Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Ampuh Membuka Situs Yang Diblokir

Cara Membuka Situs Yang Diblokir

Cara Membuka Situs Yang Diblokir oleh operator indonesia menyerupai 3, XL, Indosat, Telkom, Telkomsel, Smartfren atau Speedy bahwasanya cukup mudah jikalau kita tahu caranaya. Dan disini saya akan membagikan 9 Cara Membuka Situs Yang Diblokir dan terbukti ampuh (karena sudah saya coba sendiri)

Jujur saya sendiri terkadang merasa galau sekaligus asing dikala melihat ada situs yang tiba-tiba diblokir dengan alasan yang menurut saya cukup absurb menyerupai misalnya kasus pemblokiran situs Vimeo beberapa bulan yang lalu oleh pemerintah Indonesia atau kemenkominfo. Dari situ mulailah saya mencari tahu bagaimana cara membuka situs yang diblokir oleh pemerintah, satu per satu situs saya buka, namun problem lain muncul, sebab tutorial yang kurang terang (menurut saya) jadi bukan dapat solusi malah saya tambah bingung.

Akhirnya setelah pencarian panjang saya menemukan cara membuka situs yang diblokir yang bukan hanya terbukti ampuh namun juga mudah untuk dilakukan alias tidak ribet dan juga tidak perlu install software apapun, sebab hanya menggunakan settingan yang ada di Windows.

Sesuai judul diatas, disini saya akan membagikan 9 Cara Membuka Situs yang diblokir, dan kesembilan cara ini akan saya jelaskan secara rinci supaya lebih mudah dipahami oleh para pemula.

  1. Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Anonymox
  2. Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan ZenMate
  3. Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Proxy
  4. Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Web Proxy
  5. Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Google Translate
  6. Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Google Cached
  7. Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan URL Shortening
  8. Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan DNS
  9. Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan VPN

Selanjutnya saya akan menjelaskan satu per satu dari ke sembilan cara membuka situs yang diblokir tersebut.

* nb : gunakan trik ini sebagai pengetahuan saja, bijaklah dan jangan hingga di salah gunakan

Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Anonymox


Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Anonymox

Salah satu cara paling mudah untuk membuka situs yang diblokir yaitu dengan menginstall Anonymox. Untuk Anda yang belum tahu apa itu Anonymox, penjelasan sederhananya, Anonymox yaitu sebuah ekstension untuk Firefox yang akan merubah IP Address kita secara otomatis.

Cara install Anonymox yaitu sebagai berikut :

  1. Kunjungi https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/anonymox/
  2. Klik Install to Firefox
  3. Restart Firefox

Hanya begitu saja, selanjutnya silahkan Anda coba browsing ke situs yang diblokir oleh operator.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan ZenMate


Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan ZenMate

Jika Anonymox merupakan Exstension untuk Firefox maka ZenMate yaitu pengaya atau add-on unutk Google Chrome, jadi cara kerja dari kedua plugin ini tidaklah jauh berbeda, intinya sama-sama menyembunyikan IP Address pada komputer kita, dan menggantinya dnegan IP Address pada negara lain menyerupai USA, Singapura atau Jepang.

Cara install ZenMate juga terbilang cukup mudah :

  1. Buka https://chrome.google.com/webstore/detail/zenmate/fdcgdnkidjaadafnichfpabhfomcebme?hl=en
  2. Klik Add to Chrome
  3. Tidak Perlu Restart Chrome

Untuk Chrome kita tidak perlu melakuakn restart, jadi mampu eksklusif kita gunakan untuk mengakses situs-situs yang diblokir.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Proxy


Sebelum menggunakan cara ini, terlebih dahulu Anda sudah harus memiliki minimal 1 Proxy yang masih aktif, jikalau Anda belum punya silahkan cari Free Proxy di internet, atau jikalau tidak ingin repot Anda mampu eksklusif menuju ke situs penyedia Proxy Gratis disini http://proxylist.hidemyass.com/.

Pilih salah satu mana yang mmeiliki Speed paling tinggi, lalu catat proxy tersebut, dan selanjutnya silahkan Anda ikuti cara mengganti proxy dibawah ini :

  1. Masuk ke Contol Panel

    Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Proxy

    Jika sudah silahkan Anda pilih Network and Internet.

  2. Klik Internet Option

    Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Proxy 2

    Ada tiga menu disana, silahkan Anda klik pada menu Internet Option.

  3. Pilih tab Connections

    Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Proxy 3

    Silahkan Anda klik tab Connection lalu masukkan Proxy pada menu Proxy Server.

Selesai sudah. Sekedar info bahwa cara ini bahwasanya juga mampu untuk menambah kecepatan internet Anda (tergantung dari proxy yang digunakan), jadi tidak hanya bermanfaat untuk membuka situs yang diblokir saja.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Web Proxy


Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Web Proxy

Web Proxy merupakan sebuah web yang akan membantu kita untuk mengganti IP Address secara otomatis, jadi bahwasanya sama seja dengan cara yang saya jelaskan diatas, namun bedanya, jikalau menggunakan Web Proxy maka kita tidak perlu repot mengganti proxy secara manual, sebab semua sudha diatur oleh Web tersebut, jadi kita tinggal menggunakan.

Cara Mengggunakan Web Proxy :

  1. Kunjungi https://www.hidemyass.com/proxy
  2. Masukkan situs yang diblokir di kolom yang sudah disediakan
  3. Klik hide my ass

Kekurangan dari cara ini yaitu kita tidak mampu mengakses situs yang menggunakan secure connection (https) jadi situs yang berawalan https tidak mampu kita kunjungi, selain itu javascript juga akan dinonaktifkan sehingga tampilan web akan berbeda.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Google Translate


Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Google Translate

Anda pasti tahu apa itu Google Translate bukan ? namun tahukah Anda bahwa selain untuk menterjmahkan kalimat, Google Translate juga mampu kita gunakan untuk membuka situs yang diblokir.

Caranya juga tidak jauh berbeda dengan Web Proxy :

  1. Buka https://translate.google.com/
  2. Masukkan url situs yang diblokir kedalam kolom
  3. Klik translate

Cara ini juga bukannya tanpa kekurangan, sebab website yang akan kita buka mampu dipastikan tampilan yang muncul akan sedikit berbeda dari semula, namun masih nyaman untuk dilihat.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Google Cached


Apa itu Google Cached ? cache mampu Anda artikan sebagai sebuah histori, jadi kita mampu mengunjungi sebuah situs yang sudah diahapus melalui cache, sebab menyerupai yang saya katakan diatas, cache akan menyimpan segala gosip dari sebuah situs.

Selain itu cache juga mampu kita manfaatkan untuk membuka situs yang diblokir, caranya yaitu sebagai berikut :

  1. Buka https;//www.google.com

    Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Google Cached

    Pertama silahkan Anda kunjungi google, boleh google.com maupun google.co.id (sama saja). Lalu masukkan url / alamat situs yang diblokir di kotak pencarian.

  2. Klik tanda panah

    Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Google Cached 2

    Anda akan menjumpai icon / simbol berbentuk tanda panah yang mengarah kebawah disamping url, klik pada tanda tersebut lalu pilih Cached.

Membuka situs yang diblokir menggunakan cara ini juga mmeiliki kekurangan dari segi tampilan, yaitu akan terlihat sedikit tidak beraturan. Tapi jikalau fokus Anda ada pada isi artikel saya rasa tidak akan menjadi problem besar.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan URL Shortening


Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan URL Shortening

URL Shortening menyerupai Adfly atau Linkbuck ternyata mempunyai aneka macam fungsi, sebab selain untuk menghasilkan uang juga mampu kita manfaatkan untuk membuka situs-situs yang diblokir. Hal tersebut mampu terjadi dikarenakan, URL Shortnening menyerupai Adfly / Linkbuck menggunakan sistem redirect, jadi dikala kita mengakses situs yang diblokir akan terlihat seakan-akan kita mengakses situs URL Shortening.

Disini saya akan mencontohkan cara membuka situs yang diblokir dengan memanfaatkan situs url shortening Tinyurl.

  1. Kunjungi http://tinyurl.com/
  2. Masukkan alamat situs yang diblokir di kolom pemendekkan
  3. Klik tombol Make Tiny URL

Jika sudah jadi, silahkan Anda buka URL yang sudah dipendekkan tadi. Dengan begitu situs yang awalnya diblokir akan mampu dengan bebas Anda akses.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan DNS


DNS yaitu kependekan dari Domain Name System, pengertian singkat dari DNS yaitu sebuah sistem yang menyimpan nama host. Intinya dnegan mengubah DNS Standar (0.0.0.0) menjadi DNS google (8.8.8.8) kita akan mampu leluasa mengakses situs-situs yang sebelumnya diblokir oleh operator.

Kaprikornus disini kita perlu mengganti DNS Standar menjadi DNS Google, dengan cara berikut ini.

  1. Buka Control Panel lalu masuk ke Network Sharing Center

    Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan DNS

    Urutannya yaitu Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Lalu klik pada koneksi internet yang sedang Anda gunakan.

  2. Pilih ICPv4

    Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan DNS 2

    Klik Properties lalu pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) klik lagi Properties selanjutnya Isi preferred DNS dengan DNS Google 8.8.8.8 dan alternate DNS dengan 8.8.4.4, lalu klik OK.

Selesai sudah DNS yang Anda gunakan sudha berganti dengan DNS Google, itu artinya Anda sudah mampu mengakses situs-situs yang diblokir, selain itu cara ini juga mampu memaksimalkan kecepatan internet yang kita gunakan.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan VPN


Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan VPN

Cara membuka situs yang diblokir terakhir dan juga termasuk dalam salah satu cara terampuh yaitu dengan menggunakan VPN. Untuk para pemula (seperti saya) mungkin akan merasa susah membedakan antara VPN dan Proxy, sebab keduanya sama-sama menggunakan satuan byte yang sama yaitu 000.000.000.000 - 255.255.255.255, jadi sekilas hampir sama.

Namun bahwasanya keduanya hampri sama (memiliki fungsi yang sama), sebab sejatinya VPN atau Virtual Private Network yaitu sebuah koneksi private melalui jaringan internet atau biasa kita sebut sebagai tunnel. Bedanya dnegan proxy yaitu VPN akan mengenskripsi data, jadi mampu dipastikan kita akan lebih aman dalam berselancara / browsing di internet.

Cara Menggunakan VPN sudah saya jelaskan secara detail dan mendalam melalui artikel / postingan yang saya buat sebelumnya, jikalau tertarik Adna mampu membacanya disini 

Kesembilan Cara Membuka Situs Yang Diblokir diatas sudah saya coba sendiri dan semuanya sukses, namun jujur saya paling suka menggunakan cara yang terakhir yaitu menggunakan VPN sebab bukan hanya mampu kita gunakan untuk membuka situs yang diblokir, tetapi juga sangat ampuh untuk mempercepat koneksi internet kita.

Posting Komentar untuk "9 Cara Ampuh Membuka Situs Yang Diblokir"