Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Ranking Blog di SERP Google Secara Akurat

Cara Cek Ranking Blog di SERP Google

Sebagai seorang blogger wajib hukumnya bagi kita untuk melaksanakan pengecekan posisi blog di Google, hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa teknik SEO yang kita jalankan benar-benar bekerja dengan sempurna.

Namun sayangnya untuk melaksanakan pengecekan posisi atau ranking blog di Google membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jikalau bposisi blog kita ada di halaman terakhir, terang akan membuang banyak waktu Anda.

Walaupun sudah ada tool semacam serpchecker untuk mempermudahnya, namun faktanya justru tool tersebut akan menguras uang kita, alasannya sejauh ini saya belum 1 tool pun yang menyampaikan layanan pengecekan ranking blog gratis secara unlimited, kebanyakan hanya menyampaikan maksimal 10 keyword, jikalau lebih dari itu maka kita diminta untuk mengupgrade membership menjadi premium.

Tetapi, tidak perlu khawatir, alasannya kabar baiknya di artikel ini saya akan menyampaikan berita kepada Anda cara sederhana yang selama ini saya lakukan untuk mengecek posisi ranking blog di Google secara akurat dan unlimited tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Saya rasa cukup basa-basinya, sekarang saatnya masuk pada pembahasan utama perihal cara cek ranking blog Anda di Google. Persiapkan dulu toolnya.


Tool Untuk Cek Ranking Blog


Ada 2 tool yang akan kita gunakan untuk melaksanakan pengecekan ranking blog. Tidak perlu khawatir, kedua tool ini mampu Anda dapatkan secara gratis. Kedua tool tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Browser (Google Chrome)
  • Scraper (Chrome Plugin)

Link download, terutama untuk plugin scraper akan saya berikan dibawah. Kaprikornus Anda tidak perlu capek-capek untuk mencarinya.


Cara Untuk Cek Ranking Blog

Tutorial ini akan saya tulis dengan sangat sederhana biar mudah dipahami oleh pemula, namun jikalau dirasa kurang jelas, kedepan akan saya coba untuk menambahkan video tutorialnya. Oke, mungkin langung saja berikut tutorial cek ranking situs di Google.

  1. Download dan install plugin scraper

    Cara Cek Ranking Blog gambar 1

    Plugin scraper mampu Anda dapatkan secara gratis melalui chrome webstore, silahkan Anda buka https://chrome.google.com/webstore lalu ketikkan scraper atau jikalau tidak ingin repot mencarinya Anda mampu pribadi klik link berikut ini untuk mendownloadnya disini Scraper.

  2. Buka google.com, lalu ketikkan kata kunci yang ingin dicek

    Cara Cek Ranking Blog gambar 2

    Sebenarnya tidak harus google.com, Anda mampu menggunakan google.co.id atau Google dari negara manapun, tapi pada teladan kali ini saya akan menggunakan google.com sebagai materi percobaan.

  3. Tambahkan &num=100&pws=0 diakhir url

    Cara Cek Ranking Blog gambar 3

    Kode diatas terdiri dari dua syntax, syntax pertama yaitu &num=100 dan syntax kedua yaitu &pws=0. Penjelasan singkatnya &num=100 digunakan untuk menampilkan 100 hasil pencarian blog dalam 1 halaman, jadi kita tidak perlu repot-repot mengklik 10 halaman untuk menerima 100 hasil pencarian.

    Untuk penjelasan syntax kedua &pws=0 sebetulnya sangat sederhana yaitu digunakan untuk menyembunyikan hasil pencarian pribadi, jadi konsepnya sama menyerupai jikalau kita melaksanakan pencarian menggunakan mode Private atau Inconigto, hal ini akan membuat hasil pencarian menjadi lebih akurat.

  4. Klik kanan dibagian title post dan pilih scrape simillar

    Cara Cek Ranking Blog gambar 4

    Disinilah fungsi dari tool scaper, kita akan menggunakannya untuk mengecek ada di posisi berapakah blog kita. Cara menggunakan tool scraper juga terbilang mudah, Anda hanya perlu klik kanan dibagian title post lalu pilih menu scraper simillar untuk mengaktifkan plugin scraper.

  5. Masukkan //div/h3/a/@href dibagian xPath lalu klik scrape

    Cara Cek Ranking Blog gambar 5

    Lebih jelasnya Anda mampu melihat teladan gambar diatas, hapus arahan yang sudah ada, lalu ubah dengan arahan yang saya berikan diatas. Perbedaan arahan yang Anda dapakan dengan saya berikan terletak pada @href dimana arahan ini fungsinya untuk mempersempit hasil scrape biar hanya menampilkan link saja tanpa title post.

  6. CTRL + F, ketik url blog Anda

    Cara Cek Ranking Blog gambar 6

    Langkah terakhir yang perlu dilakukan yaitu mencari ada di posisi berapakah blog Anda. Untuk mempermudahnya Anda mampu mencari dengan menekan command CTRL+F lalu silahkan ketikkan url blog yang ingin Anda cek posisinya.

Ada beberapa hal yang perlu digaris bawahai disini. Tutorial yang saya berikan ini bukan perihal cara tracking keyword, melainkan cara cek posisi keyword blog.

Perbedaan tracking dan cek (checking) sangat terang sekali, jikalau tracking maka kita terang membutuhkan tool scrapechecker alasannya akan membutuhkan database untuk mencatat pergerakan ranking, namun jikalau Anda melaksanakan checking yang artinya hanya melaksanakan pengecekan ranking saja, maka Anda mampu melakukannya tanpa tool maupun aplikasi serpchecker.


Perbandingan Ranking Antar Tool SERPChecker


Artikel ini saya beri judul Cara Cek Ranking Blog di SERP Google Secara Akurat, ya secara akurat dan untuk mebuktikan pernyataan tersebut saya akan membandingkan hasil pengecekan ranking blog menggunakan metode ini vs pengecekan ranking menggunakan tool serpchecker.

Kata kunci yang akan kita gunakan dalam percobaan kali ini yaitu "Belajar SEO" dan google.com sebagai jurinya.

Scraper
 Scraper

 Ranking 21 berdasarkan pengecekan menggunakan tool Scraper


Serplab
 Serplab

 Ranking 20 berdasarkan pengecekan menggunakan tool Serplab


Whatsmyserp
 Whatsmyserp

 Ranking 21 berdasarkan pengecekan menggunakan tool Whatsmyserp


Serps
 Serps

 Ranking 20 berdasarkan pengecekan menggunakan tool Serps

Terlihat jelas, bahwa pengecekan ranking menggunakan metode scraper yang saya paparkan diatas terbilang akurat, alasannya dari pengecekan dengan 3 tool serpchecker yang berbeda jadinya nyaris sama. Selamat mencoba.

Video Tutorial Cek Ranking Blog


Update kali ini untuk menepati komitmen saya untuk menyampaikan video tutorial cek ranking blog menggunakan tool scraper. Tujuan saya menambahkan video ini sebetulnya bab dari request juga dari teman-teman yang masih merasa resah dengan penjelasan cara cek ranking blog yang saya paparkan diatas.

Oke tak perlu berlama-lama pribadi saja disimak videonya yang hanya berdurasi 1:34 menit ini.



Mohon maaf, video tersebut tanpa bunyi untuk menghemat size-nya biar tidak terlalu besar, namun saya jamin tutorialnya mudah dipahami, alasannya saya jelaskan langkah demi langkah.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Ranking Blog di SERP Google Secara Akurat"