Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Blue Screen Laptop Windows Berdasarkan Penyebabnya

Blue Screen Windows 8Blue Screen Windows 7Blue Screen Windows XP
Blue Screen Windows 8Blue Screen Windows 7Blue Screen Windows XP

BSOD (Blue Screen Of Death) atau singkatnya disebut blue screen yaitu pesan error berwarna biru yang ditampilkan oleh windows jikalau laptop mengalami kerusakaan tertentu baik dari segi software maupun hardware. Untuk para pengguna laptop dengan sistem operasi windows, tentu sudah tidak absurd lagi dengan istilah blue screen, bukan ? blue screen sendiri mampu dibilang sebagai satu problem yang paling sering dialami oleh para pengguna laptop windows.

Jika, Anda salah satu 'korban' blue screen, tidak perlu khawatir, karena di artikel ini Anda akan menerima solusinya. Namun, sebelum kita masuk pada pembahasan cara mengtasi blue screen ada baiknya kita pelajari dulu apa saja penyebab blue screen pada laptop beserta pesan error yang muncul.

Penyebab Blue Screen


Sejauh yang aku tahu, setidaknya ada 7 penyebab blue screen pada laptop windows, dan kabar buruknya kejadian blue screen ini lebih sering dialami oleh pengguna OS Windows XP, tetapi tidak menutup kemungkinan problem ini juga dialami oleh pengguna Windows 7 atau 8. Beberapa penyebab blue screen diantaranya yaitu :

  • PEN_LIST_CORRUPT

    Jika menerima pesan error blue screen yang bertuliskan PEN_LIST_CORRUPT, itu artinya terjadi kerusakaan pada RAM laptop Anda.

    Solusi : Beli RAM baru, alternatif lain silahkan coba Cara Memperbaiki Ram.

  • DATA_BUS_ERROR

    Terjadi kerusakan pada motherboard, selain itu pesan error ini juga mampu muncul karena disebabkan kerusakan harddisk, jadi silahkan cek hardware Anda.

    Solusi : Beli Motherboard / Harddisk baru.

  • UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP

    Blue screen dengan pesan error diatas menerangkan bahwa terjadi kerusakan serius di adegan prosesor, salah satu penyebabnya yaitu karena overheat (kepanasan).

    Solusi : Ganti hardware jikalau terjadi kerusakan atau coba diamkan laptop beberapa hari.

  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

    Pesan error diatas sering muncul untuk pengguna laptop gres lantaran salah menginstall driver ketika melaksanakan instal ulang dengan kata lain terjadi ketidak cocokan driver dan sistem operasi.

    Solusi : Gunakan driver dari situs resmi yang disediakan oleh produsen laptop Anda.

  • INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

    Salah satu pesan error blue screen yang paling sering dialami pengguna windows yaitu INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE yang diakibatkan oleh kesalah konfigurasi jumper hardisk, namun mampu juga disebabkan oleh virus boot.

    Solusi : Ganti hardware atau install ulang.

Jika boleh jujur bergotong-royong masih banyak penyebab blue screen, salah satu contohnya yaitu karena suhu yang terlalu panas dan menjadikan komponen dalam laptop tidak bekerja sebagaimana mestinya, cara mengatasi blue screen dengan problem tersebut tentunya dengan mengistirahatkan laptop / komputer.

Mengatasi Blue Screen


Ada satu cara paling praktis yang mampu Anda coba untuk mengatasi problem layar blue screen yaitu dengan melaksanakan recovery pada sistem operasi. Fungsi dari recovery ini yaitu untuk me-restore / mengembalikan windows ke keaadaan normal (sebelum terjadi error blue screen). Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi blue screen dengan cara recovery windows.

  1. Masuk ke Safe Mode

    Cara Mengatasi Blue Screen 1

    Untuk pengguna windows xp / windows 7 caranya yaitu dengan menekan tombol F8 secara berulang ketika booting. Sementara untuk pengguna Windows 8 mampu dengan cara masuk ke system configuration (tekan win + r > ketik msconfig > centang safe boot > restart).

  2. Masuk ke Control Panel

    Cara Mengatasi Blue Screen 2

    Dalam keadaan safe mode, silahkan Anda buka Control Panel > System & Security > Action Center > Recovery > Open System Restore.

  3. Klik Next Hingga Selesai

    Cara Mengatasi Blue Screen 3

    Setelah mengklik Open System Restore, selanjutnya silahkan Anda klik next, next dan next, lalu tunggu hingga proses recovery tamat mengembalikan laptop Anda dalam keadaan semula sebelum terjadi blue screen.

Selesai hanya itu saja cara mengatasi blue screen, namun jikalau masih belum berhasil bebas dari blue screen, saran aku silahkan Anda catat pesan error yang muncul pada ketika terjadi blue screen, lalu cari gosip wacana pesan error tersebut pada situs yang kredibel.

Mencegah Blue Screen


Pepatah mengatakan 'mencegah lebih baik daripada mengatasi' , atas dasar itulah selain menunjukkan gosip cara mengatasi blue screen, disini aku juga ingin menyebarkan tips bagaimana cara mencegah blue screen pada laptop.

  • Hindari Overclock

    Biang keladi terjadinya blue screen yang paling sering terjadi yaitu dikarenakan overclock yang berlebihan, hal ini terang berdampak buruk pada komponen laptop, karena membuat hardware bekerja lebih extra dari biasanya, sehingga menjadikan suhu di dalam laptop meningkat drastis.

  • Pasang Antivirus

    Selain overclock, penyebab blue screen paling banyak yaitu dikarenakan jerawat dari virus. Virus yang dimaksud disini yaitu virus boot sector yang menyerang root pada komputer. Cara mengatasi jenis virus ini salah satunya yaitu dengan memasang antivirus.

  • Install Driver Yang Benar

    Menginstall driver yang salah juga merupakan salah satu penyebab terjadinya blue screen, untuk itu sebelum mendownload dan menginstall driver pastikan driver tersebut cocok / benar.

Mengganti komponen (hardware) yang sudah berusia renta juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah biar tidak terjadi blue screen pada komputer / laptop windows, karena menyerupai yang aku katakan diatas bahwa salah satu penyebab bluescreen yaitu karena adanya abnormalitas pada hardware.

Lengkap sudah pembahasan wacana Blue Screen pada artikel kita kali ini, dari mulai cara mengatasi blues screen, penyebab blue screen hingga cara mencegah bluescreen sudah aku informasikan kepada, dan itu artinya tamat sudah peran saya. Saya ucapkan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Blue Screen Laptop Windows Berdasarkan Penyebabnya"