Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempromosikan Blog Untuk Mendapatkan Banyak Visitor

Cara Mempromosikan Blog Untuk Mendapatkan Banyak VisitorMempromosikan blog pada dasarnya dibedakan menjadi 2, yang pertama cara mempromosikan blog secara online dan yang kedua ialah secara offline, namun kali ini saya hanya akan membahas cara yang pertama saja, alasannya ialah lebih mudah dan tentunya gratis.

Sebagian Blogger, khususnya untuk blogger yang memiliki blog dengan niche umum / unik, mungkin selama ini hanya mengandalkan Media Sosial saja menyerupai Facebook dan Twitter untuk mendatangkan visitor ke blog mereka, padahal selain menggunakan Media Sosial, masih banyak daerah atau lebih tepatnya situs lain yang bisa kita manfaatkan untuk menerima ribuan visitor ke blog kita secara gratis.

Untuk itulah disini saya akan mencoba merangkum kumpulan cara mempromosikan blog untuk menerima banyak visitor / pengunjung yang ada di internet, dan akan saya filter dari cara yang terampuh hingga cara yang cukup ampuh. Dan, khusus bagi Anda yang masih belum memiliki blog dan ingin buat blog tapi resah bagaimana cara membuatnya saran saya silahkan pelajari dulu cara membuat blog.

5 Cara Mempromosikan Blog


Secara keseluruhan akan ada 5 Cara Mempromosikan Blog yang bisa Anda coba untuk mendatangkan ribuan visitor. Namun perlu dicatat bahwa cara mempromosikan blog yang akan saya bagikan ini tanpa menggunakan bot, jadi Anda perlu usaha ekstra untuk mempromosikan nya, tapi wacana saja, hasil yang akan Anda dapat nanti pasti akan sebanding dengan kerja keras yang Anda lakukan.

Langsung saja, silahkan Anda simak kelima cara ampuh mempromosikan blog untuk menerima banyak visitor secara cepat, mudah dan gratis di bawah ini.

1. Cara Mempromosikan Blog via Jejaring Sosial


Seperti yang saya katakan di atas, ketika ini jejaring sosial dianggap sebagai salah satu situs terbaik dan terfavorit bagi sebagian blogger untuk mempromosikan blog mereka, hal ini dikarenakan jumlah pengguna aktif di jejaring sosial sangatlah banyak. Dan dari sekian banyak jejaring sosial yang ada, jujur saja yang paling saya sukai ialah Facebook, selain alasannya ialah jumlah penggunannya yang banyak, Facebook juga saya anggap sebagai jejaring sosial dengan fitur terlengkap, jadi seperti Facebook benar-benar memfasilitasi untuk para blogger yang ingin berpromosi.

Cara mempromosikan blog di Facebook bahwasanya bisa dengan banyak sekali cara, menyerupai misalnya melalui Fanspage, Group atau bisa juga mempromosikan blog melalui Catatan / Note. Fitur Catatan yang ada di Facebook telah mendukung html, jadi kita bisa menyisipkan Anchor Text ke blog kita, hal ini selain ampuh untuk mendatangkan banyak visitor, di sisi lain juga rupawan untuk SEO Blog.

2. Cara Mempromosikan Blog via Ebook Gratis


Sudah menjadi belakang layar umum bahwa semua orang (khususnya orang indonesia) sangat menyukai produk yang sifatnya gratis. Nah, kesukaan akan produk yang gratis inilah bisa Anda manfaatkan untuk mendatangkan ribuan visitor ke blog Anda.

Untuk caranya tentu saja hal pertama yang harus Anda lakukan ialah membuat eBook. Setelah ebook jadi, sekarang saatnya Anda masukkan Nama dan Link Blog Anda di eBook tersebut. Langkah terakhir ialah membagikan eBook tersebut bisa melalui Jejaring Sosial atau bisa juga mempromosikan eBook tersebut di Blog Anda sendiri.

Cara menerima banyak traffic dengan mempromosikan blog via ebook ini hanya akan berhasil, jikalau :

  • Judul eBook yang Anda buat 'bombastis', jadi banyak orang yang penasaran dan ingin mendownloadnya.
  • Isi dari eBook Berkualitas, dengan tujuan biar banyak orang yang sudi membagikannya.
  • Anda membagikan eBook untuk orang yang tepat.

Jika ketiga hal di atas bisa Anda penuhi, maka tinggal menunggu saja eBook tersebut meledak di pasaran dan pastinya visitor blog juga akan terkena dampak dari ledakan ebook yang Anda buat tersebut.

3. Mempromosikan Blog via Video Tutorial


Jika cara kedua menggunakan media ebook sebagai sarana untuk mempromosikan blog, maka di cara kedua ini kita akan menggunakan media Video dengan santunan YouTube / Vimeo sebagai daerah untuk kita mengupload video tersebut.

Untuk Anda yang tertarik dan ingin mencoba cara mempromosikan blog via video, maka satu hal yang perlu Anda persiapkan ialah Video Tutorial. Sebenarnya tidak harus video tutorial, alasannya ialah intinya ialah sesuaikan ebook tersebut dengan niche atau tema dari blog yang Anda buat. Tidak harus video yang wah, cukup yang biasa saja, bahkan Anda juga bisa membuat video dari foto, setelah itu beri efek transisi biar menarik.

Langkah selanjutnya setelah selesai membuat video ialah mengupload video tersebut ke YouTube, bagi Anda yang belum paham bagaimana cara untuk mengupload video di situs YouTube, silahkan baca tutorialnya disini Cara Upload Video ke YouTube.

Dari sini saya anggap Anda sudah selesai upload video, lalu selanjutnya apa ? selanjutnya kita akan menambahkan link blog ke dalam video yang telah kita upload di YouTube dengan cara menggunakan fitur Annotation yang sudah disediakan oleh pihak YouTube, cara untuk menggunakan fitur tersebut juga terbilang mudah, cukup buka video yang akan Anda edit, lalu klik Annotation, terakhir tambahkan Anchor Text yang mengarah ke blog Anda.

4. Cara Mempromosikan Blog via Social Bookmarking


Satu lagi cara mempromosikan blog yang bukan hanya bisa mendatangkan banyak visitor namun juga bisa meningkatkan SEO pada Blog, yap cara yang saya maksud ialah menggunakan Social Bookmarking atau biasa kita singkat dengan abreviasi SosBok.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua SosBok memperlihatkan dampak yang baik, dengan kata lain jikalau kita membagikan blog kita di Sosbok yang 'maaf' tidak populer atau SosBok yang memiliki Domain Authority / Page Authority yang rendah dan minim Traffic, maka itu hanya akan memperburuk kualitas SEO dari Blog kita sendiri.

Solusinya, kita perlu memfilter sosbok yang akan kita gunakan untuk mempromosikan Blog, pastikan kita menggunakan sosbok yang memiliki PageRank tinggi, menyerupai misalnya :

  • Reddit
  • Digg
  • Delicious

Dan jikalau konten / artikel yang Anda buat dalam bahasa indonesia, maka silahkan coba untuk mempromosikan blog Anda di social bookmarking site Indonesia berikut ini :

  • Lintas
  • Infogue
  • Populerkan

Tips Mempromosikan blog via sosbok biar maksimal ialah dengan cara memilih waktu yang tepat, saran saya cobalah untuk mensubmit link blog ke sosbok di jam-jam break, yaitu pada jam 12 siang atau 5 malam.

5. Cara Mempromosikan Blog via Situs Q & A


Apa itu situs Q & A ? Situs Q & A atau Situs Question and Answer ialah sebuah situs yang berisi tanya jawab antar penggunanya, salah satu situs populer yang mengadopsi jenis ini ialah Yahoo! Answer, Google Answers (tutup), Quora dan Answers.com

Lantas bagaimana cara mempromosikan blog kita melalui situs-situs Q & A tersebut ? mudah saja, yang perlu Anda lakukan hanya membuat dua 2 akun. 1 akun untuk memperlihatkan Question (bertanya) dan 1 akun lainnya untuk Answer (menjawab).

Anda bisa menyisipkan link pada kedua akun tersebut, sebagai tumpuan Anda juga bisa menyisipkan link ketika bertanya, misalnya menyerupai ini :

Q : Ada yang tahu template blog yang digunakan di blog berguruseo.blogspot.com itu karya siapa ?

Dengan menanyakan pertanyaan menyerupai itu, otomatis orang yang membaca pertanyaan tersebut akan mengklik blog belajar seo. Alhasil kita menerima 1 pengunjung blog, bayangkan jikalau ada ribuan orang yang pertanyaan yang Anda buat, pasti traffic yang didapat juga akan banyak.

Cara yang kedua ialah menyisipkan link di jawaban, caranya masih sama dengan cara yang pertama, bedanya kita akan menyisipkan link di sumber, tumpuan :

Q : Bagaimana cara mempromosikan blog yang baik dan benar biar bisa mendatangkan ribuan traffic ?
A : 1. Promosikan blog di Facebook
2. Promosikan blog di YouTube
3. Promosikan blog di Social Bookmarking Sites

Selengkapnya silahkan baca disini *link blog anda*

Sangat mudah, namun sekaligus juga menjadi cara yang sangat ampuh untuk mempromosikan blog dan menerima backlink berkualitas dari situs Q & A yang notabenya memiliki DA / PA tinggi.

Saya rasa hingga disini dulu tutorial wacana Cara Mempromosikan Blog dan Cara Mendapatkan Banyak Visitor Blog dari saya, semoga cara ini bisa membantu teman-teman yang kesulitan menerima visitor. Intinya ada banyak jalan menuju roma, tidak harus dengan SEO atau melalui Google saja. Sekian dan terimakasih.Saya rasa hingga disini dulu tutorial wacana Cara Mempromosikan Blog dan Cara Mendapatkan Banyak Visitor Blog dari saya, semoga cara ini bisa membantu teman-teman yang kesulitan menerima visitor. Intinya ada banyak jalan menuju roma, tidak harus dengan SEO atau melalui Google saja. Sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mempromosikan Blog Untuk Mendapatkan Banyak Visitor"