Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Bisnis Terbaik Untuk Mahasiswa Yang Ingin Bekerja

Peluang Bisnis Terbaik Untuk MahasiswaTantangan terbesar seorang mahasiswa sejatinya bukanlah untuk menerima gelar sarjana, alasannya ialah tantangan yang bahu-membahu ialah bagaimana cara menerima pekerja pertama yang sesuai dengan keinginan.

Kalau boleh jujur, bahu-membahu ada banyak pekerjaan yang bisa Anda lakukan meskipun belum memiliki gelar sarjanan, salah satunya ialah dengan berbisnis.

Dalam urusan ekonomi kita tidak mengenal apa yang dinamakan ijasah, gelar atau semacamnya, alasannya ialah yang diharapkan untuk memulai urusan ekonomi ialah Niat, Kerja Keras dan (sedikit) Modal. Kaprikornus suksesnya seorang pebisnis bukan ditentutan dari deretan gelar yang ada di nama, melainkan dari perjuangan yang mereka lakukan.

Berikut ini ialah 2 Peluang Bisnis Terbaik untuk Mahasiswa yang bisa Anda kerjakan tanpa perlu mengeluarkan banyak modal.

Baca Juga
Bisnis Usaha Kecil MenengahBisnis Usaha Kecil Menengah

Artikel ini berisi informasi mengenai daftar Bisnis Usaha Kecil Menengah / UKM yang paling menjanjikan untuk Mahasiswa.

Bisnis di Internet ( Online )


Mahasiswa dan gadget sudah menyerupai sepasang tali sepatu yang selalu bersama dan tak terpisahkan. Namun sayangnya dalam penggunaan gadget masih jauh dari kata bermanfaat, bahkan cenderung kurang bermanfaat, alasannya ialah gadget seringkali hanya dijadikan sebagai media peranttara untuk ngobrol lebih parahnya dijadikan sebagai ajang sebar gosip.

Nah, daripada kita menggunakan gadget tersebut untuk hal-hal yang kurang bermanfaat , akan jauh lebih baik jikalau kita juga menggunakannya untuk menjalankan bisnis.

Jika galau ingin berbinis apa, beberapa peluang bisnis online dibawah ini bisa Anda jadikan referensi :

1. Buzzer

Buzzer ialah seseorang yang menghubungkan antara pengiklan dengan pengguna twitter (promosi via twitter).

Untuk memulai urusan ekonomi dengan menjadi seorang buzzer, terlebih dahulu Anda harus memiliki akun dengan Twitter dengan jumlah followers yang banyak (ratusan ribu), langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan ialah menunjukkan jasa ngebuzz kepada advertiser.

Beberapa kriteria yang digunakan oleh Advertiser dalam memilih seorang Buzzer biasanya dilihat dari beberapa faktor berikut ini :

  • Jumlah Follower
  • Dominasi Gender Follower
  • Usia Rata-rata Follower

Dan beberapa hal lain, mirip misalnya Niche atau Topik dari akun yang Anda gunakan untuk negbuzz, juga sangat kuat apakah advertiser bersedia memakai jasa Anda.

2. Affiliater

Affiliater ialah seseorang yang bekerja untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli (perantara / makelar).

Jika Anda tertarik dengan bisa affiliate marketing, maka langkah awal untuk memulainya ialah dengan mendaftar di situs-situs penyedia layanan affiliate, mirip misalnya :

  • Amazon (global)
  • Clickbank (global)
  • Lazada (lokal)

Setelah menjadi member, selanjutnya Anda perlu memilih sebuah produk lalu mempromosikannya melalui Facebook, Twitter, Blog atau bisa juga kita promosikan melalui situs pasang iklan online.

3. Publisher

Publisher ialah seorang penerbit iklan yang menyediakan blog atau websitenya untuk dipasangi iklan oleh para advertiser (pengiklan).

Untuk menjadi seorang publisher online tentunya Anda harus memiliki sebuah Blog. Karena, nantinya Blog tersebutlah yang kita gunakan sebagai media untuk memasang iklan. Jika sudah memiliki blog, maka peran Anda selanjutnya ialah mendaftar sebagai pubisher di :

  • Google AdSense
  • Media.net
  • IBN (Indonesia Blogger Network)

Dari ketiga network diatas, saran saya cobalah untuk mendaftar terlebih dahulu di Google AdSense, jikalau tidak terima Anda bisa mencoba Media.net dan jikalau tidak diterima lagi, maka alternatifnya Anda bisa bergabung dengan menjadi publisher lokal di IBN.

4. Content Writer

Content Writer adakah seorang penulis artikel, yang mana peran Anda ialah membuat sebuah artikel sesuai pesanan.

Dari keempat referensi kerja part time online diatas sangat cocok untuk Anda seorang maahsiswa yang ingin kerja online namun terkendala akan modal, alasannya ialah dari keempat referensi urusan ekonomi online diatas bisa Anda kerjakan secara gratis, hanya bermodal laptop dan koneksi internet. Namun, jikalau dari keempat pekerjaan online diatas dirasa terlalu susah untuk Anda jalankan, silahkan Anda baca pengalaman saya ihwal Cara Mencari Uang di Internet, besar cita-cita saya artikel tersebut bisa membantu mencerahkan dalam memilih dan memulai urusan ekonomi online yang terbaik dan sempurna untuk Anda jalankan.

Baca Juga
5 Pekerjaan Freelance TerbaikPekerjaan Freelance Terbaik

Jika Anda tidak memiliki waktu lebih untuk menjalankan sebuah bisnis, maka kerja freelance ialah solusi terbaik.

Bisnis di Dunia Nyata ( Offline )


Bisnis offline juga bisa menjadi alternatif untuk mahasiswa yang ingin bekerja reel, meskipun perlu diakui bahwa berbisnis offline akan jauh lebih menguras tenaga, alasannya ialah kita akan lebih bergerak dan dituntut untuk sempurna waktu, ini terang berbeda dengan berbisnis online, dimana kita bisa bekerja dimana saja dan kapan saja.

Meskipun sekilas urusan ekonomi offline jauh lebih melelahkan dibanding urusan ekonomi online, namun hasil atau uang yang akan didapat juga akan sebanding dengan kerja keras yang Anda lakukan, jadi jangan khawatir.

Sebagai referensi untuk Anda, berikut ialah beberapa referensi peluang urusan ekonomi terbaik yang bisa dikerjakan dengan modal kecil, dan tentu saja sangat cocok untuk mahasiswa :

1. Bimbingan Belajar

Mahasiswa itu identik dengan kecerdasan yang tinggi, atau minimal jauh lebih tinggi dari anak SMA. Kepandaian tersebut bisa Anda manfaatkan, salah satunya dengan cara membuka Bisnis Bimbingan Belajar (bimbel).

Sejujurnya, tidak terlalu susah untuk memulai urusan ekonomi bimbel, alasannya ialah yang Anda perlu persiapkan hanyalah :

  • Pemilihan jenis bimbel

    Secara garis besar ada dua jenis bimbel yaitu, bimbel klasikal dan bimbel les private. BimBel Klasikal ialah jadwal bimbingan mencar ilmu yang terdiri dari banyak murid (lebih dari 1) dan berada di suatu tempat, sementara untuk pengertian BimBel Private ialah jadwal bimbingan mencar ilmu intensif untuk 1 siswa.

  • Pilih mapel

    Anda harus pintar mengenali potensi atau keahlian yang ada diri Anda, dan pastikan untuk membuka bimbel dengan mapel yang benar-benar Anda kuasai, hal ini penting untuk menjaga kualitas dari urusan ekonomi bimbingan mencar ilmu yang akan Anda jalankan.

  • Tentukan tarif

    Cara paling sempurna untuk menentukan tarif ialah dengan mengenali tingkat perekonomian masyarakat. Sebagai referensi jikalau Anda berada di daerah perkotaan maka tarif bimbel bisa Anda patok mahal, dan jikalau di pedesaan Anda bisa memasang tarif lebih murah, jikalau tidak ingin urusan ekonomi bimbel Anda sepi.

Yang paling wajib Anda perhatikan dalam membuka urusan ekonomi bimbel bahu-membahu ada pada pemilihan jenis bimbel, jangan hingga Anda berpusat hanya alasannya ialah uang dan melupakan kemampuan Anda, alasannya ialah semisal Anda memilih untuk membuka urusan ekonomi bimbel klasikal, maka Anda harus siap berhadapan dengan karakter-karakter yang berbeda selain itu Anda juga harus siap menjawab pertanyaan yang keluar dari mereka.

2. Bisnis T-Shirt

Bisnis T-Shirt atau Kao termasuk dalam peluang urusan ekonomi modal kecil yang sangat cocok untuk dikerjakan oleh Mahasiswa, pasalnya T-Shirt atau Kaos merupakan salah satu atribut yang paling dicari oleh mahasiswa, alasannya ialah T-Shirt dianggap bukan hanya sebagai pakaian yang melindungi tubuh, tapi seklaigus juga sebagai atribut untuk meningkatkan status sosial seseorang. Kaprikornus jangan heran jikalau seorang mahasiswa rela mengeluarkan ratusan ribu hanya untuk membeli kaos branded.

Lagi-lagi hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai peluang urusan ekonomi yang menguntungkan. Caranya ialah dengan mencari supplier kaos oblong yang tepat, yang memiliki harga murah namun memiliki kualitas yang bagus.

Setelah dirasa menerima supplier yang tepat, maka Anda bisa mulai memasarkan T-Shirt tersebut ke teman, sahabat atau organisasi yang ada di Kampus, dan untuk permulaan Anda perlu menggunakan taktik pemasaran khusus semoga jualan Anda bisa diterima oleh banyak orang.

Selanjutnya, silahkan kembangkan urusan ekonomi T-Shirt tersebut, misalnya dengan membuka Toko Online atau mendirikan Stand khusus untuk memerkan desain dari T-Shirt Anda tersebut.

3. Jasa Fotografi

Pekerjaan yang paling baik ialah pekerjaan yang didasarkan atas hobi. Inilah yang akan Anda rasakan jikalau memiliki hobi Fotografi. Pasalnya, bagi sebagian orang, aktifitas fotografi bukan lagi menjadi hobi melainkan sudah menjadi sebuah profesi.

Memulai urusan ekonomi dengan membuka jasa fotografi saya akui memang bukan pekerjaan mudah, dimana Anda dituntut untuk memiliki jiwa seni jikalau ingin menerima hasil foto yang berseni. Kaprikornus sebaiknya sebelum terjun ke dalam urusan ekonomi fotografi ini, sebaiknya Anda mengambil kursus untuk menjadi fotografer profesional, atau cara lain yang lebih murah (bahkan gratis) ialah dengan bergabung dengan komunitas fotografi yang ada di kota Anda.

Setelah dirasa memiliki ilmu fotografi yang cukup, maka saatnya untuk menunjukkan jasa fotografi Anda ke sahabat / mahasiswa yang ada di kampus, dengan cara memperlihatkan portofolio atau hasil karya yang sudah Anda buat. Disinilah kekreatifitasan Anda dalam membuat portofolio yang menarik diuji.

Dari ketiga peluang urusan ekonomi offline diatas, saya rasa membuka jasa fotografi ialah pilihan pekerjaan / urusan ekonomi terbaik yang paling sempurna untuk mahasiswa yang ingin bekerja namun terkendala modal / biaya. Karena pada dasarnya untuk menjadi seorang fotografer, maka kita hanya perlu bermodalkan kamera saja, kalau dihitung untuk membeli 1 buah kamera slr / dslr mungkin sekitar 3 - 5 juta, dan untuk selanjutnya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, dan hasil / uangnya bisa eksklusif Anda nikmati, setiap kali melaksanakan proses pemprotetan. Jika butuh Anda galau ingin memulai Usaha apa, silahkan pelajari cara menemukan Ide Wirausaha Unik Untuk Mahasiswa beserta referensi perjuangan yang pas untuk mahasiswa muda di Indonesia.

Alternatif lain jikalau Anda tidak ingin menjalankan urusan ekonomi namun tetap ingin menerima uang, maka solusi terbaik ialah dengan mencari Info Lowongan Kerja di Situs Penyedia Informasi Lowongan Pekerjaan, lalu mengirimkan surat lamaran kerja, tapi untuk membuat sebuah surat lamaran pekerjaan juga harus sesuai aturan, untuk itu silahkan pelajari Contoh Surat Lamaran Kerja yang sudah saya tulis dengan baik dan benar berdasarkan aturan yang ada.

Namun, tentu saja semua kembali kepada Anda, baik itu urusan ekonomi online maupun urusan ekonomi offline, pastikan pekerjaan tersebut sesuai dengan pashion Anda, alasannya ialah urusan ekonomi yang didasarkan atas pashion akan membuat Anda nyaman dalam bekerja. Tetapi juga harus diperhatikan peluang urusan ekonomi tersebut di masa depan, apakah memiliki prospek rupawan atau tidak dan yang tak kalah penting Anda juga harus rajin membaca Tips Menjadi Pengusaha Sukses, intinya kita perlu mencar ilmu dari kesuksesan orang lain. Itu saja dari saya, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Peluang Bisnis Terbaik Untuk Mahasiswa Yang Ingin Bekerja"