Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips dan Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google

Tips dan Trik Pencarian Efektif di Google

Sampai dikala ini diperkirakan ada lebih dari satu juta triliun isu yang terdapat di internet. Untuk mencari isu sesuai yang diinginkan, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan perlindungan mesin pencari (search engines) menyerupai Google. Meskipun faktanya terdapat banyak sekali mesin pencari selain Google menyerupai misalnya Bing, Yandex atau Baidu, namun tetap saja Google yang menjadi primadona, alasannya yaitu dianggap bisa menawarkan hasil pencarian yang lebih akurat.

Selain hasil pencarian yang akurat, Google juga memiliki kelebihan lain, yaitu adanya fitur Search Operator. Sesuai namanya fitur Search Operator ini befungsi untuk membantu para pengguna menerima hasil pencarian akurat dengan cara menambahkan operator (perintah) dalam bentuk syntax.

Tips & Trik Pencarian dengan Google


Melalui artikel inilah saya akan mencoba membuatkan tips dan trik dalam melaksanakan pencarian yang efektif menggunakan search operator untuk menerima hasil pencarian yang relevan dengan keywords / kata kunci yang kita ketikan.

1. Around

Around akan membantu kita untuk mencari kata yang berada di bab tengah suatu kalimat. Sebagai contoh, saya ingin mencari kata yang terdapat di lirik lagu bintang kecil.


SyntaxContoh
"query1" around(n) "query2""bintang kecil" around(3) "biru"

Dari pola diatas, Google akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan situs yang mempunyai format atau pola kalimat sebagai berikut "bintang kecil (kata1) (kata2) (kata3) biru".



2. Quotation

Jika Anda ingin mencari isu mengenai suatu kalimat, maka Anda perlu mengunakan search operator quotation, biar hasil pencarian sesuai yang Anda inginkan.

SyntaxContoh
"query""presiden ri pertama adalah"

Pada pola diatas, Google hanya akan menampilakn hasil pencarian terhadap situs yang di dalam artikelnya mengandung kalimat diatas (urut).



3. Site

Fitur Search Operator Site berfungsi untuk memfokuskan hasil pencarian Google pada satu situs. Hal ini sangat bermanfaat untuk digunakan pada situs yang tidak dilengkapi dengan fitur search / pencarian.

SyntaxContoh
"site:url""site:berguruseo.blogspot.com"

Seluruh artikel dan juga halaman static pada blog berguruseo akan ditampilkan pada hasil pencarian Google.



4. Hyphen

Hyphen atau tanda penghubung memiliki fungsi untuk mengecualikan sebuah kata, biar situs yang mengandung kata tersebut tidak ditampilkan pada hasil pencarian.

SyntaxContoh
"-query""jakarta -banjir"

Untuk mencari isu perihal kota jakarta namun Anda tidak ingin mencari isu yang berkaitan dengan banjir di jakarta, maka gunakan hyphen pada kata banjir.



5. Filetype

Filetype merupakan search operator yang bisa kita gunakan untuk mencari jenis / format / extension file di Google. Beberapa pola format yang bisa Anda gunakan yaitu “.pdf”, “.docx”, “.ppt” atau “.xls”.

SyntaxContoh
"filetype:format""dasar seo filetype:pdf"

Salah satu cara paling mudah untuk menerima ebook gratis perihal SEO atau perihal apa saja yaitu dengan menambahkan filetype:pdf di selesai pencarian ebook yang ingin Anda download.



6. Allintile

Allintile akan membantu kita untuk menerima hasil pencarian yang lebih relevan. Karena hanya situs dengan judul artikel yang mengandung kata kunci (query) lah yang akan ditampilkan.

SyntaxContoh
"allintile:query1 query2 query 3""allintile:panduan memulai bisnis"

Pada pola diatas hanya situs yang memiliki artikel dengan judul "panduan memulai bisnis" yang akan ditampilkan di hasil pencarian.

Cara Menggabungkan Search Operator Google


Trik untuk melaksanakan pencarian yang efektif selanjutnya yaitu menggabungkan banyak sekali search operator yang terdapat pada Google. Kaprikornus utnuk menerima hasil pencarian yang lebih akurat kita bisa menggabungkan 2 atau lebih search operator sekaligus dalam 1 pencarian.

Contoh
site:google.com filetype:pdf allintile:belajar urusan ekonomi -online

Syntax diatas akan menampilkan hasil pencarian pada situs Google yang berkaitan dengan urusan ekonomi offline alasannya yaitu kita mengecualikan kata online dan hanya halaman yang berisi pdf saja yang ditampilkan di hasil pencarian.

Saya rasa itu dulu tips dan trik biar efektif dalam melaksanakan pencarian google yang saya ketahui, selebihnya jikalau ada

Posting Komentar untuk "6 Tips dan Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google"