menjual eBook di blog.

Kesimpulan


Jika artikel perihal tips sukses berguru cara ngeblog diatas kita ambil kesimpulannya, maka hal-hal yang perlu Anda lakukan supaya dapat duit dari Blog yaitu dengan cara membuat, mendesain, men-seo-kan, mempromosikan dan yang terakhir yaitu memonetisasi blog.

Masalahnya, banyak blogger pemula yang merasa bahwa dirinya telat untuk memulai (andai saya mulai ngeblog dari dulu, pasti persaingan tak seketat sekarang), padahal menurut saya pribadi tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Itu saja dari saya, simpulan kata saya ucapakan selamat berguru ngeblog dan semoga sukses.

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Belajar Cara Ngeblog Untuk Pemula Agar Dapat Duit"