Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kunci Keberhasilan Meraih Kesuksesan Dalam Bisnis



Kunci sukses urusan ekonomi ialah fokus. Kalimat tersebut mungkin sering kita dengar dalam banyak sekali seminar bisnis. Fokus memang kunci sukses dalam menjalankan bisnis, namun bukanlah satu-satunya. Dengan kata lain masih banyak variabel yang mensugesti keberhasilan atau kesuksesan bisnis.

Melalui artikel ini saya akan mencoba mengupas apa saja faktor yang menjadi kunci keberhasilan urusan ekonomi dan setidaknya ada 10 buah variabel yang sebaiknya Anda lakukan semoga bisa meraih kesukses dalam berbisnis.


1. Mulai Dari Yang Disukai


Dalam menentukan jenis bisnis, bukan hanya soal profit atau uang, namun juga harus dipertimbangkan apakah urusan ekonomi tersebut sesuai dengan passion Anda atau tidak, sebab tak jarang sebuah urusan ekonomi gagal sebab tak ada kemauan keras untuk mengurus / menjalankannya.

Berbeda bila urusan ekonomi yang dijalankan ialah apa yang Anda sukai, maka dalam menjalankan bisnis, bisa dipastikan akan selalu bersemangat dan semangat inilah yang akan membawa kesuksesan dalam urusan ekonomi tersebut.

2. Miliki Integritas Yang Tinggi


Tantangan dalam urusan ekonomi bukan bagaimana cara menjadi sukses namun tantangan sebetulnya ialah bagaimana cara mempertahankan kesuksesan bisnis. Sebuah urusan ekonomi bisa runtuh dalam sekejap (hanya) sebab hilangnya integritas.

Integritas atau aksara yang baik akan mempermudah Anda untuk menerima rekan kerja, memperbanyak peluang dan menjauhkan Anda dari resiko kegagalan berbisnis.

3. Memelihara Relasi


Relasi kepada pelanggan sangat penting untuk dilakukan. Para pengusaha sukses selalu tau cara untuk memelihara kekerabatan dengan para pelanggannya, itulah yang membuat urusan ekonomi yang mereka jalankan bisa meraih kesuksesan.

Relasi akan meningkatkan loyalitas pembeli dan bukan tidak mungkin akan menciptakan efek viral tersendiri bagi urusan ekonomi Anda, misalnya dipromosikan dari ekspresi ke ekspresi oleh si pelanggan loyal tersebut.

4. Tingkatkan Kemampuan Diri


Jangan segan untuk bertanya dan berguru dari orang lain khususnya para pengusaha lain yang lebih dulu sukses, sebab hal tersebut akan membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan diri.

Kaprikornus mulailah menambah pengetahuan dengan berguru dan terus berguru dari wirausahawan yang menggeluti bidang yang sama.

5. Inovasi dan Kreasi


Bisnis tak selalu manis, ada kalanya sebuah urusan ekonomi berada pada masa-masa sulit, masa dimana barang / produk yang Anda tawarkan sudah tidak lagi relevan dengan permintaan.

Untuk itulah diharapkan inovasi dan kreasi yang akan membantu mencegah sebuah urusan ekonomi semoga terhindar dari keterpurukan. Disini Anda akan mengerti betapa mahalnya ide.

6. Cari Orang Yang Mau Mendanai


Carilah partner yang bisa membantu Anda utamanya dalam hal finansial atau sering disebut para investor, sebab pada dasarnya setiap urusan ekonomi pasti memiliki resiko. Jika bekerja bersama dengan investor, maka Anda tidak akan menanggung resiko sendirian.

Para investor sebetulnya bukan hanya kaan membantu Anda dalam hal pendanaan saja, namun lebih dari itu juga akan menunjukkan kunci sukses dalam berbisnis sebab pada dasarnya tidak ada investor yang mau melihat klien-nya rugi.

7. Rekrut Karyawan Dengan Jeli


Karyawan ialah partner atau rekan kerja Anda, jadi pastikan Anda melaksanakan proses rekrutmen dengan jeli. Jangan hingga Anda merekrut karyawan yang pada alhasil justru menghalangi atau menghambat mencapai visi Anda dalam berbisnis. Kaprikornus pastikan rekrut karyawan dengan hati-hati.

8. Buat Blog Bukan Website


Buatlah sebuah blog bukan website perusahaan. Anda pasti tahu kan perbedaan blog dan website ? ya, sebab pada dasarnya blog memberi kedekatan yang lebih dibandingkan website.

Website memang penting untuk keperluan branding, namun tak ada salahnya Anda juga membuat blog untuk memelihara relasi dengan pelanggan Anda. Pelajari bagaimana cara membuat blog.

9. Miliki Prinsip 3M


3M ialah tips sukses bisnis yang digagas oleh Lina Thong, seorang CEO dari sebuah perusahaan penyedia jasa. 3M sendiri memiliki makna Mau, Mampu dan Money, dalam berbisnis Anda harus memiliki ketiga hal tersebut.

Mau berarti harus memiliki passion, bisa atau memiliki keahlian pada bidang urusan ekonomi yang digeluti dan money yang artinya memiliki dana cukup untuk memulai, mempertahankan dan berbagi bisnis.

10. Fokus Pada Tujuan Akhir


Jika Anda ingin sukses dalam berbisnis, maka bayangkan kesuksesan bisnis, dengan begitu Anda akan menjadi lebih fokus untuk menggapainya.

Membayangkan tujuan simpulan atau dalam hal ini ialah kesuksesan, terang dan konkret akan membantu urusan ekonomi yang kita jalankan menjadi lebih baik sebab kita sudah memiliki tujuan atau fokus yang jelas.

Dengan memahami kesepuluh kunci sukses bisnis diatas saya harapkan Anda lebih percaya diri dalam memulai bisnis, sebab tidak bisa dipungkiri bahwa resiko bisnis akan selalu ada dan kegagalan tidak boleh menghentikan langkah kita, bahkan seharusnya bisa kita jadikan sebagai sebuah pelajaran yang berharga.

Posting Komentar untuk "10 Kunci Keberhasilan Meraih Kesuksesan Dalam Bisnis"