Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Cara Sukses Bisnis Toko Online Agar Laris & Untung

Rahasia Cara Sukses Bisnis Toko Online

Sebagai seorang pebisnis online, khususnya mereka yang terjun dalam urusan ekonomi toko online, tentu memiliki harapan besar semoga produk yang dijual bisa laris dengan cepat dan menghasilkan uang yang berlipat. Namun, terkadang harapan tak berbanding lurus dengan kenyataan, sudah bekerja mati-matian tapi hasil masih belum memuaskan.

Jika Anda termasuk orang yang kesulitan dalam menjual produk via online, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat, karena disini Anda akan menerima belakang layar bagaimana cara sukses urusan ekonomi toko online dan meningkatkan penjualan online hingga 3x lipat.

Lantas apa yang akan Anda pelajari di artikel ini ?

  • Membuat Toko Online Responsive
  • Fitur Widget Wajib Toko Online
  • Media Promosi Online
  • Strategi Promosi Online
  • Memanfaatkan SEO

* dulu ini yakni Rahasia sekarang menjadi Rahasia Umum

Oke kita mulai saja pembahasan yang pertama wacana membuat toko online responsive, lalu dilanjut mengupas mana saja kawasan promosi online terbaik, tak lupa ada juga pembahasan wacana seni administrasi promosi online dan pemanfaatan SEO untuk meningkatkan penjualan online.

Baca Juga
Cara Bisnis OnlineBisnis Online

Selain toko online, masih banyak pola urusan ekonomi online lain yang bisa Anda kerjakan tanpa modal (gratis).

Membuat Toko Online Responsive


Salah satu aspek terpenting semoga toko online yang Anda bisa memperlihatkan kenyamanan kepada pengunjung, khususnya untuk pengguna mobile ketika ingin berbelanja online yakni dengan memnambahkan fitur responsive pada template. Sebenarnya tidak terlalu susah untuk meresponsivekan template toko online kita, karena cukup download template toko online gratis yang responsive lalu menguploadnya, kabar baiknya hampir seluruh template toko online yang ada ketika ini sudah memiliki fitur responsive.

Contoh template toko online blogger responsive :

  • Blogger Store
  • Johny Ganteng Store
  • Shoppaholic
  • Kiddiez Shop

Contoh template toko online magento responsive :

  • e-Fashion Pro
  • Autoparts
  • Jewellery Design

Semua template diatas bisa Anda unduh secara gratis melalui situs resmi penyedia template toko online masing-masing, caranya cukup dengan mengetikkan nama template, misal 'Blogger Store' lalu tambahkan kata 'Download Template' & 'Gratis', jadi 'Download Template Blogger Store Gratis'.

Fitur Wajib Toko Online


Sebagai seorang pebisnis online, kita harus bisa mengetahui apa yang menjadi kebutuhan user dan berusaha memperlihatkan akomodasi yang terbaik. Salah satu caranya yakni memperlihatkan fitur yang bisa mempermudah pengunjung, beberapa fitur yang sebaiknya ada pada toko online yang Anda buat, beberapa diantaranya adalah.

Kotak Pencarian : Untuk memudahkan pengunjung mencari barang yang diinginkan
Cek Ongkir : Fitur yang juga tidak boleh dilewatkan di toko online Anda yakni akomodasi cek tarif ongkos kirim.
Shooping Cart : Banyak calon pembeli yang ingin membeli produk lebih dari 1, dan shooping cart terperinci akan memudahkan mereka untuk mengetahui total harga dan memudahkan dalam hal pembelian.

Setidaknya ketiga fitur diatas harus sudah wajib ada pada toko online Anda, meskipun ada beberapa fitur lain yang juga tak boleh Anda lupakan menyerupai List Katalog, Testimonial dan Jaminan Keamanan (SSL / HTTPS).

Media Promosi Online


Jujur ada banyak sekali media yang bisa Anda gunakan untuk mempromsikan produk yang ada di toko online Anda. Salah satu media yang paling ampuh tentu saja yakni Social Media, menyerupai Facebook, Twitter, Google+ dan Instagram. Promosi produk via media umum sekaligus dapat meningkatkan elektabilitas dari Toko Online yang ujung-ujungnya akan memudahkan kita dalam men-SEO-kan Toko Online tersebut untuk menjaring lebih banyak pengujung dari mesin pencari menyerupai Google.

Tips mempromosikan produk di media umum Facebook :

  1. Buat Fanpage dan beri nama yang sama dengan toko online Anda.
  2. Promosikan melalui group, gunakan kotak pencarian Facebook, misalnya dengan mengetikkan 'jual beli *nama kota*'.
  3. Gunakan foto profil asli dan nama asli semoga menambah kepercayaan pelanggan.

Sengaja saya memilih Facebook karena dari segi fitur, Facebook benar-benar menyediakan layanan yang sangat memudahkan para penjual online untuk mempromosikan produk mereka, dari mulai tersedianya Fanpage hingga fitur Foto Album.

Strategi Promosi Online


Meskipun media yang Anda gunakan sudah sempurna namun jikalau dalam penerapan, teknik atau seni administrasi yang Anda gunakan dalam memasarkan produk tidak tepat, maka karenanya juga tidak akan terjadi closin. Untuk itu berikut saya berikan seni administrasi promosi online yang efektif dan efisien.

  • Waktu

    Ketahui kapan waktu yang sempurna untuk berpromosi, saran saya lakukan promosi di jam-jam berikut ini : pagi jam 5, siang jam 12, sore jam 5, malam jam 7.

  • Kepercayaan

    Lakukan pendekatan untuk mendapatka kepercayaan dari pengunjung.

  • Closing

    Jangan hingga Anda gagal menjual produk karena salah melontarkan pertanyaan, pola jikalau Anda ingin menanyakan kepastian, gunakan pertanyaan menyerupai 'jadi, mau ambil produk a atau b' dan hindari melontarkan pertanyaan menyerupai 'jadi, beli atau tidak pak ?'.

Kurang lebih menyerupai itulah seni administrasi yang harus Anda perhatikan jikalau ingin meningkatkan penjualan online, dari mulai menentukan waktu promosi, mencari kepercayaan pengunjung semoga terjadi closing sesuai yang kita inginkan.

Memanfaatkan SEO


Manfaatkan SEO untuk mendongkrak penjualan produk di Toko Online Anda. Untuk pengguna wordpress sudah tersedia aneka macam macam plugin SEO yang bisa kita gunakan secara gratis menyerupai salah satunya yakni All In One. Untuk pengguna blogger mungkin hanya bisa bermain pada Heading Tag, misal memperlihatkan Tag H1 pada judul produk dan memperlihatkan tag H2 atau H3 pada label harga, karena tak sedikit orang yang mengetikkan 'harga -nama barang-' di Google.

SEO Toko Online saya akui memang terbilang sangat susah, selain karena persaingan yang tinggi, juga disebabkan minimnya teks dalam suatu halaman. Solusinya yakni dengan mengandalkan Backlink, khususnya backlink dari sesama situs web toko online.

Satu lagi tips dari saya semoga toko online yang Anda buat bisa sukses laris dan menghasilkan keuntungan besar yakni dengan menggunakan media video untuk menjelaskan suatu produk, karena video akan menghasilkan gambar dan bunyi secara bersamaan, jadi gosip yang kita sampaikan akan lebih mudah ditangkap oleh audience (calon pembeli).

Posting Komentar untuk "Rahasia Cara Sukses Bisnis Toko Online Agar Laris & Untung"