Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Rahasia Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Baik

Teknik Rahasia Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Baik

Sebagai seorang penulis di blog (blogger) sudah selayaknya kita menguasai cara membuat artikel yang baik dan benar, alasannya yaitu apa yang kita tulis tersebut akan mencerminkan kualitas dari kemampuan kita dalam mengolah kata, yang pada risikonya akan berdampak pada kenyamanan pengunjung dalam membaca artikel yang Anda tulis.

Sederhananya, jikalau pengunjung menikmati dan merasa nyaman ketika membaca sebuah artikel, maka bisa dipastikan mereka akan melanjutkan dan mencari artikel lain untuk dibaca. Hal ini terang akan memperlihatkan banyak keuntungan untuk blog kita, diantaranya dalah :

  • Menurunkan Bounce Rate
  • Meningkatkan Page View

Intinya akan banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari menulis artikel yang baik. Namun, bagi sebagian orang mungkin akan berpikir bahwa untuk membuat artikel yang baik dan benar (berkualitas) yaitu hal yang susah. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, alasannya yaitu disini saya akan membagikan teknik diam-diam atau lebih tepatnya sebuah tips wacana bagaimana cara membuat artikel yang disukai oleh Pengunjung maupun Google Spider.

Cara Membuat Artikel Yang Baik


Tidak banyak tips yang akan saya berikan, alasannya yaitu hanya terdiri dari 7 tips membuat artikel / goresan pena yang baik. Saya yakin Anda sudah tidak tabah ingin segera membaca apa saja tips untuk membuat artikel berkualitas, bukan ? mungkin eksklusif saja silahkan Anda baca tutorial membuat artikel yang baik dan benar berikut ini.

1. Buat Judul Yang Menarik


Hal terpenting untuk membuat artikel berkualitas yang perlu Anda perhatikan yaitu pemilihan Judul. Judul yang baik dan benar yaitu judul yang bisa menghipnotis emosional dari pembaca,  sebagai pola jikalau Anda membuat artikel yang mempunyai target anak kecil, maka Anda perlu membuat judul yang berafiliasi dengan kegembiraan / keceriaan, alasannya yaitu kedua hal tersebut dekat kaitannya dengan dunia anak-anak.

Faktor lain yang harus diperhatikan untuk membuat judul artikel yang baik biar menarik yaitu memilih kata yang bisa membuat orang penasaran. Sebagai pola bisa Anda lihat pada judul artikel diatas, dimana saya menggunakan kata 'Teknik Rahasia' yang terang akan membuat orang penasaran apa isi dari artikel tersebut.

2. Jelaskan Isi Artikel di Paragraf Pertama


Faktor lain yang tak kalah penting dari pemilihan judul yaitu penulisan artikel pada paragraf pertama, pasalnya paragraf pertama haruslah bisa membuat pengunjung tertarik untuk melanjutkan membaca ke paragraf berikutnya. Salah satu caranya yaitu dengan menjelaskan apa yang akan di dapat oleh pengunjung dari membaca artikel tersebut.

Selain memiliki kegunaan untuk menjelaskan isi artikel kepada pengunjung, penempatan isi di paragraf pertama juga akan membantu artikel tersebut untuk meraih ranking yang lebih baik di Google, alasannya yaitu 150 aksara pertama akan dijadikan sebagai Meta Description yang akan membantu Mesin Pencari menyerupai Google / Bing dalam menentukan apa topik dari artikel tersebut.

3. Tambahkan Gambar Untuk Memperjelas Isi Artikel


Selain menjelaskan isi pada paragraf pertama, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjelaskan kepada pengunjung wacana artikel yang Anda tulis yaitu menambahkan gambar yang berkaitan dengan isi artikel. Dalam pemilihan gambar, usahakan untuk tidak memilih gambar yang bersifat imajiner, menyerupai contohnya menggabungkan foto insan (asli) dengan efek-efek yang dibuat oleh software.

Mudahnya jikalau artikel Anda tersebut berafiliasi dengan IT maka gunakan foto asli yang berafiliasi dengan IT semisal orang bermain laptop atau semacamnya, dan jikalau Anda kesulitan untuk menemukan gambar / foto yang cocok, maka alternatif lain cobalah untuk menggunakan gambar yang bertuliskan teks.

4. Libatkan Pembaca Pada Artikel Anda


Melibatkan pembaca pada artikel yang Anda tulis yaitu cara terbaik untuk mempertahankan pembaca biar tertarik untuk membaca dari awal hingga simpulan artikel. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menambahkan kata menyerupai Anda / Kamu, atau bisa juga dengan mengajak bicara pengunjung, sebagai pola :

Sebagai seorang penulis, tentu kita ingin bisa menulis artikel dengan baik dan benar, bukan ?
Tahukah Anda, bahwa menulis artikel yang baik dan benar itu ada tekniknya ?

Dengan menambahkan kata-kata atau kalimat menyerupai itu, maka akan membuat pengunjung tidak merasa dicuekkan, karea mereka berfikir telah dilibatkan di dalam artikel tersebut.

5. Pilihlah Istilah Yang Sederhana


Artikel yang baik yaitu artikel yang bisa dicerna oleh semua kalangan. Salah satu caranya yaitu dengan memilih istilah yang sederhana dan mudah dicerna. Karena menyerupai yang kita semua ketahui bahwa, tingkat pendidikan dari setiap pembaca tentu tidaklah sama, jadi usahakan untuk menghindari penggunaan istilah-istilah gres yang kurang umum, alasannya yaitu itu hanya akan mempersulit pembaca.

Penggunaan istilah kata yang sederhana juga akan membantu para pembaca untuk lebih mudah memahami isi dari artikel yang Anda tulis, alasannya yaitu setiap kata yang mereka baca sudah tersimpan baik di dalam otak, jadi setiap kata bisa dengan cepat dicerna tanpa harus berpikir terlalu lama.

6. Hindari Menulis Pendapat Pribadi


Menulis artikel dari hasil karya sendiri yaitu cara terbaik untuk membuat artikel yang berkualitas, alasannya yaitu sifatnya yang original. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua apa yang Anda pikirkan boleh dituangkan ke dalam tulisan. Dimana ada batasan-batasan tertentu, sebagai pola Anda membenci Anjing alasannya yaitu dulu pernah digigit, tapi tidak seharusnya Anda membuat goresan pena yang isinya menjelek-jelek.an anjing.

7. Gunakan Format Penulisan Yang Baik dan Benar


Format penulisan artikel yang baik dan benar akan mempermudah pengunjung dalam membaca artikel yang Anda buat. Salah satu cara untuk membuat penulisan artikel yang baik yaitu dengan menggunakan Paragraf Justify (rata kiri - rata kanan), selain itu ada juga faktor lain yang harus Anda perhatikan, menyerupai :

  • Penggunaan italic pada kata asing
  • Penggunaan bold pada kata / kalimat yang dirasa penting
  • Penggunaan tanda seru dan tanda tanya untuk memperkuat makna dari sebuah kalimat
  • Penggunaan tanda koma dan tanda titik untuk memberitahu kapan harus berhenti membaca
  • Pemilihan kata yang sebaiknya diadaptasi dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) & tidak disingkat

Intinya sebisa mungkin buatlah pengunjung nyaman dalam membaca artikel yang Anda tulis. Baik dari segi pemilihan jenis font, warna font dan juga warna background yang Anda gunakan juga harus disesuikan biar bisa membuat artikel tersebut enak dibaca.

Sebagai seorang penulis kita harus mempunyai sifat objektif, berpikir terbuka dan mau mendapatkan saran dan keritikan dari siapapun dan yang terpenting yaitu sudi mengakui bahwa goresan pena kita belum tepat dan mau berguru untuk memperbaikinya.

Menurut Anda, sudahkah saya menulis artikel yang baik dan benar pada postingan ini ?

Posting Komentar untuk "Teknik Rahasia Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Baik"