Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap Perbedaan Antara Website dan Blog

Perbedaan Website dan Blog
Perbedaan Website dan Blog

Dalam dunia Blogging tentu kita tidak akan abnormal dengan kedua istilah diatas bukan ? istilah Website dan Blog pasti sering sekali kita dengar, namun apa sesungguhnya perbedaan antara Website dan Blog itu ? di artikel inilah Anda akan menemukan jawabannya.

Untuk mempermudah penjelasan mengenai perbedaan website dan blog ini saya akan mengembangkan sebuah Tabel, biar Anda lebih mudah dalam memahaminya.

PembedaWebsiteBlog
KontenWebsite hanya memiliki 1 tema yang sangat spesifik dan hanya akan selalu fokus pada tema tersebut, misalnya kalau itu website Mobil dengan Merk X, makaartikel yang dibuat sudah  XBlog lebih fleksibel, artinya konten yang ada di dalam Blog mampu campur aduk, meskipun sama-sama membahas mobil, tetapi Blog akan membahasnya lebih luas, misal mampu saja bahas kendaraan beroda empat Merk A, B atau C.
BahasaWebsite cenderung menggunakan gaya bahasa yang formal dengan kata-kata baku sesuai EYD yang berlaku. Intinya website memiliki gaya bahasa yang sedikit kaku, dan hampir mustahil Anda menemukan humor di dalam artikelnya.Menggunakan gaya bahasa yang lebih kalem (informal) dan biasa memanggil pembacanya dengan sebutan Sobat, tak jarang pula sang admin menyelipkan beberapa humor kecil yang dijamin akan menggelitik perut Anda.
RangkainWebsite sama sekali tidak memiliki urutan artikel yang jelas, sebab sifatnya yang statis, website lebih sering mempertahankan apa yang telah dibuat di awal dan sangat jarang ada perubahan.Sebuah blog memiliki daftar kronologis postingan yang jelas. Semua goresan pena yang telah Anda buat sebelumnya akan disusun dari yang terbaru hingga terlama secara otomatis.
InteraksiWebsite menyampaikan interaksi pengguna yang kurang begitu baik, sebab umumnya website mengadopsi sistem web 1.0, jadi hanya terjadi pertukaran informasi satu arah, ialah dari website ke Anda, dan tidak mampu sebalinknya.Blog lebih interaktif, sebab pada umumnya Blog akan menyampaikan kotakkomentar yang digunakan oleh pengunjung untuk menyampaikan feed back, jadi akan terjadi komunikasi dua arah, atau biasa disebut dengan web 2.0.
KemudahanUntuk para pemula sangat disarankan untuk tidak menggunakan Website, sebab sifatnya yang beridiri sendiri, jadi untuk mampu menggunakannya Anda perlu menguasai web programming dan juga database.Blog lebih userfriendly atau sangat mudah unutk digunakan, sebab dalam Blog kita hanya perlu menulis dan menulis tidak perlu pusing memikirkan database atau segala macam yang berafiliasi dengan web programing.
TujuanWebsite memiliki tujuan yang jauh berbeda dengan Blog, dimana Website identik dengan pemasaran atau sesuatu yang berkaitan dengan Bisnis.Blog lebih sering digunakan untuk menulis apa yang ada di pikiran sipemilik blog, atau dengan kata lain blog sering berisi catatan harian.
BiayaWebsite membutuhkan biaya yang tidak murah, sebab untuk mengelola Website dengan jumlah pengunjung ribuan maka setidaknya diperlukan uang sebesar 1 juta lebih dalam 1 tahun, untuk membeli domain dan hosting.Blog sangat ramah di kantong, sebab kita untuk urusan hosting dan domainsudah ditanggung oleh Platform penyedia Blog yang kita pilih, jadi istilahnya kita tinggal makai saja.
DesainPilihan desain template untuk Website sangta bervariasi, sebab website tidak memiliki batasan dalam pembuatan template, jadi kita mampu mengatur / mendesain template sesuai dengan keinginan.Blog lebih terbatas, sebab kita menggunakan CMS yang disediakan oleh Platform Blogging yang kita pilih, maka dalam pembuatannya juga tidak bisabebas.

Sebenarnya masih banyak lagi perbedaan antara Website dan Blog, namun saya rasa 8 perbedaan diatas yang paling mendasar dari banyak sekali perbedaan yang ada, atau mungkin Anda ingin menambahkan ? silahkan tulis di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Perbedaan Antara Website dan Blog"