Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyimpan Keseluruhan Halaman Web Untuk Dibaca Offline

Cara Menyimpan Halaman WebMenyimpan keseluruhan halaman website secara utuh sejujurnya bukanlah perkara yang susah, mengingat hampir seluruh browser yang ada ketika ini, menyerupai google chrome, mozilla firefox dan bahkan browser mobile opera mini dan uc browser juga sudah memiliki fitur save page atau simpan halaman.

Masalahnya yaitu tidak banyak dari kita yang mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur 'simpan halaman' tersebut untuk menyimpan keseluruhan halaman web secara utuh untuk dibaca di kemudian hari secara offline atau tanpa koneksi internet.

Atas dasar itulah, melalui artikel ini saya ingin mencoba membantu memberitahu bagaimana cara menyimpan halaman web yang benar menggunakan 3 browser terbaik yang jamak digunakan ketika ini.

  • Cara Menyimpan Keseluruhan Halaman Web di Opera
  • Cara Menyimpan Keseluruhan Halaman Web di Chrome
  • Cara Menyimpan Keseluruhan Halaman Web di Firefox

Masing-masing cara akan saya beri screenshot dengan tujuan supaya pembahasan cara menyimpan keseluruhan halaman web ini bisa dipahami dengan mudah, meski untuk pemula sekalipun.

Baca Juga
Browser TerbaikBrowser Terbaik

Tidak hanya memiliki fitur yang lengkap, ketujuh browser terbaik ini juga memiliki engine yang bisa mempercepat aktifitas browsing di internet.

Cara Menyimpan Halaman Web di Opera


Untuk menyimpan file di Opera ada beberapa cara yang bisa kita gunakan atau lebih tepatnya ada 3 jenis pilihan penyimpanan halaman web yang bisa kita gunakan, menyerupai HTML File (.htm), Web Archive (.mht) dan Text File (.txt). Lebih jelasnya perihal cara menyimpan halaman web dalam ketiga format tersebut bisa Anda ikuti tutorialnya dibawah ini.

  1. Buka browser Opera

    Cara Menyimpan Halaman Web di Opera

    Langkah awal tentu saja kita harus membuka browser opera, kalau belum punya, Anda bisa mendownload secara gratis melalui website resmi opera disini www.opera.com.

  2. Buka halaman Web

    Cara Menyimpan Halaman Web di Opera 2

    Selanjutnya silahkan Anda buka halaman web yang ingin Anda simpan, sebagai pola disini saya ingin menyimpan halaman web dari situs Google.

  3. Klik Opera > Page > Save As

    Cara Menyimpan Halaman Web di Opera 3

    Jika halaman web yang ingin Anda simpan sudah terbuka, sekarang lanjut kita save dengan cara mengklik tombol opera yang ada di pojok kanan atas lalu klik page dan pilih save as.

Langkah simpulan yaitu memilih jenis atau format file untuk menyimpan halaman web tersebut, menyerupai yang saya katakan diatas, ada 3 jenis format file yang bisa kita pilih, dan berikut penjelasan dari masing-masing format tersebut.

HTML File = Menyimpan halaman web dalam bentuk file HTML dan HTM (+ gambar)
Web Archive = Menyimpan halaman dalam bentuk file MHT (tanpa gambar dan file html)
TXT File = Menyimpan halaman web ke dalam teks.

Selesai sudah hingga sini kita sudah berhasil menyimpan halaman web secara utuh menggunakan browser opera.

Cara Menyimpan Keseluruhan Halaman Web di Chrome


Berbeda dengan browser opera yang bisa menyimpan halaman web dalam 3 format berbeda, untuk chrome hanya mendukung 1 format saja yaitu HTML. Meski demikian, kita tetap bisa menyimpan halaman website secara utuh beserta gambar untuk dibaca secara offline.

  1. Buka browser Chrome

    Cara Menyimpan Keseluruhan Halaman Web di Chrome

    Pada pola kali ini saya menggunakan browser chrome versi 28 dan memilih situs bing yang akan saya simpan halamannya secara penuh.

  2. Klik 'customize and control' > 'save page as'

    Cara Menyimpan Keseluruhan Halaman Web di Chrome 2

    Tombol 'customize and control' terletak di bab pojok kanan atas layar laptop / komputer Anda, disimbolkan dengan 3 garis horisontal, kalau sudah lalu pilih 'save page as'.

  3. Simpan dalam format 'webpage complete'

    Cara Menyimpan Keseluruhan Halaman Web di Chrome 3

    Ada dua jenis / format pilihan penyimpanan yang disediakan oleh Google Chrome, yang pertama yaitu menyimpan dalam format HTML dan satu lagi dalam format FULL (HTML + Image).

Jika Anda ingin membaca halaman web tersebut di kemudian hari tanpa koneksi internet, maka saran saya pilih format 'webpage complete'. Karena seluruh gambar akan tersimpan dalam komputer Anda.

Cara Menyimpan Halaman Web Utuh di Firefox


Meskipun saya yakin sudah banyak yang tahu cara menyimpan halaman website di browser Firefox namun tidak ada salahnya juga saya turut menunjukkan tutorialnya, alasannya yaitu saya yakin masih banyak juga teman-teman yang belum paham cara menyimpan web di Firefox.

  1. Buka browser Firefox

    Cara Menyimpan Halaman Web Penuh di Firefox

    Sayangnya disini saya masih menggunakan browser lawas dan mungkin tampilan / interfacenya akan sedikit berbeda dengan browser firefox terbaru.

  2. Klik Firefox > Save Page As

    Cara Menyimpan Halaman Web Penuh di Firefox 2

    Klik menu Firefox yang berada di bab pojok kanan atas, lalu pilih 'Save Page As' dan yang terakhir, silahkan Anda tentukan format file.

Selesai sudah, kalau disimpulkan maka Chrome memiliki 1 jenis pilihan format penyimpanan file (HTML), Firefox 2 format file (HTML dan TXT) dan Opera memiliki 3 pilihan penyimpanan file (HTML, MHT dan TXT).

Apapun browser yang Anda gunakan ketika ini, saya yakin semuanya telah memiliki fitur Save Page, jadi untuk Anda yang menggunakan browser lain, selain dari ketiga browser yang saya sebutkan diatas, maka cara menyimpan keseluruhan halaman web secara utuh yang harus Anda lakukan pertama kal yaitu mencari tombol 'Save Page' lalu pilih formatnya. Itu saja dari saya semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menyimpan Keseluruhan Halaman Web Untuk Dibaca Offline"