Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Blog / Web Terindex & Muncul di Halaman Pertama Google

Cara Agar Blog / Web Terindex & Muncul di Halaman Pertama Google

"Bagaimana cara supaya blog / website kita mampu tampil di halaman pertama Google ?" pertanyaan ibarat itu tentunya sering ditanyakan, khususnya untuk teman-teman yang pertama kali ngeblog atau terjun di dalam dunia blogging.

Sejujurnya ada banyak cara yang mampu kita gunakan untuk mempercepat proses index suatu blog / web supaya segera muncul di Google, atau bahkan muncul di halaman pertama dan menjadi ranking 1 di Google.

Cara yang saya maksud tersebut dinamakan sebagai SEO (Search Engine Optimization) atau dalam bahasa indonesia mampu kita artikan sebagai sebuah teknik untuk mengoptimalkan suatu blog / website di 'mata' mesin pencari (google, bing, yahoo, dll).

Jadi, jikalau ingin membuat blog Anda cepat muncul di Google, maka pelajarilah ilmu perihal SEO. Walaupun pada dasarnya blog / website akan terindex dan muncul secara otomatis di Google, tapi akan jauh lebih baik jikalau diimplementasikan dengan SEO.

Kabar baiknya Google selaku mesin pencari terbesar ketika ini, telah mengeluarkan Ebook Search Engine Optimization Starter Guide yang dibagikan secara gratis untuk para blogger / webmaster.

Dari ebook SEO tersebut, kita mampu mempelajari apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam mengelola sebuah blog atau website.

Namun, kali ini kita tidak akan membahas ebook SEO google tersebut, alasannya ialah fokus utama di artikel ini ialah membahas perihal cara supaya blog mampu muncul dan tampil di halaman pertama Google.

Oke, lantas apa saja yang harus dilakukan supaya blog / website kita muncul di Google ?

Cara Agar Blog / Website Terindex, Muncul dan Tampil di Google


Pada dasarnya, semua blog akan secara otomatis terindeks dan muncul di Google, namun ada teknik atau cara untuk membuat proses 'indexing' berjalan lebih cepat dari seharusnya, dan berikut berapa teknik atau caranya.

Ping

Seperti yang kita semua ketahui, bahwa Google dan mesin pencari lain menggunakan bot untuk mengindex blog / web, dan dalam proses pelaksanaannya, tiap bot memiliki jadwalnya sendiri-sendiri, dengan kata lain, ada blog yang dikunjungi bot dalam rentang waktu 2 hari sekali, ada juga yang 1 hari sekali, bahkan ada yang setiap jam (seperti blog news).

Jadi, jikalau blog Anda lama terindex dan tidak segera muncul di Google, maka itu artinya bot atau dalam hal ini ialah Google Bot belum mengunjungi dan mengindex situs blog Anda tersebut.

Nah, Ping inilah yang akan membantu untuk memanggil Bot supaya segera merayapi situs kita.

Jika Anda galau bagaimana cara ping blog, silahkan pelajari caranya disini Cara Ping beserta Daftar Situs Ping Otomatis.

Sitemap

Mensubmit sitemap blog di Google Webmaster Tool (GWT) juga merupakan salah satu cara paling mudah untuk membuat blog cepat terindex dan muncul di Google.

Untuk pengguna blogger, ada tool khusus yang mampu kita gunakan untuk menggenerate feed default menjadi feed full. Tool yang saya maksud ialah CTRLQ - Generate XML Sitemap yang dibuat oleh Labnol. Cara penggunannya juga terbilang mudah.

  1. Kunjungi situs http://ctrlq.org/blogger/
  2. Masukkan url situs (blog / web) Anda
  3. Klik tombol 'generate sitemap'

Jika sudah, copy url xml blog Anda tersebut lalu pastekan di https://www.google.com/webmasters/tools/sitemaps

Fetch as Google

Pada dasarnya, cara kerja 'Fetch as Google' hampir sama dengan Ping, hanya saja perbedaan utama terletak pada bot yang dipanggil. Pada proses Ping, bot yang dipanggil lebih universal, dalam artian semua bot (yahoo, bing, google), sementara untuk proses Fetch as Google hanya google bot saja.

Untuk melaksanakan fetch as google pada blog, terlebih dahulu Anda harus memiliki akun Google, jikalau belum silahkan pelajari Cara Daftar Gmail (Google Mail). Jika akun Gmail sudah Anda buat, selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka situs Google Webmaster Tool https://www.google.com/webmasters/tools/
  2. Pilih blog yang ingin di Fetch
  3. Klik menu 'Crawl'
  4. Pilih sub-menu 'Fetch as Google'

Nanti akan ada dua pilihan yaitu 'Fetch' dan 'Fetch and Render', perbedaannya terletak pada kedalaman pengindexan, setau saya Fetch hanya meminta Google untuk mengindex blog tersebut, sementara Fetch and Render untuk mengindex blog beserta backlink.

Crawl URL

Crawl URL merupakan tool yang disediakan oleh Google untuk men-submit url artikel (post) blog supaya cepat terindex dan muncul di Google.

Kaprikornus crawl url ini untuk mempercepat index dalam jumlah satuan, sementara fetch as google lebih untuk proses index seluruh halaman situs beserta backlinknya.

Cara menggunakan tool Crawl URL dari Google terbilang mudah dan cepat :

  1. Silahkan kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
  2. Lalu masukkan url postingan blog Anda pada kolom yang sudah disediakan
  3. Masukkan capthca
  4. Terakhir, klik tombol 'submit request'

Karena Crawl URL dikhususkan untuk proses pengindexan halaman saja, jadi dengan sekali submit, maka mampu dipastikan halaman blog tersebut akan eksklusif muncul di Google.

Template

Yang saya maksud disini bukan desain templatenya apakah 1, 2 atau 3 kolom, melainkan lebih kepada ukuran sebuah template.

Saya katakan template kuat pada proses pengindexan alasannya ialah jikalau suatu blog / web terlalu, maka (bisa jadi) Google Bot enggan untuk mengindex situs tersebut atau mampu saja hingga RTO (request time out).

Namun, bukan berarti jikalau ukuran template ringan, maka proses index juga cepat (belum tentu).

Kaprikornus yang saya tekankan disini, jangan hingga menggunakan template dengan ukuran yang berat (contoh hingga 500 server respon) jikalau tidak ingin halaman tersebut di lempar dari SERP (search engine result page).

Baca Juga : 7 Cara Ampuh Meningkatkan Kecepatan Index Blog [ Part II ]

Cara Menampilkan Blog / Website di Halaman Pertama Google


Jika ingin membuat artikel blog Anda muncul dan tampil di halaman pertama Google bergotong-royong sangat mudah. Ya, saya katakan mudah alasannya ialah memang faktanya demikian.

Bukan bermaksud sombong, alasannya ialah sudah saya coba berulang kali dan berhasil, jadi saya berani menyimpulkan bahwa untuk membuat blog muncul di halaman pertama Google itu mudah.

Caranya dengan mengetikkan site:urlartikelblog.com di Google, lalu tekan enter.

Tak peduli seberapa berat persaingan di SERP, dengan cara diatas, dijamin blog Anda akan masuk di halaman pertama Google.

Oke, saya akui itu intermezo yang tidak lucu.

Kita kembali ke topik, untuk membuat blog atau website supaya berada di halaman pertama Google salah satu cara yang mungkin sering digunakan oleh para blogger ialah dengan memberi Backlink.

Backlink yang paling ampuh ialah backlik yang berasal dari blog ber authority tinggi dan tentunya memiliki konten dengan topik (niche) serupa untuk mencari backlink yang se niche Anda mampu menggunakan dork dibawah ini.

site:go.id "kw" "leave a reply"

Diatas, ialah dork untuk mencari backlink dari situs go.id, dan jikalau Anda ingin mencari backlink dari situs goverment luar negeri, tinggal ganti dork.nya dari site:go.ig menjadi site:gov. Jangan lupa ubah "kw" dengan keyword yang Anda incar.

Untuk keyword dengan persaingan ringan, mengandalkan backlink saja bergotong-royong sudah cukup untuk membuat blog tampil di halaman pertama Google, namun untuk keyword dengan persaingan berat, tentu tidaklah cukup, jadi kita juga memerlukan SEO On-Page atau pengoptimalan dari dalam blog, selengkapnya mampu Anda pelajari Cara Meningkatkan SEO Blog.

Kurang lebih itulah beberapa cara supaya blog atau website kita mampu cepat terindex dan muncul di halaman pertama Google.

Dari awal saya katakan ini hanya sebuah teori, artinya tidak ada jaminan setelah menerapkan kelima cara diatas blog Anda eksklusif tampil di Google, tapi secara teori seharusnya ibarat itu. Daripada berdebat, mending eksklusif saja Anda coba dan buktikan, apakah teori diatas benar terbukti atau tidak.

Posting Komentar untuk "Cara Agar Blog / Web Terindex & Muncul di Halaman Pertama Google"