Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Panduan Belajar SEO Gratis (eBook PDF)

Download Buku Panduan Belajar SEO Gratis (eBook PDF)

Ebook SEO Otodidak ialah buku panduan berguru SEO gratis dari dasar khusus untuk blogger pemula, merupakan ebook pertama karya Berguru SEO, sengaja dibagikan secara gratis sebagai hadiah dari awal tahun gres dari blog Berguru SEO.

Judul:SEO OtodidakFormat:PDF & DOCX
Penulis:Berguru SEOHarga:Rp. 0 (gratis)
Halaman:5 LembarMateri:SEO On-Page
SEO Off-Page

Link Unduh eBook Panduan Belajar SEO Otodidak sudah saya berikan di simpulan artikel, silahkan scroll kebawah untuk mendownloadnya dalam dua versi (ebook pdf dan ebook docx). Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mendownload, berikut uraian lengkap isi apa yang ada di dalam eBook SEO Otodidak.

Disclaimer Ebook SEO Otodidak

Seluruh isi dari E-Book ini bebas digunakan dan diedit oleh siapa saja.

Apa yang saya tulis disini mungkin akan mengakibatkan kontroversi, dengan kata lain, sebagian mungkin akan baiklah dan sebagian lainnya mungkin tidak setuju, dan itu saya anggap wajar, sebab pada dasarnya SEO bukanlah ilmu pasti.

Perlu dicatat juga bahwa ini bukan info ihwal SEO resmi yang dikeluarkan oleh Google.

SEO On-Page Template

1.1 Kecepatan Situs


Kecepatan Situs atau Site Uptime bahwasanya tidak besar lengan berkuasa secara eksklusif terhadap ranking, melainkan lebih kepada kecepatan pengindexan. Artinya semakin cepat load time dari situs tersebut, maka proses crawling yang dilakukan oleh robot Google dan SE lain juga akan semakin cepat.

Untuk pengguna blogger, cara paling praktis untuk mempercepat blog ialah dengan menghapus CSS Reset dan JavaScript Default Blogger.

  • Hapus CSS Reset Blogger : Cari isyarat <b:skin><![CDATA[ ubah dengan &lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt;&lt;!-- /* <b:skin><![CDATA[
  • Hapus JavaScript Blogger : Cari </body> ubah dengan isyarat berikut ini &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

Terlihat sederhana, namun sangat berdampak luar biasa untuk mempercepat load time situs blog blogger kita.

1.2 Title Tag


Jika ketika ini Anda masih menggunakan template default yang disediakan oleh Blogger, maka ada sedikit perubahan yang harus Anda lakukan pada episode title tag, caranya :

  • Masuk ke edit html template
  • Cari isyarat ’<title><data:blog.pageTitle/></title>
  • Lalu ubah dengan ’<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><title><data:blog.title/></title></b:if><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title></b:if>
  • Simpan template

Jika Anda tidak mau repot mengedit isyarat di dalam template, maka alternatif lain ialah dengan mendownload template yang sudah SEO Friendly. Kabar baiknya, ada banyak template SEO Friendly yang dibagikan gratis, ibarat misalnya : Thesis SEO, Bromagz, Ston SEO dan masih banyak lagi lainnya.

1.3 Meta Tag


Sama ibarat Site Uptime, Meta Tag tidak berdampak eksklusif pada ranking blog di SERP, bahkan telah dikonfirmasi oleh Google bahwa Meta Tag tidak termasuk dalam Ranking Factor.
(baca : )

’Google doesn't use the "keywords" meta tag in our web search ranking’

Namun saya tetap menganggap Meta Tag, khususnya Meta Description penting untuk SEO (meskipun tidak secara langsung) sebab hal ini berkaitan dengan snippet yang akan muncul di hasil pencarian Google. Makara usahakan untuk mengisi Meta Description di setiap artikel yang Anda buat, dan pastikan tidak lebih dari 160 karakter.

1.4 Breadcrumb


Tidak ada pernyataan resmi yang mengatakan Breadcrumb termasuk dalam search / ranking factor, tapi yang terang Breadcrumb sangat membantu pengunjung untuk menjelajahi blog Anda.

Hal tersebut tentu akan berdampak pada Bounce Rate yang dipastikan akan mengecil (rendah). Jika Bounce Rate rendah, maka Google akan menganggap situs tersebut sebagai situs yang menunjukkan manfaatkan kepada pengunjung, itu artinya situs Anda telah mendapat nilai +1 di mata Google.

SEO On-Page Artikel

2.1 Multimedia


Baik gambar maupun video akan menunjukkan sinyal positif kepada search engine. Untuk itulah cobalah menyisipkan setidaknya 1 gambar ke dalam setiap artikel, dan jangan lupa tambahkan alt dan title supaya robot Google mampu mengcrawl gambar tersebut.

2.2 Keyword Density


’Berapa sih Idealnya Keyword Density itu ?’ pertanyaan yang jamak ditanyakan khususnya untuk Pemula SEO ibarat saya.

Jujur saja saya sendiri tidak begitu paham berapa idealnya sebuah Keyword Density (KD) dalam suatu artikel, sebab jikalau nonton video Matt Cutt sekalipun ihwal KD, tetap tidak ada balasan pasti. Tapi yang terang saya berusaha menjaga di kisaran 3 – 5% sebab jikalau melihat beberapa artikel page one, rata-rata memiliki KD dengan kisaran 3% hingga 5%. Namun, ini bukan patokan resmi dari Google, jadi jangan terlalu fokus dengan angka tersebut, sebab ini hanya prediksi saja.

2.3 Heading Tag


Sudah menjadi belakang layar umum bahwa heading tag mempunyai peranan penting dalam hal SEO On-Page sebab konon katanya, Google menentukan inti / isi dari sebuah artikel dari Heading Tag yang digunakan.

Heading Tag

2.4 Internal Link


Internal Link atau sering juga disebut InterLink merupakan salah satu teknik menghubungkan antar artikel yang mempunyai topik sama dengan menggunakan anchor text.

Apa itu Anchor Text ? Bagaiamana cara membuatnya ? gambar dibawah ini saya rasa sudah mewakili kedua balasan diatas.

Anchor Text



Ini merupakan eBook Panduan Belajar SEO Gratis part 1 dari Berguru SEO, yang fokus membahas ihwal SEO On-Page, dan di eBook selanjutnya, eBook SEO part 2 akan lebih fokus pada pembahasan ihwal SEO Off-Page, materi ihwal SEO part 2 mampu Anda baca melalui Daftar Isi yang ada di dalam eBook.

280 KB323 KB

Dengan adanya eBook Panduan SEO Otodidak saya harapkan, teman-teman khususnya untuk blogger pemula tak lagi pusing dengan apa yang dinamakan SEO, dan sengaja eBook ini saya tulis sederhana supaya mudah dipahami dan dipelajari, meskipun oleh para pemula dalam dunia SEO.

Posting Komentar untuk "Download Buku Panduan Belajar SEO Gratis (eBook PDF)"