Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerja Part Time dengan Menjadi Freelancer di Internet

Kerja Part Time dengan Menjadi Freelancer di Internet

Kerja menjadi freelancer online sekilas memang terlihat kalem dan tak menguras banyak waktu, hal tersebut memang benar adanya, alasannya jam kerja para pekerja freelance yang sangat fleksibel, memungkinkan mereka untuk bekerja kapanpun yang beliau mau.

Namun, jangan salah, bahwa freelancer atau seorang yang bekerja secara part time (paruh waktu), tak sedikit pula ada yang mengeluh alasannya dikejar-kejar deadline, hal ini terjadi alasannya mereka seringkali tidak bisa mengontrol diri, beberapa job diambilnya sekaligus dan pada balasannya berujung pada molornya deadline.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, disini saya akan menyebarkan tips kepada Anda bagaimana cara menjadi freelancer yang baik. Sebagai berita saja, maksud dari freelancer yang baik disini ialah para pekerja freelance yang memiliki reputasi baik.

Artikel ini saya khususkan untuk Anda yang sudah lulus perkuliahan (memiliki skill) namun tak kunjung mendapat panggilan kerja, maka solusi praktisnya ialah dengan menyambi kerja sebagai seorang pekerja freelance.

Cukup basa-basinya, eksklusif saja, berikut langkah-langkah yang harus sebaiknya Anda lakukan untuk menjadi freelancer online yang baik.

1. Pilih Jenis Profesi Freelance


Ada aneka macam macam jenis profesi freelance yang ada di internet, peran Anda ialah memilih salah satunya dan pastikan bahwa pilihan tersebut sesuai dengan keahlian atau kemampuan yang Anda miliki.

Saya beri pola 3 pekerjaan freelance yang cukup populer dan memiliki banyak peminat :

  • Penulis Lepas (artikel, ebook, dll)
  • Designer (desain logo, template, dll)
  • Developer (web, game, dll)

Masih banyak pilihan profesi freelance yang lain dan Anda bebas untuk memilihnya, namun sekali lagi pastikan bahwa Anda bisa untuk menyelesaikan tiap job tersebut hingga deadline atau waktu yang sudah ditentukan.


2. Buatlah Curriculum Vitae (CV)


Anda bisa mulai membuat CV di situs LinkedIn, isi semua data diri Anda, mulai dari riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dam bila ada tamabhkan pula proyek (besar / kecil) yang pernah Anda kerjakan.

Panduan mendaftar dan membuat akun di LinkedIn sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya, jikalau dirasa penting Anda bisa membaca artikel tersebut dengan mengklik tautan berikut ini Cara Membuat Akun LinkedIn.

cv freelance

Itu semua akan membantu Anda untuk menaikkan reputasi di mata para pencari jasa freelance. Karena pada dasarnya tidak ada orang yang mau memperkerjakan seorang anonim, jadi pastikan Anda menggunakan foto profil asli dan mengisi data diri secara lengkap.

Contoh pembuatan daftar riwayat hidup yang unik dan menarik juga pernah saya jelaskan pada artikel Contoh CV dengan Desain Menarik, menariknya lagi bukan hanya panduan membuat cv yang berikan, pola cv yang saya buat dalam format docx juga bisa Anda unduh secara cuma-cuma.

3. Mulailah Membangun Portofolio


Portofolio merupakan syarat wajib yang harus Anda persiapkan jikalau ingin mendapat banyak proposal kerja, alasannya hampir setiap pencari jasa freelance selalu menanyakan terlebih dahulu portofolio dari para calon freelancer yang akan ia pekerjakan.

Hal tersebut bertujuan untuk melihat layak atau tidaknya si freelancer untuk dijadikan sebagai rekan kerja.

Portofolio freelance

Semakin kreatif portofolio yang Anda buat maka semakin besar dan semakin banyak pula proposal kerja yang akan menghampiri Anda, hal ini dikarenakan para pemilik proyek menyakini bahwa Anda ialah orang yang sempurna untuk membantunya menyelesaikan proyek.


4. Kunjungi Situs Marketplace Freelance


Situs marketplace yang mempertemukan antara freelancer dan penyedia proyek yang cukup terkenal dikala ini ialah freelancer.com. Sebenarnya masih banyak situs marketplace lain yang tak juga bisa Anda kunjungi untuk mencari para pemberi kerja.

Berikut beberapa pola situs marketplace freelance terbaik yang patut untuk dikunjungi :


Dari ketiga situs marketplace diatas, elance lah yang paling saya rekomendasikan untuk para freelancer pemula, alasannya banyaknya job list yang tersedia disana.


4. Selesaikan Pekerjaan Secara On-Time


Menyelesaikan pekerjaan secara on-time akan membantu Anda untuk mendapatkan reputasi bagus. Pada beberapa situs marketplace menyerupai Odesk contohnya, reputasi digunakan sebagai indikator oleh para pencari jasa freelance dalam menemukan freelancer yang dianggapnya tepat.

Jadi, meskipun Anda memiliki keahlian yang hebat namun jikalau setiap project yang Anda kerjakan tidak pernah selesai sempurna waktu, maka bersiaplah untuk mendapatkan reputasi buruk yang pada balasannya akan membuat para pencari jasa freelance untuk berfikir dua kali sebelum memperkerjakan Anda.

Tak hanya itu, reputasi juga digunakan untuk menaikkan tarif seorang freelancer. Semakin indah reputasi freelancer maka semakin besar pula upah yang akan ia dapatkan.

Sebagai gambaran saja, rata-rata seorang pekerja freelance dengan reputasi indah memasang tarif puluhan hingga ratusan dollar perjam-nya. Atau lebih jelasnya bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.


Kisaran tarif pada gambar diatas, selain didasarkan oleh bidang pekerjaan juga ditentukan oleh banyak hal, menyerupai reputasi freelancer, lama deadline dan job desk.

5. Belajar Dari Para Ahli


Belajar dari para freelancer yang lebih dulu sukses ialah cara paling sempurna untuk membantu memudahkan Anda dalam meraih kesuksesan di bidang freelancing.

Seperti diketahui bahwa dikala ini ada banyak para pekerja freelance dari indonesia yang sangat sukses dan tak lupa membagi tipsnya sesama para freelancer. Seperti misalnya, Anggi Krisna (Founder iCreativeLabs) yang mengatakan bahwa "lima tahun ialah waktu yang cukup untuk mulai mengembangkan karir seorang freelancer ke dalam fase berikutnya, yaitu dengan mulai membangun startup baru."

Selain itu kita juga bisa mencar ilmu dari Awan Rimbawan (Founder 21Clouds) dimana ia mengatakan "satu-satunya modal yang Anda butuhkan untuk menjadi freelancer ialah waktu dan harapan untuk belajar. Setiap mahir berasal dari seorang pemula. Setiap veteran bermula dari seorang prajurit."


Itulah sedikit tips bagaimana cara menjadi freelancer di internet, dimana pada dasarnya freelancing merupakan pekerjaan dengan penghasilan yang berdasarkan perjuangan kita. Ini artinya, jikalau Anda bekerja sedikit, maka Anda akan berpenghasilan lebih sedikit. namun jikalau Anda bekerja lebih, maka penghasilan yang akan Anda dapatkan akan jauh lebih besar.

Posting Komentar untuk "Kerja Part Time dengan Menjadi Freelancer di Internet"