Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Sukses Bisnis dari Wirausaha Terkenal di Dunia

Kunci Sukses Bisnis dari Wirausaha Terkenal di Dunia

Pengusaha atau wirausahawan ialah orang yang bisa memanfaatkan sebuah peluang perjuangan untuk dijadikan suatu urusan ekonomi yang dapat menghasilkan keuntungan.

Sudah selayaknya seorang wirausahawan atau pengusaha memiliki kemampuan dalam mengola atau memanfaatkan sumber dana dan sumber daya yang dimiliki untuk dimaksimalkan dalam berbisnis.

Selain itu, prinsip yang harus dipegang wirausaha / pengusaha dalam menjalankan usahanya ialah keberanian dalam menanggung resiko, namun bukan berarti mengabaikan resiko dalam berwirausaha.

Dari penjelasan singkat mengenai wirausaha diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian wirusaha ialah orang yang bisa memanfaatkan sumber dana & sumber daya yang ada untuk menjalankan perjuangan atau bisnis, serta berani menanggung resiko yang diambil.

Salah satu cara menjadi wirausaha ialah dengan mencar ilmu wirausaha dari ahlinya atau dalam hal ini ialah para tokoh wirausaha terkenal yang lebih dulu sukses berwirausaha.

Kita tidak harus mencar ilmu secara eksklusif (bertemu), tapi kita bisa mempelajari kunci sukses urusan ekonomi yang mereka (wirausaha terkenal) pegang. Hal tersebut bertujuan untuk mencari ide wirausaha dan membantu kita dalam mencari tahu serta memahami bagaimana karakteristik wirausaha sukses.

Ada banyak pola wirausaha terkenal dari seluruh Dunia yang bisa kita pola dan jadikan panutan dalam meraih kesuksesan,  beberapa diantaranya ialah :

  1. Jack Ma
  2. Mark Zuckerberg
  3. Chairul Tanjung

Saya yakin, ada sebagian dari nama-nama tokoh wirausaha sukses diatas yang masih gila di indera pendengaran Anda, untuk itu disini akan saya coba jelaskan siapa dan apa kunci sukses para wirausahawan kaya tersebut.

1. Jack Ma



Jack Ma ialah adalah wirausaha sukses asal negeri cina, kesuksesannya dalam berbinis bermula dari situs Alibaba, ya ia merupakan pendiri situs Alibaba sebuah perusahaan perdagangan online yang sudah terkenal diseluruh dunia dan sahamnya bahkan sudah diperjual belikan di bursa saham New York.

Alibaba Group berbasis di kampung halaman Ma, Hangzhou. Perusahaan itu didirkan pada 1999 oleh Ma dan 17 temannya. Rentang 15 tahun kemudian tepatnya pada tahun 2014 setelah melantai di Bursa New York, nilai Alibaba Group menjadi US$231,44 miliar, jauh di atas Amazon dengan US$150 miliar dan eBay dengan US$67 miliar.

Bermodalkan kemampuan bahasa inggris dan gelar sarjana inggris dari Hangzhou Normal University, sukses mengantarkannya menjadi dosen di Hangzhou Dianzi University, namun sebab honor yang diterima sangat kecil, memaksa ia untuk mencari cara menerima penghasilan tambahan, naasnya beberapa kali melamar kerja (salah satunya mendaftar sebagai karyawan di Kentucky Fried Chicken / KFC) selalu ditolak.

Siapa sangka, dari aneka macam penolakan tersebut justru membuat Ma semakin kreatif dan memutar otak untuk mencari cara menerima uang yang pada kesannya bersama 17 orang temannya, Ma mendirikan Alibaba.com, dan memulai urusan ekonomi jual beli onlinenya.

Kunci sukses urusan ekonomi Jack Ma berawal dari kecintaannya akan bahasa inggris dan kemampuannya dalam melihat peluang usaha.

“When Though Days Come, Think of Your First Day’s Dream”
-Jack Ma-

2. Mark Zuckerberg



Mark Zuckerberg ialah pendiri situs Facebook, sebuah situs jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbesar dikala ini dan menyebabkan Mark sebagai wirausaha muda terkaya dikala ini dengan total kekayaan mencapai US$17,5 miliar atau setara dengan Rp175 triliun (kurs Rp10.0000).

Miliarder yang berasal dari kota White Plains, New York, USA. Ia sudah menuai sukses semenjak usianya masih muda. Kesuksesan Mark Zuckerberg bukanlah tanpa halangan, ia sempat dihadapkan pada pilihan yang sulit antara melanjutkan pendidikan atau melanjutkan proyek urusan ekonomi jejaring sosial Facebook. Dengan optimis Mark memilih untuk melanjutkan binis untuk menyebarkan Facebook bersama rekan-rekannya.

Pilihan Mark untuk DO dari Harvard University untuk menjadi pengusaha internet (internet entrepeneur) dan menyebarkan projek Facebook ternyata berbuah manis, terbukti dari jumlah pengguna Facebook terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan kini penggunanya telah yang kini telah mencapai 1 milliar pengguna aktif.

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari dongeng sukses Mark Zuckerberg, diantaranya ialah sukses tanpa pendidikan itu mungkin. Namun tentunya harus memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan.

Salah salah satu kunci sukses dalam berbisnis yang dipegang Mark ialah keberanian dalam mengambil resiko, itu terlihat ketika ia memilih untuk melanjutkan projek startup Facebook ketimbang melanjutkan kuliahnya.

“In a world that's changing really quickly, the only strategy that is guaranteed to fail is not taking risks.”
-Mark Zuckerberg-

3. Chairul Tanjung



Chairul Tanjung ialah pengusaha sukses yang berasal negeri Indonesia tercinta. Kesusesan dalam memimpin CT Corp membuat namanya dikenal luas dan sekaligus menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes.

Kita harus gembira dengan Pak CT (panggilan dekat Chairul Tanjung), kekayaan yang ditaksir mencapai USD 4 miliar atau setara dengan RP 40 Triliun (kurs Rp 10.000) sukses menghantarkan pak CT menempati orang terkaya posisi nomor 375 dunia.

Kisah menggapai sukses yang dilalui Pak CT telah dimuat dalam buku berjudul "Chairul Tanjung Si Anak Singkong" yang ditulis oleh Tjahja Gunawan. Buku biografi tersebut sengaja dijual 'murah' atas undangan Pak CT kepada penerbit. Dimana pihak Penerbit tidak usah sepeser pun royaltinya dari hasil penjualan buku tersebut.

“Tidak pernah ada orang sukses yang tidak hormat pada orangtuanya.”
-Chairul Tanjung-

Kunci Sukses Wirausaha


Dari ketiga dongeng sukses para wirausaha terkendal diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa kunci sukses wirausaha ialah sebagai berikut :

Keahlian dalam Menjalankan Usaha / Bisnis


Secara garis besar ada 3 keahlian atau skill yang harus dikuasai seorang wirausaha kalau ingin sukses dalam menjalankan bisnis, ketiga skill tersebut ialah Managerial skill (kemampuan dalam mengorganisasikan semua faktor produksi), Technical skill (keahlian yang bersifat teknis) dan Organizational skill (keahlian dalam memimpin aneka macam usaha). (kunci sukses dari Mark Zuckerberg)

Mengembangkan Potensi Bisnis Domestik


Kembangkan potensi urusan ekonomi dimana daerah Anda berada, jangan hanya terfokus pada ekspor, sebab sejatinya kalau pasar luar sedang mengalami penurunan, maka urusan ekonomi yang Anda jalankan akan mati. (kunci sukses dari Jack Ma)

Berkomitmen Menjadi Orang Sukses


Komitmen tinggi terhadap hal yang dilakukan jadi kunci utama dalam meraih kesuksesan. Cita-cita / cita-cita untuk sukses juga akan menunjukkan Anda kekuatan, orang yang tidak mempunyai cita-cita akan 'diam di tempat'. (kunci sukses dari Chairul Tanjung)

Baca juga artikel selanjutnya : Contoh Wirausaha Modal Kecil

Kunci sukses urusan ekonomi yang bekerjsama ialah berani untuk bermimpi, yakini, imani apa yang Anda kerjakan.

Posting Komentar untuk "Kunci Sukses Bisnis dari Wirausaha Terkenal di Dunia"