Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Promosi Online Yang Efektif dan Efisien

Cara Promosi OnlineTeknik atau cara melaksanakan promosi online bergotong-royong tidak jauh berbeda dengan cara promosi produk secara offline, dimana pada intinya kita sama-sama berusaha untuk membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk yang kita jual. Tapi tentunya tetap ada beberapa hal yang bisa kita lakukan di promosi offline, namun tidak bisa dilakuakn di promosi online, menyerupai permainan verbal wajah atau tatapan mata, jadi dalam promosi online memang membutuhkan trik khusus. Apa saja trik-trik promosi online tersebut ? silahkan Anda simak ulasannya dibawah ini.

Sebelumnya saya ingin membahas dulu pengertian perihal apa itu Cara Promosi Online Efektif dan Efisien :

  • Efektif yaitu Ampuh (terbukti)
  • Efisien yaitu Tepat (tidak mubadzir)

Makara keenam Cara Promosi Online dibawah ini sudah terbukti dan juga bisa dipastikan sempurna sasaran alias tidak akan membuang waktu Anda secara percuma.

Baca Juga
Cara Bisnis OnlineCara Bisnis Online

Artikel ini berisi informasi perihal bagaimana cara saya dalam memulai urusan ekonomi online tanpa modal, sangat cocok untuk Anda yang masih pemula sekalipun.

Cara Promosi Online


Gambaran singkat untuk Anda, ada 6 Cara Promosi Online yang akan saya bagikan di artikel ini, dari mulai menerima kepercayaan dari consumer, hingga cara melaksanakan closing yang tepat. Daripada penasaran, pribadi saja Anda simak keenam cara promosi online berikut ini.

1. Membangun Kepercayaan


Sebelum melaksanakan promosi online, maka ada baiknya Anda melaksanakan pendekatan terlebih dahulu, hal ini berkhasiat untuk menerima kepercayaan dari calon pembeli, dan jikalau Anda berhasil menerima kepercayaan, maka Anda bisa jauh lebih mudah dalam menjual barang / jasa, alasannya yaitu pembeli sudah yakin 100%.

Cara menerima kepercayaan pada calon konsumen sejatinya bukanlah pekerjaan yang mudah, alasannya yaitu memang dibtuhkan proses dan waktu sebentar, dan tips menerima kepercayaan konsumen dibawah ini mungkin bisa membantu Anda.

  • Bangun Komunikasi Yang Baik
  • Berikan Bukti Nyata
  • Pastikan Produk Anda Berkualitas

Jika Anda berhasil menerapkan ketiga hal diatas kepada konsumen, maka dalam waktu akrab bisa dipastikan Anda akan menerima kepercayaan penuh dari konsumen.

2. Memberikan Solusi


Produk / Jasa yang Anda tawarkan haruslah menyampaikan solusi, bukan malah menambah masalah. Misalnya jikalau Anda bergerak di bidang 'makanan kucing' maka dalam melaksanakan promosi, maka Anda wajib menyertakan deskripsi perihal produk Anda tersebut, dan disertai fungsi atau manfaat yang akan didapat oleh konsumen jikalau membeli produk Anda.

Selain itu terkadang Anda juga akan menemui pelanggan yang menganggap penawaran Anda terlalu mahal, maka solusinya yaitu katakan kepada calon konsumen tersebut bahwa harga menentukan kualitas, intinya berikan solusi bukan polusi.

3. Mengutamakan Kualitas


Sudah menjadi belakang layar umum bila kualitas jauh lebih baik ketimbang kuantitas, alasannya yaitu akan jauh lebih baik memiliki 1 konten viral yang disukai oleh target / audience Anda, daripada memiliki 1000 konten namun tidak ada yang menyukainya.

Konten yang berkualitas bisa dipastikan akan membuat produk Anda menjadi viral yang pada jadinya akan dibaca, dibagi dan dibicarakan oleh banyak. Hal ini terang lebih baik daripada 1000 konten yang hanya dibaca saja.

Untuk membuat konten promosi online yang berkualitas caranya cukup mudah, Anda hanya perlu :

  • Dengarkan apa yang dimau konsumen
  • Berikan nilai tambah pada produk tersebut
  • Fokus

Dengan memperhatikan ketiga hal diatas, akan membuat konten promosi online yang Anda lakukan menjadi lebih terarah dan pastinya akan jauh lebih berkualitas.

4. Menggunakan Teknik Funneling


Dalam promosi online kita juga harus menggunakan teknik khusus untuk menarik minat para pembeli, salah satunya yaitu menggunakan Teknik Funneling, yaitu sebuah teknik menjual dengan harga murah terlebih dahulu dan perlahan menaikkannya.

Hal ini sangat ampuh untuk menerima kepercayaan dari konsumen dan juga sekaligus menjadi teknik paling indah untuk meningkatkan popularitas dari produk / jasa yang Anda jual alasannya yaitu dengan menunjukkan harga murah, maka akan memancing rasa penasaran masyarakat.

5. Menggunakan Trik Cross Selling


Dibilang trik cross selling alasannya yaitu dalam teknik ini kita akan menunjukkan barang secara silang. Makara model dari promosi online ini menyerupai saling promosi, sebagai referensi Anda menjual Laptop, maka trik cross selling yang sempurna yaitu dengan menunjukkan pula Mouse / Screen Protector.

Yang perlu dicatat dalam menggunakan trik promosi online cross selling yaitu jangan hingga Anda menunjukkan barang yang salah / tidak nyambung. Misalnya tadi Anda jual Laptop lalu menggunakan trik cross selling untuk menunjukkan helm. Contoh pengimplementasikan trik yang salah.

6. Menggunakan Teknik Closing


Teknik yang terakhir dan sekaligus menjadi cara promosi online yang terampuh yaitu dengan menggunakan teknik Closing, tujuan teknik yaitu untuk membuat pelanggan atau lebih tepatnya calon pelanggan, masuk ke dalam zona 'URGENT' / zona 'GENTING' biar segera membeli produk Anda.

Contoh pengimplementasikan teknik closing :

Makara gimana pak, mau beli kendaraan beroda empat x, kendaraan beroda empat y atau mobil-mobilan ? alasannya yaitu promo ini hanya untuk 5 pelanggan pertama kami pak ?

Nah, dengan begini seoalng-olah calon pelanggan dituntut untuk segera membuat keputusan ya atau tidak, tapi kemungkinan besar akan menjawab 'iya'.

Media Promosi Online


Selain menggunakan trik promosi online, pemilihan media / daerah yang sempurna juga sangat besar lengan berkuasa pada sukses / tidaknya promosi onlin yang Anda lakukan. Makara selain menggunakan trik, memilih daerah juga merupakan salah satu aspek terpenting untuk mensukseskan kegiatan promosi online.

Pertanyaanya yaitu dimanakah daerah promosi online yang terbaik ?

1. Media Sosial


Sudah tidak bisa diragukan lagi, bahwa media umum (terutama facebook) merupakan media yang paling sempurna kita gunakan untuk mempromosikan produk. Karena dari muda - tua, kaya - kurang mampu, tampan - kurang tampan ada di Facebook, dengan kata lain apapun pasar Anda bisa ditemui di Facbook. Namun, dalam ber-promosi di Facebook juga ada adab promosi yang harus dijaga, menyerupai jangan spam dan juga jangan asal tag.

2. Online Shop


Tempat promosi online terbaik kedua yaitu Online Shop. Disini kita bisa lebih leluasa, dalam artian kita bebas memasang produk sebanyak-banyaknya, dan untuk alasan kenapa saya menempatkan online shop diurutan kedua atau berada di bawah media sosial, diantaranya yaitu alasannya yaitu soal biaya, tak bisa dipungkiri untuk membuat sebuah toko online tidaklah murah.

Menggunakan Online Shop juga disebut-sebut sebagai salah satu cara promosi online yang paling efektif dan efisien. Efektif alasannya yaitu bisa dipastikan pengunjung yang datang akan tertarget sesuai dengan produk / barang yang kita jual dan Efisien alasannya yaitu kita tidak perlu capek-capek promosi berkeliling menyerupai di Facebook.

3. Iklan Baris Online


Memasarkan produk atau mempromosikan produk dengan memanfaatkan situs iklan baris online juga bisa menjadi alternatif lain untuk Anda yang ingin pelanggan dengan cepat, alasannya yaitu rata-rata situs iklan baris online dikunjungi oleh lebih dari jutaan orang per hari. Makara peluang iklan kita dibaca orang akan jauh lebih besar.

Jika resah memilih situs pasang iklan online mana yang terbaik, Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul Daftar Lengkap Harga Pasang Iklan Baris Murah di Indonesia.

4. Instant Mesagging


BBM, WeChat, Line, Kakotalk dan Instagram merupakan lima dari ratusan aplikasi instant mesaaging terbaik yang bisa Anda gunakan untuk promosi online secara gratis. Alasan kenapa menggunakan Instant Mesaaging yaitu alasannya yaitu promosi yang Anda lakukan bisa bersifat private artinya akan meningkatkan peluang terjadinya Closing.

Kata Kata Untuk Promosi Online


Berikut yaitu beberapa kata yang bisa membantu untuk mempermulus pemasaran online yang Anda lakukan biar terjadi closing.

1. Gratis


Semua orang pasti menyukai hal yang berbau gratis.

Contoh kalimat promosi  : 'Beli 1 gratis satu, beli dua gratis dua, tidak beli juga tidak apa-apa'

2. Jaminan


Saat membeli produk, tentu semua orang ingin menerima produk yang berkualitas dan terbukti.

Contoh kalimat promosi : 'Beli ebook SEO ini, dijamin Anda akan menerima ranking 1 di kelas Google'

3. Mudah


Tiap orang tentu ingin hidup mudah, untuk itu tawarkan produk yang bisa mempermudah hidup mereka.

Contoh kalimat promosi : 'Dengan membeli software pencetak uang ini, Anda bisa mencari uang dengan mudah'

Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa ada aneka macam media yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan penjualan online salah empatnya dengan menggunakan media promosi online yang saya sebutkan diatas, alasannya yaitu cara promosi online tersebut selain efektif dan efisien juga bisa Anda lakukan secara gratis.

Posting Komentar untuk "Cara Promosi Online Yang Efektif dan Efisien"