Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Template Blog dengan Mudah dalam 3 Menit

Cara Mengganti Template Blog

Template ialah bab terpenting dari sebuah blog (selain konten tentunya). Ibarat baju yang mencerminkan abjad seseorang, begitu juga dnegan template yang secara tidak eksklusif akan mencerinkan apa yang ada di blog tersebut. Makara dalam memilih sebuah template tidak boleh sembarangan, harus diubahsuaikan dengan isi atau tema blog tersebut.

Dalam pengapliasian-nya, mengganti template blog sesuai yang kita inginkan juga bukan pekerjaan yang mudah, alasannya minimal kita harus menguasai CSS / HTML / JS dasar, yang menjadi penyusun dan memperlihatkan warna dalam setiap template.

Namun, jangan khawatir, alasannya sesuai judul yang saya tulis diatas 'cara mengganti template blog dengan mudah dalam 3 menit' saya akan memperlihatkan trik bagaimana cara mengganti template dengan cepat dan mudah dan dijamin tidak hingga 3 menit sudah selesai. Penasaran dengan trik yang saya maksud ?

Triknya adalah... dengan trik unduh & upload Template

Ya, salah satu cara paling mudah untuk mengganti template Blog ialah dengan mendownload sebuah template lalu menguploadnya ke Blog kita. Makara pertama kita harus unduh template terlebih dahulu. Di luar sana banyak penyedia template Blog Gratis, menyerupai :

Sora Template
Templateify
BTemplate
Mas Sugeng

Jika mau Anda juga mampu membuat template sendiri, silahkan pelajari cara edit template blog di artikel ini .

Dari sini saya anggap Anda sudah memiliki setidaknya 1 buah template, dengan format XML, dan kalau file template yang Anda unduh mempunyai ekstensi .RAR silahkan Anda ekstrak terlebih dahulu, lalu cari file XMLnya, kalau sudah selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah cara mengganti template blog berikut ini :

  1. Silahkan Kunjungi https://www.blogger.com/home

    Cara Mengganti Template Blog 1
    Cara Mengganti Template Blog (Gbr. 1)

    Tentukan mana blog yang ingin Anda ganti templatenya, selanjutnya silahkan klik nama dari Blog tersebut, maka kita akan masuk pada menu Dashboard.

  2. Klik Template

    Cara Mengganti Template Blog 2
    Cara Mengganti Template Blog (Gbr. 2)

    Di dashboard kita akan menjumpai berbagai menu, silahkan Anda cari dan klik menu Template.

  3. Upload Template

    Cara Mengganti Template Blog 3
    Cara Mengganti Template Blog (Gbr. 3)

    Cara upload template di Blogger sangat mudah, setelah hingga di menu template selanjutnya klik Cadangkan / Pulihkan, lalu pilih file XML Template.

Selesai, tinggal Anda lihat risikonya dengan cara klik Lihat Blog, kalau berhasil, maka tampilan dari Blog Anda akan berubah sesuai dengan file XML Template yang Anda upload.

* note : sebelum melaksanakan mengganti template lama dengan yang baru, sangat disarankan untuk melaksanakan backup terlebih dahulu

Dan kalau template yang Anda upload ialah template yang responsive maka masih ada 1 langkah lagi yang harus Anda lakukan, yaitu mematikan tampilan Mobile View dengan cara klik tombol gear pada Template Seluler lalu pilih 'Tidak. Tampilkan template seluler di perangkat seluler.'

Cara Mengganti Template Blog 4

Cukup mudah bukan untuk mengganti template di Blogger ? itu saja dari saya, agar Tutorial Mengganti Template Blog ini mampu memperlihatkan manfaat untuk teman-teman Blogger pemula yang masih kesulitan dalam mengganti template blog-nya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Template Blog dengan Mudah dalam 3 Menit"