Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belajar Cara Menjadi Penulis Artikel Yang Produktif

Penulis Artikel

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, kini dengan sumbangan internet ada peluang urusan ekonomi gres untuk mendatangkan lebih banyak uang ke kantong Anda. Bisnis yang saya maksud yakni penulis artikel online. Untuk menjalankan urusan ekonomi ini tidak diharapkan modal yang besar, alasannya yakni cukup dengan koneksi internet dan keahlian menulis maka Anda sudah bisa memulai urusan ekonomi online dengan menjadi penulis artikel.

Meskipun perlu diakui bahwa ada banyak sekali macam cara mendapatkan uang dari internet selain sebagai penulis artikel, namun saya rasa menjadi penulis artikel merupakan salah satu yang terbaik, mengingat peluang urusan ekonomi ini cukup menjanjikan dan saya lihat juga belum begitu banyak pesaing atau setidaknya kebutuhan akan artikel jauh lebih besar dibanding penyedia jasa penulisan artikel. Kaprikornus kesempatan untuk terjun ke dalam urusan ekonomi online ini masih terbuka lebar.

Jika Anda tertarik untuk terjun ke dalam urusan ekonomi ini, maka saya akan mencoba membuatkan tips untuk berguru bagaimana menjadi seorang penulis artikel yang produktif supaya bisa menelurkan karya goresan pena tiap hari. Tips menjadi penulis artikel yang ada di artikel sebagian besar ditulis dari pengalaman penulis yang kebetulan merupakan mantan penyedia jasa penulisan artikel.

1. Kuasai Sebagian Niche Populer


Menjadi penulis artikel maka itu artinya anda dituntut untuk menguasai topik artikel sesuai dengan yang dipesan oleh pelanggan. Atau dengan kata lain, Anda harus bisa menyajikan artikel berkualitas berdasarkan niche pesanan pelanggan.

Beberapa topik atau niche populer ibarat Bisnis, Kesehatan, Teknologi wajib hukumnya untuk Anda kuasai, alasannya yakni tema inilah yang lebih sering dipesan.

Meskipun tidak menutup kemungkinan ada niche lain ibarat Tutorial Blogging, Review Handphone namun itu semua sangat jarang sekali, jadi lebih baik fokus dengan seruan pasar terbesar atau dalam hal ini yakni niche bisnis, kesehatan dan teknologi.

2. Beri Kesan Yang Kuat di Awal Kalimat


Tugas seorang penulis sesungguhnya bukan hanya sebatas menulis sebuah kalimat saja, namun lebih dari itu ia juga harus membuat sebuah kalimat yang bisa untuk menarik minat orang supaya mau membaca tulisannya.

Pembukaan awal pada kalimat sama pentingnya dengan penentuan judul, jadi usahakan untuk menunjukkan kesan yang bisa "mencuri" perhatian pembaca supaya mereka mau untuk terus melanjutkan membaca hingga simpulan artikel.

Jika kalimat pembuka tidak menarik, maka jangan harap artikel Anda akan dibaca hingga tuntas. Untuk itulah penting sekali menunjukkan kesan yang berpengaruh di awal kalimat pada artikel yang Anda buat.

3. Jaga Orisinalitas Karya Tulisan


Dalam dunia urusan ekonomi jasa penulisan artikel, orisinalitas yakni sesuatu yang mutlak didapatkan oleh pembeli. Kaprikornus tidak hanya unik saja, namun juga harus orisinil dan yang terpenting bukan hasil translate apalagi hasil spin.

Mereka membayar untuk mendapatkan artikel yang original, berkualitas dan tentunya unik, jangan hingga hanya alasannya yakni ingin medapatkan banyak masukan, namun justru mengorbankan kualitas artikel, hal ibarat itu tidak akan membuat urusan ekonomi Anda bertahan lama.

Perlu diakui untuk mendapatkan artikel orisinil memang bukan pekerjaan yang mudah, jadi ada baiknya tidak perlu mendapatkan semua orderan yang masuk, cukup terima saja orderan yang sekiranya sesuai dengan kemampuan atau keahlian Anda.

4. Temukan Gaya Tulisan Anda Sendiri


Seorang penulis artikel pastilah memiliki gaya penulisan mereka sendiri atau istilahnya self writing style. Ada yang gaya penulisannya mengarah ke business style dengan menggunakan kata "Saya" & "Anda" namun tak sedikit pula yang menggunakan conversational style yang bisa dikenali dengan penggunaan kata "Aku" & "Kamu".

Apapun gaya penulisan yang dipilih tentunya harus diubahsuaikan dengan target pembaca, misalnya untuk artikel urusan ekonomi yang ibarat kita tau target pembaca yakni orang-orang kalangan urusan ekonomi yang notabennya berada dalam keadaan "serius" jadi artikel dengan gaya penulisan business style sangat cocok.

Sementara untuk artikel teknologi, yang notabennya dibaca oleh anak muda, penyampaian terbaik yakni menggunakan coversational style alasannya yakni bersifat lebih ringan dan tentunya membuat pembaca merasa nyaman alasannya yakni diperlakukan ibarat teman.

5. Tingkatkan Kemampuan Menulis Dengan Membaca


Membaca karya goresan pena dari penulis lain yakni salah satu cara meningkatkan kemampuan menulis Anda, alasannya yakni dari membaca itulah Anda akan berguru kosakata gres yang tentunya akan memperkaya kamus kosata yang Anda miliki.

Semakin banyak kosakata yang Anda kuasai, maka akan semakin meningkatkan kualitas karya goresan pena yang Anda buat. Selain itu, dengan banyaknya kosakata yang dikuasai, maka semakin mudah pula merangkai atau menyusun sebuah kalimat.

Jika ditanya daerah yang sempurna untuk berguru kosakata baru, maka saya sarankan untuk membaca artikel di kompasiana, alasannya yakni notabenya user disana yakni para penulis buku yang go online, jadi karya goresan pena yang ada disana, sebagian besar sangat berisi dan berkualitas.

6. Gunakan Media Sosial


Tak bisa dipungkiri besarnya pengguna sosial ketika ini merupakan pasar yang sangat potensial. Kaprikornus tidak ada salahnya memanfaatkan media umum ibarat Facebook ataupun Twitter untuk mempromosikan jasa Anda.

Namun perlu diketahui pula bahwa, ada aturan yang tak tertulis ketika kita hendak melaksanakan promosi di media sosial, ibarat misalnya jangan suka tag orang sembarangan, alasannya yakni itu hanya akan membuat citra Anda menjadi jelek.

Solusinya yakni menggunakan fitur fanpage yang di facebook atau bisa juga dengan menggunakan twitter, dengan cara membuat akun twitter baru... yang dikhususkan untuk berjualan jasa penulisan artikel.

Itulah beberapa berita yang bisa saya berikan kepada Anda yang ingin berguru menjadi penulis artikel profesional atau setidaknya bisa mendapatkan banyak uang dari urusan ekonomi penulisan artikel, alasannya yakni jujur saja sebelumnya saya juga merupakan seorang penulis artikel lepas.

Oke, intinya menjadi penulis artikel itu harus tetap produktif, alasannya yakni tentunya pengalaman yakni guru terbaik, itu saja dari saya semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Belajar Cara Menjadi Penulis Artikel Yang Produktif"