Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Nonton YouTube Offline Tanpa Buffering & Kuota Internet

Cara Nonton YouTube Offline
Ada kabar besar hati untuk pengguna YouTube for Android di Indonesia, alasannya beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 11 Desember, secara resmi Google merilis fitur terbaru untuk aplikasi YouTube for Android. Fitur tersebut dinamakan YouTube Offline, sesuai namanya fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menonton video YouTube secara Offline tanpa buffering dan tanpa kuota internet, alasannya video akan tersimpan dalam cache aplikasi YouTube for Android.

Kabar besar hati ini sebetulnya bukan hanya untuk masyarakat Indonesia saja, melainkan juga untuk 2 negara lain yaitu India dan Filipina. Makara untuk masyarakat di ketiga negara tersebut tidak perlu khawatir soal kecepatan internet yang lemot, alasannya sekarang sudah mampu menonton YouTube secara offline.

Untuk menggunakan fitur ini, syarat utama yang harus Anda miliki ialah :

  • Smartphone Android
  • Aplikasi YouTube for Android
  • Kuota Internet

Sebagian dari Anda mungkin akan protes 'tadi katanya mampu nonton youtube tanpa kuota internet ? kok syaratnya harus ada kuota internet ?' tenang, kuota internet ini hanya kita gunakan untuk mengakses pertama kali video yang akan kita tonton secara offline, selanjutnya kita mampu menonton video youtube tersebut tanpa buffering / tanpa koneksi internet sekalipun.

Cara Nonton Video YouTube Offline


Jika ketiga persyaratan diatas sudah Anda penuhi, maka itu artinya kita sudah siap untuk mulai memasuki proses nonton YouTube di Android secara Offline, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Download Aplikasi YouTube for Android di Play Store

    Cara Nonton YouTube Offline 1

    Jika malas mencari, Anda mampu pribadi unduh aplikasi YouTube for Android melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.youtube.

  2. Install Lalu Jalankan Aplikasinya

    Cara Nonton YouTube Offline 2

    Proses installasi tidak membutuhkan waktu yang lama, tergantung dari spesifikasi smartphone. Khusus untuk Anda yang sudah memiliki aplikasinya, silahkan update ke versi terbaru.

  3. Buka Salah Satu Video YouTube

    Cara Nonton YouTube Offline 3

    Silahkan buka video YouTube yang ingin Anda tonton secara offline, jikalau sudah silahkan klik tombol 'download' yang berada dibagian samping icon jempol.

  4. Pilih Format Video

    Cara Nonton YouTube Offline 4

    Ada 2 pilihan format video yang mampu Anda unduh dan tonton secara offline, yaitu Normal (360p) dan HD (720p), pilih salah satu dari kedua format video Youtube tersebut.

  5. Tunggu Hingga Proses Unduh Selesai

    Cara Nonton YouTube Offline 5

    Lamanya proses unduh ini sangat bergantung pada koneksi internet yang Anda miliki, jadi semakin cepat koneksi internetnya, maka seamkin cepat pula proses unduh akan selesai.

  6. Masuk ke Menu What to Watch

    Cara Nonton YouTube Offline 6

    Untuk menonton video YouTube secara offline, caranya ialah dengan masuk ke menu 'Wath to Watch' lalu silahkan pilih sub-menu 'Offline'. Di sub menu tersebut akan tersimpan video yang sudah kita download, dan mampu ditonton secara offline.

Tidak terlalu susah bukan, cara menonton video YouTube secara offline ? Namun, perlu dicatat bahwa fitur YouTube Offline ini hanya mampu kita gunakan 2x24 jam atau video tersebut hanya akan bertahan selama 2 hari. Setelah 2 hari, maka daftar video yang mampu Anda tonton secara offline di menu What to Watch akan hilang.

[ FAQ ] Nonton YouTube Offline


T : Apa manfaat dari nonton YouTube secara Offline ?
J : Kita mampu menonton YouTube tanpa koneksi internet dan tanpa buffering. Selain itu iklan dari advertiser juga tetap akan muncul, jadi menyerupai pelajaran IPA ini ialah simbiosis mutualisme, dimana si pengupload senang alasannya iklan tetap muncul di videonya, dan kita juga senang alasannya mampu menikmati video secara offline.

T : Jika hanya bertahan 48 jam, bukankah lebih baik jikalau kita unduh video YouTube pribadi ?
J : Saya akui memang lebih efektif dengan cara unduh video youtube, jadi kita mampu nonton video sepuasnya tanpa batasan waktu. Namun tahukah Anda jikalau unduh video milik orang lain di youtube itu tidak diijinkan ? tidak percaya ? silahkan baca pernyataan dari Google disini https://support.google.com/youtube/answer/56100?hl=en.

T : Apakah kita juga mampu nonton YouTube Offline di Laptop Windows ?
J : Bisa, namun Anda membutuhkan software komplemen yaitu emulator Android. Ada banyak emulator Android yang mampu Anda unduh secara gratis, salah satu emulator android yang paling banyak digunakan ketika ini ialah Bluestack.

T : Untuk pengguna iPhone / iOs apakah juga mampu nonton video YouTube offline ?
J : Bisa juga hanya beda pada aplikasi yang digunakan. Untuk pengguna iOS mampu unduh aplikasi YouTube for iOS melalui iTunes, atau mampu juga pribadi Anda unduh disini https://itunes.apple.com/us/app/youtube/id544007664?mt=8.

T : Kenapa di aplikasi YouTube saya tidak ada menu 'What to Watch' ?
J : Sebelumnya, kita perlu sign in terlebih dahulu ke akun YouTube, jadi pastikan Anda sudah buat akun Youtube terlebih dahulu, namun jikalau belum silahkan pelajari terlebih dahulu cara membuat akun YouTube.

Cara Nonton Video YouTube OfflinePertanyaan lain seputar cara nonton video youtube offline silahkan Anda usikan melalui kolom komentar, jikalau mampu pasti akan saya jawab. Itu saja dari saya, supaya artikel ihwal cara menonton video youtube secara offline ini mampu menawarkan manfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Nonton YouTube Offline Tanpa Buffering & Kuota Internet"