Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Software Internet Marketing Tools Gratis & Terbaik

Software Internet Marketing Tools Gratis & Terbaik

Menjalankan bisnis internet marketing atau bisnis online tanpa menggunakan santunan software atau tool, menyerupai berperang tanpa senjata, Anda mungkin mampu 'menaklukan' lawan dengan tangan kosong, namun butuh seni administrasi yang berilmu dan tentunya kerja keras yang luar biasa. Dalam bisnis internet marketing, tool maupun software diibaratkan senjata yang akan memudahkan Anda dalam menjatuhkan lawan atau dengan kata lain untuk mempermudah pekerjaan Anda sebagai internet marketer.

Baik tools internet marketing maupun software internet marketing, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Software internet marketing mungkin lebih ringan alasannya ialah kita eksklusif menjalankan aplikasinya tanpa harus membuka browser terlebih dahulu, kekurangannya harus diinstal (menuhin hdd), sementara untuk tools internet marketing kelebihannya kita tidak perlu install software apapun alasannya ialah tool mampu eksklusif dijalankan melalui website (online) kelemahannya mungkin akan berat alasannya ialah kita membuka 2 aplikasi sekaligus, software (browser) dan tools internet marketing (website).

Tidak perlu lama-lama, eksklusif saja berikut ialah Top 10 Software Internet Marketing dan Tools Internet Marketing terbaik yang mampu Anda coba secara gratis.

Baca Juga
belajar internet marketingBelajar Internet Marketing

Pelajari bagaimana cara memulai urusan ekonomi internet marketing dari dasar secara gratis (khusus pemula).

1. Buffer


Software Internet Marketing Tools Buffer

Buffer ialah tool untuk menjadwal post di akun media sosial, sesuai dengan waktu yang sudah kita tentukan.

Internet Marketing Tool yang satu ini bersama-sama bukan hanya diperuntukan kepada para internet marketer namun juga sangat cocok digunakan oleh blogger untuk mempermudah mereka dalam membagikan artikel yang telah di publish secara otomatis.

Yang menarik dari Buffer ialah beliau tidak hanya mampu digunakan untuk menjadwal post di Twitter / Facebook saja, namun juga mampu untuk menjadwal post di LinkedIn, App.net dan Google+.

Jadi, total ada 5 platform social media yang sudah didukung oleh Buffer, yaitu :

Facebook (profile, pages, groups), Twitter, LinkedIn (profile, page), App.net dan Google+ (page)

Buffer telah mendukung layanan RSS sampai 15 buah, artinya Anda mampu menghubungkan 1 akun buffer dengan 15 RSS sekaligus.

2. Hootsuite


Software Internet Marketing Tools Hootsuite

Hootsuite ialah platform / tool untuk mengelola seluruh akun media umum yang Anda miliki.

Fungsi hootsuite tidak jauh berbeda dengan Buffer, bahkan terbilang sama, namun yang membedakan keduanya ialah fitur dan akomodasi yang diberikan.

Meskipun Hootsuite mendukung lebih banyak media umum mirip Twitter, Facebook, Google+, LinkedIn, Foursquare, WordPress dan Mixi, namun tools internet marketing Hotsuite hanya mengijinkan penggunanya untuk mengkoneksikan 3 akun media umum saja.

Hootsuite juga sudah mendukung post otomatis melalui RSS Feed, tetapi dukungan tersebut maksimal hanya mampu digunakan untuk menghubungkan maksimal 2 RSS Feed saja.

Kelebihan hootsuite menurut saya ialah fitur URL Shortener yang diberikan. Kaprikornus setiap post yang kita publish di akun media umum akan secara otomatis di pendekkan dengan tool url shortener dari ow.ly. Ini berfungsi untuk menyamarkan url asli dari artikel yang dibagikan di sosial media.

3. Visual Website Optimizer


Software Internet Marketing Tools VWO

Visual Website Optimizer (VWO) merupakan software untuk mengoptimalkan tampilan website kita dengan cara membandingkan hasil dari tampilan A dan tampilan B.

Sederhananya, software VWO akan bekerja dengan cara menganalisa aktifitas pengunjung ketika mengunjungi web kita. Dari data itulah kita mampu membandingkan mana tampilan yang paling pas digunakan untuk meningkatkan penjualan atau jumlah klik.

Dalam pengapliasiannya, tool internet marketing VWO mampu kita terapkan untuk meningkatkan penjualan di toko online atau mampu juga kita manfaatkan untuk meningkatkan CTR (Click Through Rate) pada iklan yang dipasang di blog.

Jadi, Visual Website Optimizer (VWO) sangat cocok digunakan oleh Internet Marketer maupun Publisher untuk meningkatkan konversi klik.

4. InstaPage


Software Internet Marketing Tools InstaPage

InstaPage ialah tool internet marketing gratis untuk membuat landing page secara online.

Membuat landing page menggunakan tool InstaPage terbilang cukup mudah, alasannya ialah kita hanya perlu drag dan drop dan jadilah landing page kita.

Fitur yang disediakan oleh InstaPage bukan hanya fitur untuk membuat landing page saja, namun juga ada fitur A/B Testing untuk melaksanakan percobaan mana tampilan landing page yang paling sukses untuk menerima banyak klik dari pengunjung. Terdapat juga fitur integrasi untuk menghubungkan ke banyak sekali akun mirip mailchimp, google+, facebook, twitter dan masih banyak lagi lainnya.

InstaPage juga cocok digunakan untuk Anda yang bekerja sebagai affiliate marketing yang pastinya tidak mampu dipisahkan dengan landing page.

5. PollDaddy


Software Internet Marketing Tools PollDaddy

Dari namanya saja, saya yakin Anda sudah mampu menembak apa fungsi utama dari software internet marketing yang satu ini. Yap, PollDaddy ialah software survei online, fungsi utamanya tentunya untuk membuat survei (pemungutan suara) secara online.

PollDady telah terintegrasi dengan Wordpress, dengan kata lain untuk pengguna Wordpress.com mampu eksklusif menggunakan software PollDady untuk membuat survei online.

Untuk fitur, bersama-sama PollDady memiliki banyak sekali fitur, namun sayangnya sebagian fitur yang mampu diakses kalau kita mengupgrade keanggotan menjadi Pro. Kaprikornus untuk pengguna gratisan (free account) hanya mampu membuat form pertanyaan dengan css default (tidak mampu dikustomisasi).

6. Evernote Web Clipper


Software Internet Marketing Tools Evernote Web Clipper

Evernote Web Clipper ialah extension untuk mempermudah penggunanya untuk menyimpan dan mengedit halaman web.

Sayangnya, untuk pengguna FireFox masih belum mampu mencicipi kehebatan dari tool internet marketing dari Evernote, alasannya ialah extension Evernote Web Clipper hanya tersedia untuk browser Google Chrome, Safari, Internet Explorer (IE) 7+ dan Opera

Yang saya sukai dari Evernote Web Clipper ialah dukungan alat untuk mengedit sebuah halaman web yang telah kita simpan, diantaranya ada alat bentuk untuk menambahkan objek berbentuk tanda panah, bundar dan persegi empat.

7. Mad Mimi


Software Internet Marketing Tools MadMimi

Internet marketing tools yang terakhir dan sekaligus menjadi software internet marketing terbaik yang patut dimiliki oleh setiap internet marketer ialah Mad Mimi.

Mad Mimi merupakan tool email marketing untuk mengelola dan mengirim email secara otomatis kepada subcribers.

Rival utama mad mimi tentu saja ialah mailchimp, meskipun keduanya sama-sama gratis dan termasuk mengagumkan dalam sistem pengelolaan email, namun saya pribadi lebih suka menggunakan Mad Mimi, alasannya sederhana, alasannya ialah Mad Mimi menyampaikan layanan untuk mengirim dalam jumlah yang terbilang sangat besar, yaitu mencapai 12.500 email dalam sebulan, dengan jumlah subcriber maksimal 2.500.

Jujur, bersama-sama masih banyak Software Internet Marketing maupun Tools Internet Marketing lain yang patut Anda gunakan, mirip :

  • Google Adwords Keywords Planner / Google Trends (riset keywords)
  • Google Hangouts (video call)
  • Teamviewer (remote desktop)
  • IFTTT (automation tools)

* sengaja tidak saya tulis, alasannya ialah saya yakin Anda sudah sangat familiar dengan tools / software internet marketing diatas.

Itulah, ketujuh software internet marketing tools gratis & terbaik yang mampu membantu Anda untuk mendapatkan uang dari internet, intinya kalau belum ada modal untuk membeli aplikasi internet marketing (baik berupa software / tool), cobalah mencari yang gratisan terlebih dahulu, dan modal sudah terkumpul, maka jangan tunda untuk membeli tool / software premium yang kualitasnya tentu jauh diatas tool / software gratisan.

Untuk Anda yang masih resah menentukan urusan ekonomi internet apa yang profitable, silahkan baca 101 Contoh Bisnis Internet yang mampu dikerjakan (nyaris) tanpa modal (gratis).

Posting Komentar untuk "7 Software Internet Marketing Tools Gratis & Terbaik"