Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Install dan Menggunakan Dropbox di Komputer

Cara Install dan Menggunakan Dropbox di Komputer

Cara Menggunakan Dropbox saya akui sudah banyak dibahas oleh teman-teman blogger yang lain, namun saya lihat belum ada yang menyertakan video di dalam artikelnya, jadi di artikel ini saya berencana untuk menyertakan juga sebuah video mengenai cara install dan menggunakan dropbox di komputer, dengan tujuan biar teman-teman yang masih pemula mampu dengan mudah mengikutinya.

Artikel ini berisi 4 Panduan perihal Dropbox, dari mulai :

  • Cara Daftar / Membuat Akun Dropbox
  • Cara Install Dropbox
  • Cara Menggunakan Dropbox
  • Cara Upgrade Dropbox

Dan seluruh panduan diatas akan saya jelaskan secara rinci dengan gambar dan video pendukung. Mungkin pribadi saja kita awali dari cara mendaftar / membuat akun dropbox terlebih dahulu.

Cara Daftar / Membuat Akun Dropbox


Sebelum membuat akun di Dropbox, maka Anda wajib menyiapkan 1 buah email, jikalau belum punya silahkan baca cara membuat email disini . Jika sudah selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah untuk mendaftar di dropbox.

  1. Kunjungi website dropbox https://www.dropbox.com/

    Cara Daftar Membuat Akun Dropbox

    Langkah pertama untuk membuat akun di Dropbox tentu saja Anda harus mengunjungi situs resmi dropbox diatas, jikalau sudah hingga silahkan klik Sign Up.

  2. Masukkan nama, email dan password

    Cara Daftar Membuat Akun Dropbox 2

    Pada kolom first name dan last name isikan nama lengkap Anda, dan pada kolom email silahkan masukkan email aktif (bebas dari webmail mana saja) dan di kolom password isikan kombinasi abjad dan angka (buat password yang kuat), jikalau sudah klik 'I agree' dan 'Sign Up'

  3. Pilih 'dropbox basic'

    Cara Daftar Membuat Akun Dropbox 3

    Setelah menyelesaikan pendaftaran, Anda akan diminta untuk memilih tiga paket Dropbox, dari mulai paket Basic, Pro dan Business. Karena saya suka yang gratisan, maka saya pilih yang Dropbox Basic. Tidak perlu khawatir dengan disk space yang hanya 2GB, alasannya nanti kita mampu upgrade.

  4. Download dropbox

    Cara Daftar Membuat Akun Dropbox 4

    Pada tahap ini dropbox akan otomatis terdownload, namun jikalau belum Anda mampu mengklik link 'restart the download' untuk mengulangi proses unduh Dropbox. Aplikasi dropbox untuk komputer ini cukup ringan alasannya hanya berukuran 300KB.

Dari sini kita sudah berhasil mendaftar untuk membuat 1 akun dropbox. Tugas kita selanjutnya biar mampu menggunakan Dropbox di Komputer yaitu menginstallnya. Panduan lengkap menginstall dropbox mampu Anda baca dibawah ini.

Cara Install Dropbox


Dropbox bukanlah software yang memiliki ukuran yang besar, jadi Anda tidak perlu takut jikalau menginstall aplikasi dropbox di komputer, alasannya mampu dipastikan tidak akan memnuhi harddisk pada komputer Anda. Cara menginstall dropbox gotong royong sangat sederhana, tinggal Anda klik next, next dan finish, atau lebih jelasnya mampu Anda ikuti caranya berikut ini.

  1. Klik 2x di file dropbox.exe

    Cara Install Dropbox

    Silahkan Anda cari terlebih dahulu file dropbox.exe, jikalau sudah ketemu, klik dua kali (double klik) pada file tersebut untuk mulai menginstall aplikasi dropbox di komputer.

  2. Klik install

    Cara Install Dropbox 2

    Akan muncul pop up dari dropbox, silahkan Anda klik install.

  3. Tunggu sebentar

    Cara Install Dropbox 3

    Tunggu hingga proses installasi dropbox selesai, biasanya akan membutuhkan waktu 1 - 3 menit saja.

  4. Pilih 'I already have a dropbox account'

    Cara Install Dropbox 4

    Ada dua pilihan pada tahap ini, yaitu 'i dont have dropbox account' dan 'i already have a dropbox account' pilih poin 2.

  5. Masukkan email, password dan computer name

    Cara Install Dropbox 5

    Tahap selanjutnya yaitu mengisikan data login yang sudah Anda buat di situs dropbox.com tadi. Jika sudah klik Next.

  6. Pilih yang 2GB

    Cara Install Dropbox 6

    Sama menyerupai di web / situs dorpbox.co, akan ada 3 pilihan paket, Anda pilih saja yang gratis (paket yang 2GB).

  7. Pilih 'Advanced'

    Cara Install Dropbox 7

    Ada dua pilihan cara penginstallan dropbox yaitu 'Typical' dan 'Advanced' saran saya pilih saja yang Advanced alasannya kita tinggal terima jadi, tidak perlu setting lagi.

  8. Pilih folder penyimpanan dropbox

    Cara Install Dropbox 8

    Anda mampu mengatur folder penyimpanan dropbox, apakah di Local Disk C atau Local Disk D. Karena ukurna aplikasi dropbox ini terbilang kecil, jadi Anda bebas meletakkan dimana saja.

  9. Pilih 'I want this computer to sync all of the folder in my Dropbox'

    Cara Install Dropbox 9

    Lagi-lagi Anda akan dihadapkan pada dua pilihan antara 'I want this computer to sync all of the folder in my Dropbox' atau 'I want to use Selective Sync to choose which folders sync to this computer' penjelasannya sederhana, poin 1 mengijinkan dropbox untuk mensinkronisasi seluruh file yang ada di komputer, dan poin 2 Anda sendiri yang menentukan folder mana saja yang diijinkan.

  10. Klik 'Skip tour'

    Cara Install Dropbox 10

    Jika ingin cepat menyelasikan proses installasi dropbox ini, maka silahkan Anda klik 'skip tour'.

  11. Klik 'Finish'

    Cara Install Dropbox 11

    Selamat, Anda sudah berhasil menginstall dorpbox di komputer, untuk mengakhiri proses installasi klik 'finish'.

Selanjutnya silahkan Anda cek folder yang Anda gunakan untuk menyimpan file-file dropbox tadi. Jika menyimpan di Local Disk C, maka silahkan Anda cek di Drive C: atau jikalau di Local Disk D cek di Drive D: maka ada folder Dropbox disana, itu artinya dropbox sudah terinstall di komputer Anda, dan siap untuk digunakan.

Cara Menggunakan Dropbox


Menggunakan dropbox di komputer pada dasarnya menyerupai mengelola file pada umumnya, alasannya Akun Dropbox sudah terkoneksi dengan komputer kita, atau tepatnya tekoneksi dengan seluruh folder yang ada di HardDisk Komputer.

Untuk membagikan file Dropbox kepada teman, caranya pun cukup mudah, yang harus Anda lakukan hanyalah :

  1. Silahkan Anda kunjungi situs Dropbox

    Cara Menggunakan Dropbox

    Buat folder dengan nama yang berkaitan dengan file yang akan Anda bagikan ke sahabat / semua orang, dengan begitu folder akan muncul secara otomatis pada Komputer yang sudah tesinkronisasi dengan akun Dropbox.

  2. Klik kanan 'invite to folder'

    Cara Menggunakan Dropbox 2

    Pada folder yang akan kita kirimkan, silahkan Anda klik kanan lalu pilih 'invite to folder'. Ini fungsinya untuk mengundang seseorang biar mampu mendapatkan file yang kita kirim.

  3. Masukkan email dropbox teman

    Cara Menggunakan Dropbox 3

    Pada tahap ini kita harus tahu email yang digunakan oleh sahabat kita, jadi sebelum mengirim file, tanyakan terlebih dahulu email yang digunakan di akun dropbox milik sahabat Anda.

Setelah sahabat Anda online, maka file / folder tersebut akan terdownload otomatis di komputer sahabat Anda.

Selain itu Anda juga mampu menimbulkan dropbox sebagai kawasan untuk host website Anda, jadi selain sebagai kawasan penyimpanan file online, dropbox juga ampuh sebagai kawasan untuk dijadikan hosting untuk sebuah website.

Cara Upgrade Dropbox


Salah satu cara menambah disk space pada akun dropbox Anda yaitu dengan menguprade dropbox. Pada umumnya ada dua cara yang mampu Anda gunakan, yaitu cara yang berbayar dan gratis. Namun, kali ini saya hanya menjelaskan cara menambah space atau kapasitas dropbox yang gratis.

  1. Ajak sahabat menggunakan Dropbox

    Bonus sebesar 250 MB akan diberikan ke Anda jikalau berhasil mengajak sahabat melalui 'Link Refferal Dropbox' milik Anda. Untuk mendapatkan link refferal, silahkan Anda klik 'Get extra space free' lalu promosikan link refferal Anda di Facebook, Twitter atau G+. Maximum bonus yang akan Anda dapatkan yaitu sebesar 8GB.

  2. Selesaikan peran dari Dropbox

    Ada tugas-tuga sederhana menyerupai menghubungkan akun Twitter dengan Dropbox dan mem-follow Dropbox di Twitter, nantinya Anda akan mendapatkan bonus penyimpanan sebesar 512MB.

  3. Gunakan alamat email .EDU

    Jika Anda menggunakan email dengan domain dot edu (.edu), maka akan mendapatkan bonus 2x penyimpanan, jadi misal penyimpanan dropbox Anda yaitu 4GB, maka akan bertambah menjadi 8GB (2x lipat) secara otomatis.

Ketiga cara diatas akan sangat ampuh jikalau Anda selesaikan semua, jadi penyimpanan yang Anda miliki di Dropbox juga akan semakin besar, sangat cocok untuk menyimpan aneka macam keperluan.

FAQ Dropbox


Apakah sistem penyimpan Dropbox dijamin aman ?

Dropbox menggunakan sistem enksripsi 256-bit AES dan telah menggunakan tunnel SSL jadi mampu dipastikan seluruh data akan tersimpan dengan aman, alasannya terenskripsi.

Apakah mampu install lebih dari 1 akun dropbox di 1 komputer yang sama ?

Tidak bisa, solusinya Anda mampu menggunakan Virtual Box untuk menginstall aplikasi dropbox yang lain, jadi Anda butuh dua email berbeda dan dua buah sistem operasi yang berbeda.

Posting Komentar untuk "Panduan Cara Install dan Menggunakan Dropbox di Komputer"