Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Gratis di Android

Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Gratis di Android

Sebagian dari Anda mungkin hanya mengenal Whaff sebagai aplikasi penghasil uang dari Android, bukan ? padahal selain aplikasi Whaff, masih banyak aplikasi gratis lain yang juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapat uang dari Android.

Jadi, melalui artikel ini saya ingin mencoba membuatkan gosip mengenai aplikasi android apa saja yang bisa Anda gunakan utnuk menerima uang dari Android selain Whaff.

Ohya, disini saya menjelaskan cara menerima uang dari Android dari 2 sisi, yaitu dari sisi End-User (pengguna aplikasi android) dan satu lagi dari sisi Developer (pengembang aplikasi android).

  • Cara Mendapatkan Uang dari Menggunakan Aplikasi Android
  • Cara Mendapatkan Uang dari Membuat Aplikasi Android

Selanjutnya, mari kita bahas satu per satu dari kedua cara menerima uang melalui Android baik dari sisi pengguna maupun pengembang aplikasi Android.

Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Android (Pengguna)


Sejujurnya ada ratusan aplikasi penghasil uang di Android, namun disini saya hanya akan memilih 4 yang terbaik. Makara keempat aplikasi android dibawah ini sudah terbukti membayar membernya (bukan scam), selain itu review di Google Play terbilang indah alasannya yaitu rata-rata menerima 4 bintang.

1. MintCoins


Cara Mendapatkan Uang dari Android yang paling mudah menurut saya yaitu dengan aplikasi MintCoins, sistemnya hampir sama dengan Whaff, namun ada lebih banyak peran yang ditawarkan oleh aplikasi MintCoins untuk menghasilkan uang, ibarat misalnya :

  • Menyelesaikan Survei
  • Menonton Video
  • Menginstall Aplikai
  • Mengundang Teman
  • Mendaftar di Website tertetntu

Bayaran yang akan Anda dapat dari tiap peran tentu berbeda, tergantung dari tingkat kesulitan peran tersebut, namun rata-rata berkisar antara $0.1 - $5 untuk tiap peran yang diberikan.

2. Google Opinion Rewards


Google Opinion Rewards yaitu aplikasi penghasil uang dari android kedua yang saya rekomendasikan utnuk Anda, khususnya untuk Anda yang butuh Google Play credit.

Untuk menerima uang dari Google Opinion Rewards, caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menjawab survei, survei akan diberikan setiap 1 ahad sekali.

Pertanyaan atau survei yang diberikan tebrilang mudah untuk dikerjakan, misalnya Anda akan ditanya :

  • Mana logo yang terbaik ?
  • Apa makanan favoritmu ?
  • Kapan rencana Anda untuk berlibur ?

Seperti itu, jadi cukup mudah untuk dikerjakan. Untuk penghasilan yang didapat bisa hingga $1 per survei. Dalam 1 survei biasanya terdiri dari 1 - 20 pertanyaan.

3. iPoll


Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, iPoll juga menunjukkan cara yang sama untuk menghasilkan uang dari Android yaitu dengan menyelesaikan survei.

iPoll tak hanya tersedia pada aplikasi Android saja, namun juga bisa kita jalan masuk melalui web dengan cara mengunjungi situs resmi iPoll.

Bagaimana sistem survei di iPoll bekerja ?

  • iPoll akan meminta Anda untuk memasukkan gosip terkait data diri Anda (seperti nama, hobi, daerah tinggal dll).
  • Survei akan diberikan berdasarkan data diri yang Anda masukkan.
  • Setiap survei akan diberikan poin, poin yang didapat bisa ditukas dengan uang melalui situs www.iPoll.com.

Survei yang diberikan di iPoll tidak menentu kapan waktunya, jadi bisa 1 bulan 1x, bisa 1 ahad 1x. Tergantung dari gosip yang kita berikan diawal pendaftaran, untuk negara premium ibarat USA tentu akan ada lebih banyak survei dibanding kita yang tinggal di negara berkembang ibarat Indonesia.

4. Swagbucks


Swagbucks yaitu salah satu situs terbesar yang menyampaikan hadiah (gift card) untuk setiap peran yang Anda selesaikan. Sejak diluncurkan pada tahun 2008, sudah lebih dari $90 million (900 miliar rupiah) dibayarkan kepada membernya.

Makara tak heran jikalau Swagbucks dianggap sebagai aplikasi penghasil uang di android terbaik dikala ini.

Ada banyak cara menerima uang dari aplikasi android Swagbucks, misalnya dengan :

  • Menyelesaikan survei
  • Menonton video
  • Berbelanja di situs eCommerce

Jika uang yang terkumpul sudah banyak atau berkisar diantara $5 - $100, Anda bisa melaksanakan payout melalui PayPal.

Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Android (Pengembang)


Untuk Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang coding atau menguasai bahasa pemrograman Java, maka saya sarankan untuk mencari uang dengan cara membuat aplikasi di Android. Setidaknya ada 3 cara menerima uang dari aplikasi android yang telah Anda buat. Ketiga cara monetize tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. AdMob


AdMob yaitu abreviasi dari AdSense Mobile yaitu layanan periklanan dari Google untuk pengguna smartphone Android.

AdMob menggunakan sistem PPC (Pay Per Click), jadi kita akan menerima bayaran setiap ada orang yang klik iklan pada aplikasi Android yang mereka install.

Untuk menerima uang dari AdMob, sebelumnya kita perlu mendaftar menjadi Publisher terlebih dahulu melalui situs Admob.

Jika sudah diterima, peran Anda selanjutnya yaitu memasang instruksi iklan yang diberikan AdMob kedalam aplikasi android yang Anda buat, tutorial memasangnya sudah dijelaskan dengan sangat lengkap oleh Google melalui halaman ini AdMob Quick Start.

2. Paid Apps


Untuk menerima dua keuntungan sekaligus, Anda bisa membuat Paid Apps (aplikasi berbayar) yang dipasangi AdMob.

Makara jikalau ada pengguna yang ingin menginstall aplikasi yang Anda buat, maka mereka wajib membayar terlebih dahulu.

Setelah pengguna menginstall pun potensi untuk menerima uang juga masih terbuka lebar berkat adanya iklan dari AdMob.

Namun sekedar gosip saja bahwa pada tahun 2015 sudah ada 1.500.000 aplikasi yang tersedia di Google Play, dan lebih dari 80% atau sekitar 1.200.000 aplikasi yang ada yaitu aplikasi gratis, jadi Anda harus berfikir dua kali jikalau ingin mengirim aplikasi berbayar.

3. In-App Purchase


Ini yaitu fitur menarik yang tentunya sering Anda temui di beberapa game online berbasis Web. Namun, skearang Android pun juga memiliki fitur tersebut.

Tetapi Anda tidak bisa menggunakannya secara langsung, alasannya yaitu Anda harus memiliki akun publisher di Google Play, jikalau belum punya silahkan buat terlebih dahulu disini http://play.google.com/apps/publish Google Play Developer.

Anda bebas menentukan berapa harga untuk setiap item yang ada, namun biasanya rata-rata berkisar antara $0.99  - $100

Tutorial menambahkan fitur In-App Purchase bisa Anda lihat pada situs Android Developer di halaman Administering In-app Billing.

Itulah beberapa cara menerima uang dari Android yang saya ketahui, apapun posisi Anda dikala ini, baik itu pengembang maupun pengguna, tetap bisa dengan mudah dapat uang dari aplikasi Android.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Gratis di Android"