Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Semangat Ngeblog Berdasarkan Penyebabnya

Cara Meningkatkan Semangat Ngeblog

Tidak ada yang bilang menjadi blogger itu mudah, malas merupakan salah satu hambatan terbesar dalam ngeblog. Jika seseorang sudah terjangkit penyakit malas dan larut didalamnya, maka selesai sudah karir blogger tersebut. Penyakit malas ini bukan hanya diderita oleh blogger pemula saja, namun blogger senior sekalipun saya yakin pernah mengalaminya juga.

Untuk menghilangkan rasa malas dan meningkatkan kembali semangat ngeblog, maka kita perlu mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab munculnya kemalasan tersebut atau dalam hal ini yaitu penyebab hilangnya semangat ngeblog.

Secara garis besar, ada 9 penyebab utama yang membuat semangat ngeblog hilang. Dan sekaligus akan blog Berguru SEO berikan solusi / cara meningkatkan semangat ngeblog yang hilang tersebut.

1. Menurunnya Jumlah Pengunjung


Tak mampu dipungkiri, sesungguhnya salah satu penyebab utama semangat ngeblog drop yaitu turunnya jumlah pengunjung. Hal ini selaras dengan apa yang dikatakan oleh pepatah blogger 'jumlah pengunjung berbanding lurus dengan semangat ngeblog'. Artinya, kalau pengunjung blog naik maka semangat ngeblog juga akan naik, dan sebaliknya, kalau pengunjung blog turun maka semangat ngeblog mampu dipastikan juga akan turun.

Cara Mengatasi : Pelajari bagaimana Cara Meningkatkan Pengunjung Blog.



2. Melakukan Hal Yang Monoton


Melakukan hal yang sama secara berulang dan dilakukan setiap hari, tentu akan membuat siapa saja merasa bosan dan menjadi malas untuk melakukannya lagi. Hal mirip ini pada balasannya akan berimbas pada hilangnya semangat ngeblog. Jadi, kalau selama ini Anda hanya menulis lalu mempublish, maka saran saya cobalah hal yang gres untuk menigkatkan kembali semangat ngeblog.

Cara Mengatasi : Cobalah hal baru, misal Belajar Cara Edit Template Blog.



3. Tidak Mempunyai Alasan Ngeblog


Ini ia dilema terbesar yang paling sering dihadapi blogger, khusunya blogger pemula, dimana mereka tidak memiliki apa yang dinamakan tujuan atau alasan kenapa mereka harus ngeblog. Suatu hal yang wajar, alasannya yaitu saya langsung pernah mengalaminya, ketika dimana saya sama sekali tidak punya semangat untuk membuat artikel, alasannya yaitu mirip tidak ada kewajiban dalama diri saya untuk membuatnya.

Cara Mengatasi : Perbanyak membaca motivasi dan kisah Blogger Indonesia Sukses.



4. Tidak Punya Waktu Ngeblog


Saya paham bahwa tidak semua orang memiliki waktu luang setiap hari, yang mampu mereka gunakan untuk menulis artikel di blog. Masalah mirip ini sering kali dialami oleh para pekerja kantoran yang sulit membagi antara waktu untuk kerja dan waktu untuk ngeblog. Jika dilema susah memanajemen waktu menjadi penyebab Anda malas ngeblog, maka solusi untuk mengatasinya yaitu dengan menjadwal posting.

Cara Mengatasi : Di ketika weekend, atau hari dimana Anda sedang tidak sibuk, cobalah untuk membuat 3 - 5 artikel sekaligus, lalu jadwal artikel tersebut untuk di publish setiap 2 / 3 hari sekali, jadi selama 2 ahad kedepan Anda tidak perlu menulis artikel lagi.



5. Tidak Mendapatkan Hasil Dari Ngeblog


Jika tujuan awal Anda ngeblog yaitu untuk mencari uang dan selang beberapa hari Anda tidak kunjung menerima uang dari blog, maka hal tersebut mampu dipastikan akan membuat semangat ngeblog menjadi drop, bahkan tak jarang yang memutuskan untuk berhenti ngeblog lantaran menganggap ngeblog tidak menunjukkan hasil sama sekali.

Cara Mengatasi : Pelajari terlebih dahulu ilmu dan teknik SEO untuk meningkatkan pengunjung, kalau penunjung sudah cukup banyak, cobalah untuk memonitize blog dengan memasang iklan dari Google AdSense, kalau tidak tahu AdSense, silahkan pelajari bagaimana Belajar Bisnis Google AdSense.



6. Tidak Menemukan Ide Tulisan


Tak heran kalau orang menyebut 'ide itu mahal harganya'. Saya langsung sangat baiklah dengan pernyataan tersebut, alasannya yaitu dalam bidang apapun, termasuk dalam hal blogging, ide itu sangat penting, tanpanya kita tidak akan berdaya (ceileh). Ini serius, tanpa ide kita merasa galau bagaimana cara membuat artikel yang baik atau untuk para blogger desain tidak akan mampu menciptakan atau membuat template.

Cara Mengatasi : Sejatinya tidak ada hal atau ide yang benar-benar baru, alasannya yaitu pada dasarnya semua yang gres terinspirasi dari yang lama. Kaprikornus untuk menerima ide / inspirasi, maka cobalah untuk mengunjungi blog para blogger senior yang setopik.



7. Tidak Bisa Fokus


Dari seluruh ebook perihal cara menjadi orang sukses yang pernah saya baca, hampir semua isinya sama yaitu sama-sama menjelaskan bahwa kunci sukses yaitu Fokus. Kaprikornus kalau ketika ini Anda sudah menentukan profesi sebagai blogger maka fokuslah pada pekerjaan tersebut, jangan hingga alasannya yaitu melihat penghasilan internet marketer lain yang lebih, lantas Anda ikut-ikut.an juga, dan meninggalkan profesi Anda sebagai seorang blogger. Hal ini terperinci akan membuat Anda tidak fokus dan hasilnya penghasilan yang didapat juga tidak akan maksimal.

Cara Mengatasi : Fokus kalau diibaratkan rumah yaitu pondasi, jadi kalau Anda kehilangannya, maka runtuhlah sudah apa yang Anda bangun selama ini. Untuk itu jangan mudah tergiur dengan apa yang didapat oleh orang lain, alasannya yaitu Anda tidak tahu betapa keras usaha mereka untuk mendapatkannya.



8. Mendapat Cibiran Sana-Sini


Masyarakat awam mungkin akan mencibir, kalau Anda mengatakan bahwa profesi Anda yaitu Blogger. Tidak perlu dimasukkan ke dalam hati, masukkan saja dalam perut lalu buang melalui (isi sendiri). Mereka mungkin juga akan mengatakan 'ngeblog mulu mana hasilnya ?' atau 'percumah ngeblog kalau duit yang kau hasilin cuma segini'.

Cara Mengatasi : Tidak usah peduli apa yang dikatakan orang lain, alasannya yaitu pemenang ialah mereka yang tertawa di final bukan di awal cerita, jadi tetap semangat dan buktikan bahwa profesi blogger tak kalah kerennya dibanding profesi dokter.



9. Lelah, Letih, Lesu dan Lunglai


Penyakit mirip ini jamak menyerang para Full Time Blogger, bayangkan saja siapa apa yang tidak capek kalau hampir seharian penuh duduk dan menatap layar monitor ? sebagai insan biasa, tentu akan merasa sangat lelah kalau dihadapkan pada situasi mirip ini.

Cara Mengatasi : Solusi untuk mengembalikan semangat ngeblog dengan dilema mirip ini ya cuma satu, yaitu Istirahat / Tidur jangan terus dipaksakan, alasannya yaitu kita bukanlah robot.

Jika disimpulkan cara meningkatkan semangat ngeblog yaitu yang pertama tentu saja yaitu dengan menentukan tujuan dan mencari alasan ngeblog, lalu fokus untuk mencapai tujuan tersebut, dan jadikan cibiran sebagai semangat untuk semakin membangkitkan semangat ngeblog Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Semangat Ngeblog Berdasarkan Penyebabnya"