Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Uang di Youtube dengan Mengupload Video

Cara Mendapatkan Uang di YoutubeKita semua tahu bahwa Youtube ialah situs web yang menyediakan layanan untuk mengupload video. Namun, tahukah Anda bahwa bersama-sama kita juga mampu menerima uang dari Youtube ? mungkin Anda pernah dengar tapi tidak tahu caranya ? hening saja, Anda akan menerima jawabannya, sebab di artikel ini saya akan menjelaskan secara mendalam mengenai cara menerima uang di Youtube hanya dengan mengupload video.

Sebelumnya, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa dan bagaimana cara kerja dari sistem mencari uang di Youtube. Sebenarnya yang memberi kita uang tersebut bukanlah Youtube melainkan para pengiklan / penerbit iklan, sebab peran Youtube disini hanyalah sebagai media saja, dan Google AdSense merupakan perantara, jadi cara kerjanya ialah sebagai berikut :

Advertiser (Pengiklan) memberi uang ke Google membagi hasil ke Publisher (Penerbit Iklan)

Makara ibarat yang saya katakan diatas, peran Youtube disini hanyalah sebagai media saja, Google AdSense sebagai perantara yang akan mengirim uang ke kita selaku publisher (penerbit iklan).

Cara Mendapatkan Uang di YouTube


Saya harap dari sini Anda sudah mempunyai gambaran mengenai cara kerja dari sistem periklanan di Youtube, dan sekarang kita kembali ke pembahasan utama perihal bagaimana cara menerima uang di youtube.

  1. Buat akun di YouTube

    Cara Mendapatkan Uang di YouTube gambar 1

    Pertama tentu saja Anda harus membuat akun di Youtube terlebih dahulu, jikalau belum silahkan Anda baca cara membuat akun youtube disini , dan usahakan untuk membuat akun youtube dengan nama asli, alasannya akan saya jelaskan nanti dibawah.

  2. Upload video di YouTube

    Cara Mendapatkan Uang di YouTube gambar 2

    Langkah wajib kedua supaya mampu menerima uang dari Youtube, yang pasti Anda harus upload video, minimal 1 buah, jikalau belum tahu cara menguploadnya, Anda mampu membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul Cara Upload Video ke Youtube, sebab dari video itulah Google AdSense akan menawarkan bayaran ke Anda yang didasarkan atas klik iklan yang didapat, lebih jelasnya akan saya jelaskan juga dibwah.

  3. Masuk ke Youtube Setting

    Cara Mendapatkan Uang di YouTube gambar 3

    Setelah Anda selesai mengupload video, maka sekarang saatnya kita memonetize atau menguangkan video yang Anda upload tadi, caranya ialah dengan mengaktifkan fitur Monetize (AdSense for YouTube). Untuk mengaktifkannya, silahkan Anda masuk terlebih dahulu ke menu Setting. Lihat gambar supaya lebih jelas.

  4. Klik View Additional Features

    Cara Mendapatkan Uang di YouTube gambar 4

    Di menu YouTube Setting, silahkan Anda cari dan klik link yang bertuliskan 'View Additional Features' atau jikalau Anda menggunakan YouTube bahasa Indonesia maka link tersebut bertuliskan 'Lihat Fitur Tambahan'. Klik saja, nanti Anda akan dibawah ke menu Monetize.

  5. Aktifkan Fitur Monetization

    Cara Mendapatkan Uang di YouTube gambar 5

    Silahkan Anda aktifkan fitur Monetization dengan cara meng-klik tombol 'Enable' dan jikalau disetujui maka video yang Anda upload tadi akan menampilkan iklan (di menit-menit tertentu) dan jikalau ada orang yang klik iklan tersebut Anda akan menerima uang dalam bentuk dollar ($0.05 - $10 per klik).

Dari sini kita sudah menyelesaikan tahap awal dalam mencari uang dari Youtube, jadi mampu dibilang ini gres setengah jalan, sebab tantangan yang bersama-sama ialah mengumpulkan uang dari video yang kita upload. Sekedar isu saja, bahwa tidak semua Video yang Anda upload mampu di monetisasi, sebab sesuai aturan yang ada di Youtube, hanya video original dan yang tidak melanggar hukumlah yang mampu monetisasi, selain itu Google selaku pemilik Youtube akan dengan sigap menawarkan tanda pentung yang akan membuat video tersebut tidak mampu menampilkan iklan.

Tips Mendapatkan Banyak Viewer di YouTube


Kunci supaya mampu menerima viewer banyak di Youtube ialah membuat video yang sedang tren / banyak dicari orang, jadi disini kita dituntut untuk jeli dalam melihat apa yang sedang tren baik dari dunia Selebriti / Olahraga atau bidang apapun, dan peran kita selanjutnya ialah membuatkan video yang gres kita upload ke media umum ibarat Facebook, Twitter dan Google+.

Untuk mencari tahu apa yang sedang tren, disini kita akan memanfaatkan tool sakti dari Google yang berjulukan Goole Trend, dengan tool online tersebut kita mampu melihat tren apa saja yang sedang dan telah terjadi.

Cara Menggunakan Google Trends :

  1. Kunjungi situs resmi Google Trends disini http://www.google.com/trends/
  2. Ubah pencarian dari Global ke Indonesia
  3. Klik pada menu Penelusuran Ngetren

Lebih terang mengenai bagaimana cara menggunakan Google Trends ini mampu Anda baca pada artikel saya sebelumnya, yang menjelaskan perihal bagaimana Cara Mencari Niche Keyword Populer di Google Trends.

Kesimpulan


Cara Mendapatkan Uang di Youtube itu bersama-sama sangat sederhana, sebab yang harus kita lakukan hanyalah Upload video original sebanyak-banyaknya, sebab semakin banyak video yang kita upload maka peluang untuk menerima ribuan viewer akan terbuka lebar, dengan begitu penghasilan uang yang mungkin didapat semakin besar.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Uang di Youtube dengan Mengupload Video"