Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Meningkatkan Kecepatan Index Blog di Google

Cara Mempercepat Index Artikel Blog di Google

Kecepatan pengindexan tiap blog tentu berbeda, artinya ada blog yang cepat terindex di Google dan tak sedikit pula yang membutuhkan waktu berhari-hari gres terindex. Masalah pengindexan yang lama biasanya dialami oleh blog-blog baru. Namun, bukan berarti semua blog renta memiliki kecepatan index yang cepat, itu semua belum tentu, alasannya selain usia domain blog masih banyak faktor lain yang mensugesti kecepatan index suatu blog.

Nah, di artikel ini saya ingin mencoba mengembangkan informasi mengenai apa saja faktor yang mensugesti lama dan cepatnya pengindex.an artikel blog dan sekaligus akan saya berikan 7 cara mempercepat index blog di Google. Apa saja tips untuk mempercepat pendindex.an blog ? berikut ulasannya.

1. Umur Domain


Cara Meningkatkan Kecepatan Index Blog di Google dengan Umur Domain

Semakin renta usia blog, maka semakin cepat pula proses pendindex.an, hal ini dikarenakan blog yang sudah renta atau yang sudah lama dibuat, rata-rata memiliki nilai authority yang tinggi di mata Google, dari sinilah Google akan menunjukkan nilai lebih kepada blog tersebut, salah satu tambah yang diberikan selain mudah bersaing di SERP juga akan lebih cepat terindeks.

Itulah mengapa banyak orang yang berburu blog 'zombie' atau blog yang telah 'mati' untuk dihidupkan kembali, alasannya bila dilihat dari segi manfaat memang ada banyak sekali, jadi bukan hanya mempermudah kita bersaing di SERP alasannya terdapat banyak backlink, lebih dari itu, blog zombie juga memiliki kecepatan index yang cepat, alasannya point authority-nya yang tinggi berkat backlink yang masih melekat.

Namun, tidak menutup kemungkinan blog yang gres beberapa bulan dibuat mampu mempunyai kecepatan index yang jauh lebih cepat dibanding blog-blog tua, dengan catatan blog gres tersebut memiliki lebih banyak backlink, baik dari blog lain maupun dari social media (social signal).

2. Keunikkan Artikel


Cara Meningkatkan Kecepatan Index Blog di Google dengan Artikel Unik

Artikel yang tidak unik atau dalam hal ini ialah artikel copas, bukan hanya akan sulit terindeks google, tetapi juga akan membuat blog Anda terkena laporan DMCA yang ujung-ujungnya berakhir pada abolisi paksa oleh Google. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan ? Jika terpaksa ingin copy paste artikel dari blog lain, usahakan untuk me-rewrite isi artikelnya atau paling tidak ganti kata pembuka dan penutup.

Selain isi artikel yang unik, cara lain untuk mempercepat index blog ialah dengan membuat Meta Description yang unik pula. Apa itu meta description dan bagaimana cara membuatnya ? Meta Description ialah deskripsi singkat pada artikel blog yang akan ditampilkan di hasil pencarian, alasannya bersifat deskripsi singkat, maka ada batasan abjad dalam penulisan meta description yaitu hanya sebanyak 160 karakter, bila lebih dari itu deskripsi artikel (snippet) akan terpotong.

Untuk pengguna blogger / blogspot, cara menambahkan meta description saya rasa bukan masalah yang susah, alasannya sudah terdapat kolom pengisian meta description yang terletak dibagian kanan text editor, dengan catatan Anda sudah mengaktifkan fitur 'Tag Meta' yang terdapat pada menu Setelah > Preferensi Penulusuran.

3. Internal Link


Cara Meningkatkan Kecepatan Index Blog di Google dengan Internal Link

Internal Link atau biasa juga disebut dengan interlink, merupakan cara terbaik untuk mempercepat proses pengindex.an artikel. Saya katakan terbaik alasannya fungsinya yang mampu untuk mempercepat proses index pada artikel itu sendiri dan artikel lain, selain itu juga akan menunjukkan backlink berkualitas (relevant backlink) yang akan meningkatkan posisi / ranking blog di Google.

Interlink yang baik ialah yang dibungkus menggunakan anchor text, jadi bukan naked link atau link asli berbentuk url dan usahakan dalam mengaplikasikan anchor text pergunakan title tag untuk menunjukkan deskripsi link tersebut.

Sebagai referensi Anda akan menunjukkan link ke artikel lain yang berjudul 'Cara Menjahit Pakaian dengan Mudah dan Cepat'

Maka pergunakan anchor text ibarat ini :

Di artikel ini saya akan mengembangkan pengalaman ihwal <a href="url" title="cara menjahit pakaian dengan mudah dan cepat">cara menjahit pakaian</a> yang telah saya pelajari bertahun-tahun

Intinya fungsi title disini untuk menjelaskan secara rinci maksud dari anchor text, hal ini akan sangat berkhasiat bukan hanya untuk mempercepat index artikel namun juga akan meningkatkan SEO On-Page pada kedua artikel tersebut.

4. Loading Blog


Cara Meningkatkan Kecepatan Index Blog di Google dengan Loading Blog Ringan

Cara ampuh lainnya untuk mempercepat proses index posting blog ialah dengan meringankan ukuran blog itu sendiri untuk mempercepat loading blog, alasannya ada dasarnya loading blog berbanding lurus dengan lama pendindexan, artinnya semakin berat ukuran blog maka akan semakin lama pula proses pengindex.an tersebut.

Namun, perlu dicatat bahwa loading blog ini tidak secara eksklusif berdampak pada SEO, alasannya hanya besar lengan berkuasa pada lama cepatnya proses pengindex.an artikel.

Ada banyak hal yang mensugesti kecepat load suatu situs blog, diantaranya ialah :

  • Media ibarat Foto dan Video
  • JavaScript

Lebih jelasnya ihwal bagaimana cara meringankan blog mampu Anda baca di artikel berikut ini 5 Cara Meringankan Loading Blog.

5. Blogwalking


Cara Meningkatkan Kecepatan Index Blog di Google dengan BlogWalking

Blogwalking ialah aktifitas silaturahmi yang dilakukan antar blogger, jadi dalam melaksanakan blogwalking kita akan mengunjungi blog lain untuk menunjukkan komentar yang relevan dengan isi artikel, sekaligus untuk menerima backlink dari blog yang kita komentari tersebut.

Akan ada 3 manfaat yang akan didapat bila kita melaksanakan blogwalking :

  • Mendapatkan backlink
  • Menambah pengunjung
  • Mempercepat index blog

Ketiga manfaat tersebut bekerjsama saling berkaitan, dimana bila kita menerima backlink > maka ranking artikel akan naik, begitu pula dengan jumlah pengunjung > hal ini akan membuat proses pengindexan menjadi lebih cepat.

6. Ping


Cara Meningkatkan Kecepatan Index Blog di Google dengan Ping

Ping merupakan proses memanggil search engine (google, bing, dll) untuk memberitahukan bahwa ada artikel gres yang perlu segera diindeks. Kasarnya, Ping ialah aktifitas 'memaksa' bot search engine untuk mengindex url yang di submit. Saya katakan memaksa alasannya pada kenyataanya NgePing secara eksklusif menyuruh bot untuk mengindex url yang bekerjsama belum gilirannya untuk diindex.

Itulah salah satu alasan kenapa banyak para praktisi SEO senior yang menyarankan untuk terlalu sering melaksanakan ping blog, alasannya nanti jatuhnya bukan mempercepat index blog, malahan justru akan membuat blog kita dicap sebagai blog spam.

Jika Anda yang ingin mepercepat index dengan cara ping artikel, saran saya cukup gunakan akomodasi ping sekali saja dalam sehari atau lebih amannya 1 ahad 1 kali (tergantung intensitas update). Selain itu pilihlah situs ping yang berkualitas, silahkan baca Daftar Situs Ping Otomatis.

7. Google Add New Site


Cara Meningkatkan Kecepatan Index Blog di Google dengan Submit URL

Google add new site atau sering juga disebut dengan Google submit url ialah tool yang disediakan khusus oleh Google untuk para webmaster untuk memberitahukan bot Google semoga mengindeks url artikel yang kita submit. Bisa dibilang Google Add New Site ini ialah Tool Ping resmi dari Google.

Cara kerja situs pinger bekerjsama sangat sederhana :

Submit url artikel > Bot mengunjungi dan mengindeks artikel tersebut > Artikel muncul di Google

Cara ini sering sekali saya gunakan untuk mempercepat index pada artikel yang sedang ngetrend (yang sedang booming) atau artikel yang membutuhkan pengindex.an segera. Dan cara ini terbukti sangat ampuh alasannya dikala kita men-submit url, maka dikala itu pula artikel kita akan muncul di Google, tidak percaya ? silahkan Anda coba sendiri dengan submit url artikel di https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url.



Baca juga Tutorial seputar Blogging lainnya :

  • Cara Meningkatkan Semangat Ngeblog
    Ketahui penyebab apa saja yang membuat semangat ngeblog Anda turun, dan pelajari juga bagaimana cara meningkatkannya.

  • Cara Meningkatkan Popularitas Blog
    Sebagai blogger pemula tentu akan merasa resah bagaimana meningkatkan popularitas blog, ikuti checklist di artikel ini untuk membantu Anda meningkatkan popularitas blog.

  • Cara Meningkatkan Alexa Rank Blog
    Di artikel saya menjelaskan 7 cara meningkatkan alexa rank blog, sampai menjadi ramping (ratusan ribu) dalam waktu 3 bulan.

  • Cara Meningkatkan Traffic Blog
    Jika Anda sudah lama ngeblog namun belum juga menerima traffic yang banyak, maka ada yang salah dengan cara ngeblog Anda, pelajari cara meningkatkan traffic blog melalui artikel ini.

  • Cara Meningkatkan Pengunjung Blog
    Artikel kedua ihwal cara meningkatkan pengunjung blog, di artikel ini saya bocorkan 7 trik yang saya gunakan untuk menerima ribuan pengunjung.

  • Cara Meningkatkan SEO Blog
    Dengan menggunakan teknik seo yang sempurna pada blog Anda, maka baik pengunjung, alexa maupun popularitas blog akan naik.

Selengkapnya ihwal Tips Blogging mampu Anda lihat disini Blogger Tips dan SEO Tips.



Kesimpulan


Dari seluruh cara meningkatkan kecepatan index blog diatas, saya rasa tips yang terakhir (google submit url) merupakan cara mempercepat index blog di Google yang sangat ampuh, alasannya memang tool tersebut buatan Google sendiri, jadi wajar dan tak heran bila tool Submit URL tersebut sangat amat ampuh untuk mempercepat proses pendindexan artikel blog semoga muncul di Google, bahkan hanya dalam hitungan detik saja sudah terindex.

Jika seluruh artikel diatas disimpulkan, maka cara mempercepat index blog ialah dengan menggunakan domain renta > memilih template blog yang ringan > membuat artikel unik > mencari backlink > melaksanakan ping > menambahkan url artikel di google submit url.

Itu saja dari saya, selamat mencoba dan semoga artikel Anda mampu jauh lebih cepat muncul di Google.

Posting Komentar untuk "7 Cara Meningkatkan Kecepatan Index Blog di Google"