Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Panduan Belajar SEO Gratis (eBook PDF) Part 2

eBook Belajar SEO Gratis part 2

Akhirnya selesai juga Ebook Belajar SEO Otodidak Gratis Part 2. Apa isi dari Ebook SEO Otodidak Part 2 ini ? Seputar SEO Off-Page, khususnya yang berkaitan dengan Backlink, menyerupai jenis-jenis backlink, teknik nge-backlink dengan anchor text, dan social signals.

Judul:SEO Otodidak 2Format:PDF
Penulis:Berguru SEOHarga:Rp. 0 (gratis)
Halaman:6 LembarMateri:SEO Off-Page

eBook Belajar SEO Otodidak sengaja saya split menjadi dua bab alasannya sebenarnya, ebook ini masih beta. Kedepan saya ingin menyempurnakan lagi dengan memperbanyak materi, baik dari SEO On-Page maupun Off-Page. So, tunggu saja eBook SEO Otodidak Full Version di episode yang akan datang.

302 KB

eBook Belajar SEO Off-Page Gratis part 2

Backlink

3.1 Anchor Text


Di eBook SEO Otodidak Part 1 saya sudah menyinggung sedikit perihal Anchor Text pada SEO On-Page (internal link) dan di eBook Belajar SEO Otodidak Part 2 ini saya ingin membahasnya lebih dalam.

Secara garis besar ada 2 Jenis Anchor Text yang jamak digunakan :

  • Partial Match = Anchor Text yang berupa Keyword Utama
  • Exact Match = Kombinasi / Variasi dari Anchor Text Utama

Agar lebih mudah dipahami, saya akan menunjukkan tumpuan artikel dengan Judul ’Cara Menjahit Pakaian’ :

  • Partial Match = Cara Menjahit, Menjahit Pakaian, Jahit Pakaian
  • Exact Match = Cara Menjahit Pakaian

Dari kedua jenis / type Anchor Text mana yang terbaik ? menurut saya pribadi, kedua jenis Anchor Text tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi jikalau ditanya yang terbaik, keduanya sama-sama baik, dan kedua Anchor Text tersebut bukan pilihan, artinya Anda mampu menggabungkan keduanya.

Riset Anchor Text


Saya pernah melaksanakan riset (atau apalah namanya) kecil-kecilan perihal SEO yang terinspirasi dari salah satu post yang ada di situs Moz.com perihal Eksperimen Anchor Text. Dalam riset tersebut saya bereksperimen dengan 3 Blog baru, dengan nama domain yang hampir sama.

Blog1.com
Blog2.com
Blog3.com

Masing-masing Blog, saya berikan Backlink dari situs yang sama dengan variasi Anchor Text yang berbeda :

Blog1.com > Partial Match
Blog2.com > Exact Match
Blog3.com > Non-Exact Match

* Non-Exact Match ialah Anchor Text yang tidak mengandung Keyword

Hasilnya ? cukup mengesankan, posisi pertama ditempati Blog2 disusul Blog3 dan diposisi terakhir ialah Blog3.

* Riset ini saya lakukan tanggal 4-2-2014 – hingga domain coid, tidak ada jaminan akan sama balasannya jikalau diterapkan pada kurun SEO 2015.

Meski demikian, menyerupai yang saya katakan diatas, tiap anchor text memiliki kelebihan dan kekurangan, Exact Match boleh unggul pada keefektifan meningkat ranking blog di SERP, namun rawan terkena penalty Unnatural Inbound Link (karena tidak ada variasi) dan untuk Partial mungkin tak seektif Exact Match, namun cukup aman untuk jangka panjang (bervariasi dan terlihat natural).

3.2 Contextual Link


Apa itu Contextual Link ? secara harfiah, pengertian dari Contextual Link ialah Link yang berada di dalam Konteks. Yang dimaksud konteks disini ialah pada bab Artikel (body).

Menurut informasi yang saya dapat dari teman-teman Ads.ID, Google memberi nilai lebih pada Backlink yang diletakkan di dalam artikel. Menggabungkan Contextual Link + Exact Match Anchor Text mampu dipastikan akan menghasilkan Backlink yang super duper ampuh untuk mendongkrak SERP Blog kita.

3.3 Site Wide Link


Site Wide Link ialah link yang muncul di seluruh halaman web. Salah satu tumpuan Site Wide Link ialah link yang ditempatkan di bab :

  • Header
  • Sidebar
  • Footer

Contoh nyatanya Anda mampu melihat link credit template yang berada di bab footer, itulah yang disebut Site Wide Link.

Pertanyaanya, apa Site Wide Link ini baik untuk SEO ? jikalau ditanya baik atau tidak, maka saya akan menjawab Tidak Baik, tapi kalau Anda bertanya ampuh atau tidak, terperinci saya akan menjawab Sangat Ampuh.

Site Wide Link & Kontes SEO


Saya anggap Anda paham maksud saya diatas, alasannya sejatinya Site Wide Link ini lebih sering digunakan oleh para pakar SEO ketika mengikuti Kontes SEO, jadi hanya bersifat sementara, setelah posisi Blog naik di peringkat 1, selanjutnya Backlink akan dihapus untuk menghindari penalty dari Google.

3.4 Link Juice


Link Juice ini gotong royong hanya sebuah istilah dalam SEO yang artinya hampir sama dengan Ranking Power atau kekuataan sebuah link. Jika Anda pernah mendengar para master seo indonesia mengatakan ’kasih aja link juice yang banyak’ itu sama artinya dengan ’kasih aja backlink yang memilik ranking power tinggi dengan jumlah banyak’.

Ada banyak situs yang mampu Anda manfaatkan untuk menerima Link Juice, salah satu yang paling banyak digunakan ialah YouTube.

3.5 Link Wheel


Dari namanya saya yakin Anda juga sudah paham apa arti dari teknik SEO ini, bukan ? yap, sebuah Link Berputar yang dari kesemua Link tersebut diarahkan ke money site.


Inti dari teknik SEO Link Wheel ini hanyalah memutar Backlink dari Site 1, ke Site 2, dan seterusnya, barulah Backlink tersebut di arahakan ke Money Site atau Blog utama Anda.

Social Signal

4.1 Google Plus


Sengaja saya letakkan Google+ diurutan pertama alasannya dari sekian banyak media umum yang ada, Google+ lah yang paling efektif. Pernyataan ini juga diiyakan oleh Moz, melalui Search Engine Correlation Data yang mereka kumpulkan.

Google Plus Social Signals SEO

Namun, bukan berarti hanya dengan menunjukkan +1 maka blog kita mampu pejwan. Bukan menyerupai itu, alasannya +1 hanya sebagian kecial dari ranking factor yang ada, jadi kita tetap perlu Backlink dan social signal dari situs social media lain menyerupai Facebook, Twitter, LinkedIn.

Untuk menerima Backlink DoFollow dari Google+ caranya cukup mudah, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan link blog di bab Intruduction ( Home > About > Introduction ).

4.2 Facebook


Entah kenapa Facebook berada dibawah Google+, padahal jikalau dilihat dari data yang ada, menyerupai jumlah pengguna, jumlah index page, dan tahun pembuatan tentu Facebook jauh lebih unggul, dan seharusnya hal ini terperinci membuat nilai SEO dari Facebook lebih besar lengan berkuasa dari Google+.

Facebook Social Signals SEO

Meskipun tidak seampuh Google+, Facebook tetap saya anggap sebagai jejaring sosial terbaik untuk meningkatkan PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority) pada Blog, alasannya ada Backlink DoFollow yang mampu kita dapatkan dalam jumlah banyak dari situs Facebook.

Untuk menerima backlink DoFollow dari situs Facebook, kita perlu menambahkan Static HTML melalui https://apps.facebook.com/static_html_plus/ selanjutnya masukkan backlink pada index.html

4.3 Twitter


Saya tidak menemukan Twitter Share sebagai Social Signal pada data yang disajikan oleh Moz, namun saya tetap yakin bahwa Kicauan kita di Twitter mampu membantu meningkatkan ranking SEO Blog.

Twittter Social Signals SEO

Karena, paling tidak dengan mebagikan link di Twitter, maka akan menambahkan inbound links pada situs blog kita.



Untuk menerima hasil maksimal dari teknik SEO OFF-Page :

Cari Backlink dari situs dengan Link Juice tinggi, pasang Backlink tersebut di bab Body (artikel) dan gunakan Anchor Text dengan jenis Exact Match lalu implementasikan Teknik SEO Wheel untuk memperkuat SEO pada setiap halaman sumber Backlink, yang terakhir perbanyak Social Share.

Jujur, untuk Belajar SEO gotong royong tidak cukup hanya dengan Membaca, dimana kita juga harus Mempraktekkan lalu Menyimpulkan sendiri mana teknik SEO yang kita anggap sebagai yang terbaik.



Kemarin ada yang bertanya ke saya 'apa alasan membagikan ebook seo gratis ?' alasan utama alasannya saya merasa 'berdosa', menggunakan subdomain dengan nama SEO tapi hampir 2 bulan lebih saya tidak membagikan Trik & Tips / Tutorial SEO.

Nah, di tahun 2015 ini  sengaja saya jadikan sebagai ajang ntuk memperbaiki kesalahan di tahun 2014, salah satu caranya ialah dengan membagikan ebook berguru seo otodidak ini, doakan saja biar saya mampu konsisten menyebarkan ebook seo gratis setiap bulan dengan bahan yang berbeda pula tentunya ^_^.

Posting Komentar untuk "Download Buku Panduan Belajar SEO Gratis (eBook PDF) Part 2"