Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Belajar Cara Menjual Barang Secara Online

strategi pemasaran online. Selamat membaca.



Ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk mensukseskan penjualan barang secara online di internet dengan banyak sekali cara atau teknik penjualan yang beragam pula. Kabar baiknya, hampir seluruh media yang ada di internet bisa kita gunakan berpomosi secara gratis. Sebagai pola Anda bisa menggunakan media umum mirip Facebook, Twitter, LinkedIn dan Google atau bisa juga memanfaatkan forum online sebagai media promosi online secara gratis.

Selain media umum dan forum, masih banyak media atau daerah lain yang juga bisa digunakan untuk mempromosikan barang yang ingin Anda jual, mirip misalnya :


Itu untuk medianya, sementara untuk teknik atau cara promosi online ada banyak juga, sebagai pola yang paling populer dan banyak digunakan para internet marketer untuk menjual produk mereka secara mudah dan cepat yakni dengan teknik cross selling, yaitu sebuah teknik menjual produk dua sekaligus dengan cara menunjukkan produk lain yang berkaitan dengan produk utama.

Jadi, bisa diambil kesimpulan sementara bahwa tips sukses cara menjual barang secara online yakni dengan memilih daerah / media promosi yang sempurna dan menggunakan teknik menjual yang sempurna pula.

Dan tentunya kunci sukses menjual barang secara online tidak cukup dengan kedua hal tersebut, dimana kita juga butuh apa yang dinamakan Riset Produk, Riset Persaingan, SEO dan SMO, alasannya yakni tanpa riset, promosi dan meningkatkan secara optimal maka bisnis online kita bisa dibilang tidak akan bisa bersaing dengan para kompetitor.

Namun Anda tak perlu khawatir alasannya yakni di artikel saya akan mengajarkan kepada Anda bagaimana cara melaksanakan itu semua, mulai dari riset produk & persaingan serta cara SEO & SMO toko online.

Baik, eksklusif saja berikut yakni tahapan dalam berguru cara menjual barang secara online biar produk yang dijual bisa laris manis dan terjual hingga habis.

Baca Juga
Tips Sukses Bisnis Toko OnlineTips Sukses Bisnis Toko Online

Pelajari diam-diam bagaimana cara mengoptimalkan toko online, baik dari segi Fitur, Tampilan maupun SEO.

anda bisa eksklusif membaca tips tahap 2, kalau anda sudah memiliki / menentukan barang yang akan dijual.

Tahap 1 : Penentuan Produk


Riset Produk


Ada banyak cara yang bisa kita gunakan, dalam melaksanakan riset barang atau produk, salah satu contohnya yakni menggunakan pinjaman Tool dari Google. Yap, yang saya maksud yakni dengan Adwords Keyword Planner, sebuah tool online gratis dari Google yang akan menampilkan jumlah pencarian sebuah kata kunci atau dalam hal ini yakni produk / barang dalam rentang waktu 1 bulan.

Sederhananya, Adwords Keyword Planner akan membantu kita dalam memilih produk apa yang laris di pasaran, alasannya yakni mirip yang saya kataka diatas, tool ini bisa menampilkan jumlah pencarian suatu produk / barang.

Jika Anda ingin menggunakan Adwords Keyword Planner bekerjsama tidak terlalu susah, alasannya yakni hanya perlu mengunjungi situs Google Adwords, lalu memilih silahkan pilih tool Keyword Planner untuk menggunakannya. Untuk tutorial lebih jelasnya (disertai gambar tahap demi tahap) silahkan pelajari disini Cara Riset Kata Kunci.

Riset Persaingan


Setelah menentukan produk / barang apa yang akan Anda jual, sekarang saatnya mencari tahu berapa jumlah persaingan dari produk yang ingin Anda jual tersebut, fungsinya antara lain yakni untuk menyiapkan budget untuk marketing, alasannya yakni semakin tinggi persaingan tentu akan semakin besar pula budget yang harus dikeluarkan, baik untuk promosi (SMO) maupun meningkatkan secara optimal (SEO).

Nah, lantas bagaimana cara mencari tahu jumlah persaingan pada sebuah produk ? Lagi-lagi kita akan menggunakan pinjaman Google dan tool yang akan kita gunakan kali ini yakni Google Search. Untuk langkah-langkahnya kurang lebih mirip ini.

  1. Buka https://www.google.com


    Jika, halaman Google sudah terbuka, selanjutnya masukkan nama / jenis produk yang Anda jual, lalu tambahkan kata jual, jadi formatnya mirip ini 'jual + produk'. Sebagai pola disini saya menjual meja laptop protable dan ingin mencari tahu jumlah persaingannya, maka di Google saya ketikkan 'jual meja laptop protable'.

  2. Ubah start=10 menjadi start=990


    Untuk mengetahui berapa jumlah persaingan yang sesungguhnya, kita perlu mengubah url pada hasil pencarian Google, alasannya yakni kalau dilihat dari hasil pencarian 'About 326,000 results' jumlah tersebut bukanlah jumlah persaingan yang sebenarnya, maka kita perlu mengubah urlnya dari start=10 menjadi 990.

Setelah mengetahui jumlah persaingan, lantas apa yang harus kita lakukan ? tentunya kita harus melaksanakan optimalisasi dari segi SEO maupun SMO, yang nanti akan kita bahas pada tahap 2.

Riset Nama Toko Online


Untuk nama toko online ada dua jenis pilihan nama yang bisa Anda guanakan, yang pertama yakni menggunakan nama Brand dan yang kedua yakni EMD (Exact Match Domain). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

EMD memudahkan Anda dalam menerima ranking 1 di Google, namun tidak menyampaikan loyalitas pada pengunjung.
Brand akan mningkatkan loyalitas pengujung, namun kekurangannya akan lebih sulit bersaing di SERP.

Jika Anda seoarang dropshipper atau reseller, maka EMD yakni pilihan yang tepat, namun kalau Anda yakni seorang pebisnis, pengusaha atau wirausaha yang membuat produk sendiri, maka domain dengan nama Brand yakni pilihan terbaik untuk nama toko online Anda.

Tahap 2 : Optimalisasi Toko Online


SEO


Saya yakin sebagian dari Anda, khususnya para Blogger atau IMer, tentu sudah sangat paham ihwal apa itu SEO, bukan ? yap, SEO yakni akronim dari Search Engine Optimazation atau kalau diterjemahkan secara harfiah artinya yakni Optimalisasi Mesin Pencari, sebuah teknik yang digunakan untuk mencapai ranking 1 di Google.

Jika Toko Online diibaratkan tanaman, maka SEO ini mirip pupuk, yang akan menyuburkannya, jadi bisa dibilang Toko Online tanpa SEO itu 90% akan mati (baca: sepi).

Pertanyaannya, bagaimana cara seo toko online ? apakah seo toko online sama dengan cara seo blog pada umumnya ? kalau menurut saya pribadi, ada beberapa perbedaan dari SEO Blog dan SEO Toko Online, kalau SEO Blog dikatakan bahwa Content is King, maka untuk SEO Toko Online tidak berlaku mirip itu, alasannya yakni King pada SEO Toko Online yakni Backlink bukan Content.

Sementara untuk cara menerima backlink, tidak akan saya jelaskan lagi, alasannya yakni Anda bisa membaca pada artikel saya sebelumnya ihwal Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas atau bisa juga Unduh Ebook Belajar SEO Otodidak yang saya bagikan secara gratis beberapa hari yang lalu.

SMO


SMO (Social Media Optimization) yakni teknik mengoptimalkan media umum untuk menarik pengunjung ke situs kita atau dalam hal ini yakni web toko online kita. Sebenarnya, SEO & SMO sangat berkaitan erat, artinya SMO secara tidak eksklusif juga bisa meningkatkan SEO, alasannya yakni dalam dunia SEO juga dikenal istilah Social Signal, dan untuk meningkatkan Social Signal diharapkan SMO atau teknik optimalsiasi media sosial.

Jika dilihat dari segi manfaat, selain untuk mendatangkan pengunjung ke toko online kita, SMO juga memiliki fungsi lain, mirip :

  • Memudahkan pengenalan produk baru
  • Meningkatkan popularitas brand
  • Mencari feedback dari konsumen
  • Meningkatkan kepercayaan

Saat ini ada 3 situs media umum besar yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan online dan social signal pada SEO, yaitu Facebook, Twitter dan Google+.

Dari ketiga media umum tersebut, saya pribadi lebih sering menggunakan Facebook untuk mempromosikan produk, alasannya sederhana, selain alasannya yakni banyaknya jumlah pengguna Facebook, alasan lain alasannya yakni Facebook seolah benar-benar menyampaikan akomodasi kepada paa penjual online yang ingin menjual barang dagangannya di media umum ini.

Fasilitas yang saya maksud yakni Facebook Fanpage dan Facebook Store, kabar baiknya, kedua fitur ini bisa Anda dapatkan secara gratis, hanya saja untuk Facebook Store kita memerlukan pinjaman pihak ketiga untuk membuatnya.

Tahap 3 : Mindset


Inovasi dan Kreasi


Tidak selamanya urusan ekonomi berjalan lancar adakalanya penjualan menurun, pada titik inilah diharapkan inovasi, baik dari produk (jasa / barang) yang Anda jual, maupun dari segi penjualan atau pemasaran (marketing).

Dalam urusan ekonomi ada saatnya kita harus berhenti sejenak untuk melihat celah mana yang harus dilewati.

Stay Foolish And Keep Hungry For Success


Kata wangsit ini merupakan kunci sukses urusan ekonomi dari almarhum Steve Job, yang kalau diterjemahkan kurang lebih sebagai berikut 'tetap semangat untuk selalu 'haus' dalam mencapai kesuksesan'. Makna dari kata tersebut bekerjsama mengajarkan kita untuk tidak cepat puas dan jangan sekali-kali merasa hebat, alasannya yakni dari situlah sumber kegagalan.

Terus Mencoba dan Pantang Menyerah


Dalam urusan ekonomi kegagalan yakni hal yang biasa dan wajar, jadikan kegagalan pelajaran yang berharga dan jangan hingga kegagalan membuat Anda berhenti dan menyerah, coba dan coba lagi, hingga kegagalan tersebut lelah untuk datang kembali.

Integritas


Ada satu hal yang bisa meruntuhkan kesuksesa dalam sekejap yaitu Integritas. Jadi, tak heran kalau banyak orang yang mengatakan bahwa integritas itu mahal harganya, dan itu benar adanya.



Itulah, Tips Sukses Belajar Cara Menjual Barang Secara Online yang bisa saya baikan kepada Anda, kalau disimpulkan maka cara untuk bisa bertahan dalam urusan ekonomi atau perjuangan yakni dengan memilih produk dan cara promosi yang sempurna serta selalu berusaha membuat inovasi dan menjaga integritas.

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Belajar Cara Menjual Barang Secara Online"