Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Baru Google Membuat Akses Blog Anda 4x Lebih Cepat

streamlined search results (hasil pencarian yang efisien).

Sederhananya, teknologi streamlined akan membuat kanal halaman situs menjadi lebih cepat, Google mengklaim teknologi barunya tersebut bisa membuat kanal situs menjadi 4x lebih cepat atau bisa menghemat data sampai 80%.

Teknologi tersebut menggunakan sistem transcoder yang akan bekerja secara otomatis, kalau pengguna terdeteksi berada pada koneksi yang lambat.

Google tidak menulis secara pasti berapa patokan koneksi yang dianggap lambat, namun disebutkan bahwa teknologi tersebut akan diterapkan untuk pengguna jaringan 2G (35kbps).

Karena dari segi jumlah pengakses internet di Indonesia rata-rata masih menggunakan jaringan 2G maka dipilihlah Indonesia sebagai negara pertama untuk menguji teknologi streamlined search results.

Penerepan teknologi gres Google ini memberi dampak aktual untuk semua orang, dari sisi pengguna terang akan membuat mereka senang alasannya ialah waktu kanal situs menjadi lebih cepat, sementara kalau dilihat dari sisi pemiliki situs maka mereka terang akan mendapat banyak keuntungan salah satunya ialah peningkatan jumlah pageview.

Melihat kelebihan yang ditawarkan, bukan berarti teknologi streamlined ini sempurna, artinya tentu masih ada kekurangannya menyerupai pengorbanan pada tampilan asli situs tersebut. Ya, dengan diterapkan teknologi streamlined, sedikit banyak pasti akan merubah tampilan situs.

Baca Juga
Cara Mempercepat Loading BlogCara Mempercepat Loading Blog

Pelajari juga bagaimana cara mempercepat loading blog tanpa merubah tampilan asli dari blog tersebut.

Perbedaan Tampilan Blog Sebelum dan Setelah Proses Transcoding


Lebih jelasnya Anda bisa membandingkan perubahan yang terjadi pada situs berguruseo, sebelum dan sesudah diterapkannya teknologi streamlined melalui gambar dibawah ini.

Perbedaan Tampilan Blog Sebelum dan Setelah Proses Transcoding

Pada kasus diatas, mungkin tidak terlalu terlihat perbedaan yang mencolok sebelum dan sesudah dioptimasi oleh Google dengan teknologi streamlined-nya, alasannya ialah memang template default mobile dari Blogger yang saya gunakan sekarang sudah sangat simple, jadi disederhanakan menyerupai apapun tidak akan banyak merubah tampilannya secara drastis.

Namun, saya pernah menguji coba pada blog lain yang sangat ramai dengan CSS, HTML dan JS, alhasil benar-benar terlihat perbedaannya.

Cek Tampilan Blog Anda Saat Diakses Dengan Teknologi Transcoding


Ingin mengetahui bagaimana tampilan blog Anda ketika dioptimasi dengan teknologi streamlined ? silahkan gunakan WebPageTest untuk mengujicoba dan melihat perbedaanya.

  1. Kunjungi situs WebPageTest

    Teknologi Baru Google Membuat Akses Blog Lebih Cepat 1

    Masukkan alamat situs blog pada kolom yang telah disediakan, lalu klik pada tombol 'Start Test'

  2. Tunggu sampai proses Testing selesai

    Teknologi Baru Google Membuat Akses Blog Lebih Cepat 2

    Proses ini setidaknya memakan waktu 1 sampai 5 menit, tergantung dari koneksi internet dan juga besar halaman blog Anda.

  3. Lihat hasil perbedaan tampilan Blog

    Teknologi Baru Google Membuat Akses Blog Lebih Cepat 3

    Akan ada 2 gambar yang akan menampilkan perbedaan pada blog Anda, sebelum dan sesudah dioptimasi oleh Google.

  4. Klik View Test lalu pilih Filmstrip View

    Teknologi Baru Google Membuat Akses Blog Lebih Cepat 4

    Halaman Filmstrip View akan menampilkan detik-detik tampilan blog Anda ketika diakses, selain itu kita juga bisa mengatur intervalnya mulai dari 0.1, 0.5, 1 dan 5 detik.

Selain menyediakan hasil testing berupa tampilan gambar, disediakan pula hasil dalam bentuk video, jadi Anda bisa menonton bagaimana proses transcoding bisa mempercepat kanal blog.

Jika dirasa tampilan blog Anda menjadi kacau akhir teknologi streamlined, maka Anda tidak perlu khawatir, alasannya ialah Google nantinya juga menampilkan pop-up kepada pengunjung untuk memilih apakah ingin melanjutkan mengakses dalam versi transcoding atau kembali ke versi default.

Sebenarnya teknologi streamlined search results gres akan diterapkan oleh Google pada 14 Mei mendatang, jadi masih ada waktu 5 hari dari sekarang untuk menyederhanakan tampilan template mobile blog Anda, kalau itu merepotkan, tidak dilakukan juga tidak apa-apa alasannya ialah tidak ada kaitannya dengan SEO, tapi perlu diketahui bahwa ketika ini pengguna jaringan 2G di Indonesia mencapai 70 persen dari jumlah pelanggan keseluruhan operator-operator seluler.

Posting Komentar untuk "Teknologi Baru Google Membuat Akses Blog Anda 4x Lebih Cepat"