Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Performa Browser Google Chrome

Cara Mempercepat Performa Browser Google Chrome

Google Chrome yaitu aplikasi browser yang bersifat freeware artinya browser ini mampu Anda unduh secara gratis. Meskipun gratis, namun performanya tidak mampu disepelekan dan dari banyak sekali macam aplikasi browser yang pernah saya gunakan, Google Chrome lah aplikasi web browser terbaik.

Saya katakan demikian, alasannya yaitu memang saya sudah mencoba dan membuktikannya sendiri, dimana browser Google Chrome memang memiliki beragam keunggulan dibanding aplikasi browser sejenis, baik dari performa maupun dari segi pengaya.

Namun, tentunya ada sebagian dari kita yang merasa kurang puas dengan performanya, alasannya yaitu dianggap kurang cepat atau istilah teknisnya lemot.

Ya, duduk perkara lemot memang bukan duduk perkara baru, hampir setiap pengguna browser (bukan hanya Google Chrome) selalu menemui duduk perkara tersebut dan tentunya selalu ada solusi dibalik sebuah masalah.

Dan di artikel inilah saya ingin mencoba mengembangkan solusi mengatasi Google Chrome yang lemot dengan cara mempercepat Google Chrome melalui menu Setting yang sudah disediakan oleh pihak Google selaku pengembang browser Chrome.

Baca Juga
Cara Mempercepat Mozilla FirefoxCara Mempercepat Mozilla Firefox

Untuk pengguna browser Firefox silahkan baca trik mengatasi error, crash dan duduk perkara klask yaitu lemot.

Langsung saja berikut yaitu beberapa cara yang mampu Anda lakukan untuk mempercepat performa Google Chrome.

1. Matikan Extension Yang Tidak Digunakan


Cara Menonaktifkan Extension untuk Mempercepat Browser Google Chrome

Salah satu cara paling mudah dan tentu saja yang paling aman untuk mepercepat browser Google Chrome yaitu dengan menonaktifkan beberapa extension yang terinstall.

Dalam beberapa kasus, seringkali kita hanya menggunakan extension dikala kita memerlukannya saja, sebagai teladan kalau kita menginstall extension untuk melaksanakan screenshot 1 halaman penuh, maka praktis kita agan menggunakannya hanya sewaktu akan mengambil screenshot saja bukan ? selebihnya akan kita aggurin.

Nah, daripada dianggurin, lebih dimatiin dan cara untuk mematikan beberapa extension yang ada di Google Chrome yaitu sebagai berikut :

  1. Buka chrome://extensions/
  2. Beri check pada Developer Mode
  3. Uncheck extension yang tidak Anda gunakan

Mudah bukan dan tentuya cara mempercepat google chrome dengan cara menyerupai ini sangat aman, alasannya yaitu tidak melaksanakan perubahan pada sistem default browser.


2. Nonaktifkan Plugin Yang Dirasa Hanya Memberatkan


Cara Menonaktifkan Plugin untuk Mempercepat Browser Google Chrome

Disadari atau tidak, bahwa bekerjsama browser Google Chrome yang kita gunakan akan secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi yang kita install.

Contohnya yaitu dikala kita menginstall aplikasi Microsoft Office, maka secara otomatis akan terintegrasi dengan browser atau dalam hal ini yaitu browser Google Chrome, dengan proses integrasi menyerupai ini akan memungkinkan kita untuk membuka dan membaca file berextensi .docx, .xlsx, dan bergam file Ms. Office lainnya eksklusif melalui browser Google Chrome.

Jika hal tersebut dirasa tidak pernah Anda lakukan dan Anda merasa lebih sreg dan nyaman membacanya melalui aplikasi Ms. Office, maka sebaiknya matikan plugin tersebut, alasannya yaitu akan sangat membantu meringankan beban kerja browser dan pada risikonya akan membuat kinerja browser Google Chrome menjadi lebih cepat.

Tidak tahu bagaimana cara menonaktifkan plugin di browser Google Chrome ? bekerjsama cukup mudah, begini caranya :

  1. Buka chrome://plugins/
  2. Klik Detail untuk melihat isi plugin
  3. Klik Disable untuk menonaktifkan plugin

Sebelum menonaktifkan plugin, pastikan untuk membaca deskripsinya terlebih dulu, alasannya yaitu ada beberapa plugin yang sebaiknya tidak Anda nonaktifkan menyerupai plugin Flash Player.


3. Bersihkan Cache Secara Berkala


Cara Menghapus Cache untuk Mempercepat Browser Google Chrome

Ada yang belum tau apa itu cache ? singkatnya begini, cache merupakan sekumpulan data yang berisi riwayat dikala kita browsing. Jadi, misal Anda mengunjungi situs BerguruSEO, maka browser secara otomatis akan menyimpan cache situs BerguruSEO pada HardDrive.

Fungsinya untuk apa ? fungsinya biar nanti dikala kita mengunjungi situs BerguruSEO (lagi) mampu menjadi lebih cepat alasannya yaitu data pada situs BerguruSEO sudah tersimpan di HardDrive, jadi browser tinggal membacanya saja.

Meskipun fungsinya cukup penting, namun hal ini justru menjadi bumerang, alasannya yaitu menyerupai yang kita alami sendiri bahwa tidak sedikit dari kita yang hanya mengunjungi situs 1x dalam 1 ahad atau bahkan 1x dalam seumur hidup.

Jika kita hanya membukanya sekali, maka untuk apa kita menyimpan cache situs tersebut ?

Menghapus cache pada browser Google Chrome juga tidak sesusah yang Anda bayangkan. Caranya untuk menghapus atau mengosongkan cache yaitu sebagai berikut :

  1. Buka chrome://settings/
  2. Ketikkan 'Cache' pada kolom pencarian
  3. Klik 'Clear Browsing Data'
  4. Ubah kronologi waktu menjadi 'The Begining of Time'
  5. Beri check pada kolom 'Empty The Cache'

Tunggu beberapa dikala sampai proses pembersihan cache selesai. Maka akan terasa perbedaannya dimana browser menjadi lebih cepat, alasannya yaitu memang ukuran cache yang notabenya cukup besar (karena jumlahnya yang begitu banyak).

Sementara saya bagikan 3 cara mempercepat browser Goole Chrome itu dulu, alasannya yaitu ketiga cara diataslah yang saya rasa paling aman dan mudah untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Cara Mempercepat Performa Browser Google Chrome"