Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Cara Memulai Bisnis Dropship Jual Baju Online Gratis

Cara Memulai Bisnis Dropship Jual Baju Online

Dropship baju online merupakan istilah yang paling sempurna untuk menggambarkan keseluruhan dari artikel ini. Karena pada dasarnya dengan menjadi dropshipper maka kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli produk atau dalam hal ini yaitu baju, alasannya yaitu semua sudah diatur oleh supplier, jadi peran kita sebagai seorang dropshipper hanya perlu memikirkan bagaimana cara menjual baju tersebut di internet, dengan sistem menyerupai itu maka kita bisa memulai bisnis jual baju online secara gratis tanpa modal.

Masalahnya, masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara menjalankan urusan ekonomi dropship baju ini, alasannya beragam, ada yang masih galau cara mencari supplier bahkan tak sedikit yang tidak mengerti bagaimana cara memasarkan baju yang akan mereka jual.

Nah, melalui artikel ini saya berniat untuk menyebarkan pengalaman dalam memulai urusan ekonomi dropship, khususnya yang berkaitan dengan cara menjual barang secara online.

Jika ingin terjun ke dalam urusan ekonomi dropship, tentu Anda harus berguru mengenal istilah-istilah yang sering digunakan di dalam dunia dropship / jual beli online, sebagai pola beberapa kata berikut ini :

  • Supplier yaitu orang yang menyediakan barang
  • Landing Page yaitu halaman web yang dibuat untuk menyakinkan buyer
  • Estimate Day yaitu perkiraan hari (waktu) barang pesanan hingga ke pembeli
  • Resi yaitu nomor bukti pengiriman barang
  • Price List yaitu daftar harga jasa pengiriman barang ke daerah tujuan

Kelima istilah diataslah yang harus kita pelajari jikalau ingin sukses dalam menjalankan urusan ekonomi jual baju online. Selanjutnya, kita akan masuk pada tahapan dalam memulai urusan ekonomi dropship baju.

1. Pilih produk yang tepat


Dalam memulai binis dropship baju, melaksanakan riset merupakan hal mutlak yang harus dilakukan sebelum menentukan produk apa yang ingin Anda jual.

Ada banyak tool gratisan yang bisa digunakan, untuk membantu Anda dalam melaksanakan riset produk. Namun, dari sekian banyak tool yang ada, pilihan saya jatuh pada 2 tool online buatan Google.


Google Keyword Planner sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari isu secara detail mengenai suatu produk, mulai dari jumlah pencarian perbulan hingga saran produk lain yang berkaitan dengan produk utama, sebagai pola Anda ingin melaksanakan riset produk 'baju muslim', maka secara otomatis Google Keyword Planner akan menampilkan data lengkap ihwal kata kunci 'baju muslim' beserta kata kunci turunannya menyerupai 'baju muslim gamis' / 'baju muslim glamour' dll.

Sementara untuk Google Trend merupakan tool untuk menampilkan hasil mengenai animo / kepopuleran dari tahun ke tahun. Contoh jikalau Anda memasukkan kata kunci 'baju muslim' maka akan muncul tingkat kepopuleran dari kata kunci 'baju muslim' dari tahun 2003 hingga tahun 2015 (sekarang), dari situs kita bisa mengamati apakah produk yang berkaitan dengan baju muslim mengalami peningkatan atau justru penurununan.

2. Mencari supplier yang tepat


'supplier yang sempurna itu yang menyerupai apa ?' tentunuya mereka yang menunjukkan harga termurah (dengan kualitas sama) dan yang tak kalah penting yaitu supplier bisa dikatakan 'baik' jikalau mereka sudah lama menjadi supplier. Karena nantinya kita bisa melihat trackrecord dari si supplier apakah memiliki trackrecord yang cantik atau buruk, dan dari situlah bisa kita jadikan sebagai indikator apakah supplier tersebut sempurna atau tidak.

Salah satu metoda untuk mencari supplier baju, salah satunya yaitu dengan cara Googling atau mencari supplier baju di Google. Untuk detailnya cara mencarinya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka Google.com / Google.co.id
  2. Ketikkan 'supplier baju' / 'reseller baju' / 'dropship baju'
  3. Buka satu per satu situs di halaman satu

Dengan begitu kita akan menerima berbagai daftar calon supplier, nantinya tinggal diseleksi mana yang supplier yanng terbaik. Selain menggunakan Google, kita juga bisa memanfaatkan media umum / forum online untuk mencari supplier.

3. Kenali jenis baju yang akan dijual


Dalam urusan ekonomi dropship baju, kita tentu tidak bisa secara eksklusif mengecek kualitas dari baju yang akan kita jual, alasannya yaitu baju eksklusif dikirim ke konsumen tanpa mampir ke rumah kita terlebih dahulu. Solusi untuk mengatasi duduk perkara ini yaitu dengan menanyakan kualitas atau lebih tepatnya jenis baju tersebut ke supplier. Sekedar isu saja bahwa ada 3 jenis baju yang beredar di pasaran.

  • Merk 3D : harga Murah, kualitas Buruk
  • Merk FJ : harga Sedang, kualitas Biasa
  • Merk Q95 : harga Mahal, kualitas Bagus

Pilihlah mana jenis baju sesuai dengan pasar yang ditargetkan, sebagai pola jikalau pasar Anda yaitu mahasiswa maka saran saya cukup pilih merk 3D saja, alasannya yaitu notabenya para mahasiswa hanya peduli dengan desain baju yang mereka beli, ketimbang kualitasnya, hal ini berbanding terbalik, jikalau pasar kita yaitu pegawai kantoran (bapak-bapak / ibu-ibu) yang pastinya lebih mementingkan kualitas, jadi merk Q95 lah yang paling cocok untuk kalangan ini.

4. Pelajari cara marketing


Secara garis besar, dalam marketing ada tiga hal penting yang harus kita perhatikan, yang pertama yaitu pemilihan daerah marketing, yang kedua yaitu teknik marketing dan yang ketiga yaitu pelayanan.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Media Sosial menyerupai Facebook dan Twitter, merupakan daerah untuk melaksanakan marketing atau lebih tepatnya media marketing yang paling tepat, selain alasannya yaitu banyaknya jumlah pengguna, rata-rata para pengguna media umum Facebook khususnya, sudah sangat familiar dengan jual beli online.

Untuk teknik marketing, menurut saya yang paling ampuh yaitu dengan cara melaksanakan pendekatan kepada calon konsumen, ada cara yang bisa Anda gunakan untuk lebih mendekatkan diri kepada calon konsumen, salah satu contohnya yaitu dengan mencari feedback dari konsumen tersebut, mendengarkan apa yang mereka mau.

Satu lagi yang harus dipertaikan dalam urusan ekonomi jual baju online atau urusan ekonomi apapun itu yaitu pelayanan yang maksimal, misalnya menyerupai respon yang cepat (jangan buat calon pelanggan menunggu, jiak tidak ingin pelanggan tersebut kabur), menyampaikan garansi (tidak ada pembeli yang ingin membeli barang rusak), jujur dan menjelaskan detail produk apa adanya. Dengan begitu kita akan menerima loyalitas dari konsumen.

5. Pilih layanan ekspedisi


Layanan ekspedisi maksudnya yaitu layanan pengiriman barang yang akan kita gunakan untuk mengirim barang pesanan pelanggan.

Dalam memilih layanan ekspedisi juga jangan asal murah, ada beberapa faktor lain yang harus diperhatikan, menyerupai :

  • Usahakan memiliki layanan tracking online
  • Memiliki cabang paling bersahabat dengan posisi konsumen
  • Pilih ETD (Estimates Days) paling cepat

Sekedar tips jual baju online untuk Anda yang menggunakan layanan ekspedisi biar tidak membuat pelanggan kecewa yaitu dengan meningkatkan ETD yang diberikan oleh jasa layanan ekspedisi. Misal layanan ekspedisi menyampaikan jani 2 hari sampai, maka sebaiknya Anda katakan ke konsumen bahwa barang akan tiba 3 hari lagi, hal ini untuk mengantisipasi jikalau sewaktu-waktu layanan ekspedisi yang kita gunakan mengalami masalah. Kalaupun tidak ada duduk perkara dan barang hingga sesuai jani (2 hari), hal ini tentu menjadi keuntungan sendiri untuk kita alasannya yaitu pelanggan pastinya akan merasa senang, alasannya yaitu barang hingga lebih cepat dari yang dijanjikan.

Kelima cara urusan ekonomi jual baju online diatas, jikalau Anda terapkan dengan baik, maka kemungkinkan untuk menerima penjualan setiap hari juga akan terbuka lebar, alasannya yaitu dari awal memulai urusan ekonomi dropship baju kita telah melaksanakan riset dan menggunakan teknik marketing yang tepat.

Namun, jikalau dirasa kelima cara tersebut dirasa belum cukup sebagai cara efektif meningkatkan penjualan baju online Anda, berikut saya berikan tips singkat jualanan baju online biar bisa sukses.

  • Bagikan Testimonial

    Jangan hanya mempromosikan baju saja, tapi sesekali bagikan foto / screenshot yang berisi testimonial dari para pelanggan Anda, hal ini akan menambah kepercayaan konsumen.

  • Gunakan Rekber

    Jika perlu gunakan rekber (rekening bersama) biar calon konsumen merasa aman dan tidak was-was akan ditipu.

  • Kumpulkan Feedback

    Penting dan wajib hukumnya mendegarkan feedback dari konsumen, alasannya yaitu cara terbaik untuk membuat urusan ekonomi online kita bertahan yaitu dengan mendengarkan kemauan pelanggan.

  • Fleksibel

    Bisnis baju online yang Anda jalankan haruslah fleksibel, artinya harus bisa menyesuaikan impian pasar, jikalau dirasa urusan ekonomi baju yang Anda jual sudah minim peminat, maka bergantilah menjual jenis baju lain / ganti di produk lain.

Keempat cara jualan online tersebut bukan hanya akan membuat pelanggan aman dan nyaman, selain itu akan berdampak pada efek viral yaitu promosi dari verbal ke mulut.

Baca Juga
Cara Promosi OnlineCara Promosi Online

Marketing / pemasaran merupakan hal terpenting yang harus kita kuasai biar urusan ekonomi dropship baju online bisa menghasilkan penjualan.

Kesimpulan


Jadi, jikalau Anda ingin belajar urusan ekonomi jual baju online langkah pertama yang harus dilakukan yaitu riset produk > mencari supplier > marketing. Dan untuk kunci utama cara urusan ekonomi jual baju online biar sukses yaitu dengan membuat sistem pelayanan yang prima dan menerapkan prinsip fleksibilitas dalam berbisnis.

Posting Komentar untuk "Belajar Cara Memulai Bisnis Dropship Jual Baju Online Gratis"