Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan

Bisnis UKM Usaha Kecil Menengah Yang MenjanjikanUsaha Kecil Menengah atau erat kita singkat menjadi UKM merupakan salah satu jenis perjuangan yang mengandalkan kemandirian, karena sesuai namanya, UKM yaitu urusan ekonomi dengan skala kecil yang cenderung hanya mengandalkan modal sendiri dan tidak bergantung investor, hal ini membuat UKM sangat berpotensi untuk bisa survive atau berkembang secara mandiri.

Banyak yang belum tahu bahwa sebetulnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pelopor terbesar dalam perekonomian yang ada di suatu negara. Peran pemerintah dalam memperkokoh potensi pengembangan UKM sebetulnya sangat diharapkan dan dari pihak UKM Sendiri juga perlu untuk bisa 'menjemput bola' melihat peluang yang ada.

Saya sadari bahwa dalam pengaliasainnya untuk memulai Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) memang tidak mudah, lantaran modal yang kecil dan juga minimnya sumbangan dari investor membuat para pelaku Bisnis UKM benar-benar dituntut untuk kreatif dalam memilih dan menjalankan Usahanya.

Namun, jangan khawatir, karena di artikel ini saya sudah merangkum beberapa Daftar / Jenis Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang menjanjikan dikala ini dan tentunya bisa Anda jalankan dengan modal yang relatif kecil.

1. Bisnis UKM dengan membuka Restoran


Bisnis Restoran merupakan salah satu industri yang memiliki kecenderungan untuk tumbuh dengan laju yang paling cepat, hal ini dikarenakan gaya hidup masyarakat modern yang  lebih suka makan di restoran ketimbang memasak di rumah. Tak heran kalau Bisnis Restoran menjadi salah satu peluang urusan ekonomi yang sangat menjanjikan.

Memulai Bisnis Restoran juga bukan pekerjaan mudah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan mirip :

  • Menjaga biaya resep maksimal 50% dari harga jual
  • Pertimbangan jumlah stok dengan banyaknya permintaan
  • Pemilihan daerah yang strategis

Jika Anda bisa melakuakan ketiga hal diatas dengan baik, maka peluang Anda untuk bisa sukses dalam menjalankan Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) di bidang Kuliner atau dalam hal ini yaitu Restoran akan terbuka lebar, tetapi tentunya juga harus diimbangi dengan sebuah team yang solid.

2. Bisnis UKM dengan menjual Pakaian


Tidak akan ada yang menolak kalau saya menyebut Bisnis UKM di bidang Pakaian yaitu salah satu urusan ekonomi yang paling menjanjikan dikala ini, karena siapapun itu pasti membutuhkan yang namanya pakaian (baju, celana). Pasar yang begitu luas juga membuat Bisns di bidang Fashion / Pakaian ini sangat diminati oleh para wirausahawan muda.

Cara memulai urusan ekonomi pakaian / urusan ekonomi fashion juga bukanlah pekerjaan yang mudah, karena kita harus arif dalam memilih produk fashion yang akan kita jual, tak hanya itu taktik yang kita gunakan dikala menjual pakaian tersebut juga harus tepat, lebih dari itu pemilihan daerah juga harus kita pertimbangkan, jangan hingga Anda menunjukkan baju dengan harga jutaan kepada orang-orang yang memiliki gaji dibawah 1 juta.

Makara kombinasi antara Barang, Strategi, Tempat dan Waktu sangat diharapkan untuk bisa sukses dalam menjalankan Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) di bidang Fashion / Pakaian.

3. Bisnis UKM dengan membuka Bengkel


Pertambahan jumlah pengendara sepeda motor yang cukup cepat, bahkan terbilang sangat pesat, amembuat urusan ekonomi di bidang otomotif menjadi salah satu urusan ekonomi yang paling diminati. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, peningkatan jumlah kendaran bermotor di Indonesia tiap tahunnya hampir mencapai 7 juta unit, tercatat pada tahun 2011 jumlah kendaran bermotor yaitu 68 839 341 dan di tahun berikutnya (2012) melonjak menjadi 76 381 183.

Dalam membuka Usaha Bengkel juga tidak bisa sembarangan asal buka, meskipun Anda mempunyai pengetahuan mesin yang handal. Karena masih ada faktor lain yang harus Anda pertimbangkan, mirip :

  • Menentukan lokasi urusan ekonomi yang strategis
  • Membuat administrasi bengkel yang baik
  • Memperkerjakan teknisis yang handal

Selain itu Anda juga bisa menggabungkan Usaha Bengkel Anda dengan perjuangan yang lain, mirip Usaha Cuci Helm / Usaha Cuci Motor. Makara menyerupai pepatah 'sekali mendayung dua tiga pula terlampaui'.

4. Bisnis UKM dengan menjual Pulsa


Salah satu urusan ekonomi UKM (Usaha Kecil Menengah) dengan peminat terbanyak dikala ini yaitu urusan ekonomi pulsa, hal ini disebabkan oleh banyaknya pengguna ponsel, dan saking banyaknya pengguna ponsel di Indonesia, bahkan jumlahnya melampaui dari jumlah penduduk di Indonesia, menurut data statistik dari US Cencus Bureau, Indonesia memiliki 251 juta penduduk, dan jumlah pengguna ponsel yaitu 281 juta, hal ini bisa terjadi karena 1 orang bisa memiliki lebih dari 1 ponsel.

Modal yang tidak terlalu besar, atau bahkan terbilang kecil juga menjadi salah satu alasan kenapa bisns pulsa memiliki peminat yang tinggi, selain itu, akomodasi dalam bekerja juga menjadi alasan berpengaruh urusan ekonomi pulsa menjadi raja dari urusan ekonomi UKM (Usaha Kecil Menengah).

Ada banyak cara untuk memaksimalkan keuntugan Anda dalam memulai urusan ekonomi jualan pulsa, diantaranya yaitu :

  • Membuka konter
  • Menjual kepada tetangga terdekat
  • Menjual kepada sahabat sekolah

Jika masih kurang puas dengan penjualan yang didapat, Anda juga bisa menunjukkan pulsa secara online, dan untuk pembayarannya Anda bisa memanfaatkan PayPal atau bisa melalui iBanking.

5. Bisnis UKM dengan memanfaatkan Internet


Seperti yang kita semua ketahui, internet menunjukkan banyak sekali macam peluang urusan ekonomi beragam, yang menjanjikan. dan yang paling banyak diminati dikala ini yaitu Bisnis Marketing / Pemasaran Online, karena dengan internet kita tidak terbatas ruang dan waktu, dimanapun dan kapanpun kita bisa menggunakan internet untuk melaksanakan promosi.

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk melaksanakan promosi di Internet mirip misalnya :

  • Media sosial
  • Toko online
  • Pasang iklan di Iklan Baris Online

Dan masih bnyak lagi tempat-tempat lainnya yang bisa Anda coba untuk memasarkan produk.

5 Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang saya sebutkan diatas memiliki prospek atau peluang yang cukup menjanjikan di tahun yang akan datang, karena menurut riset kecil-kecilan yang saya lakukan, kelima urusan ekonomi ukm diatas memiliki jumlah peminat yang terus tumbuh / meningkat tiap tahunnya,

Posting Komentar untuk "Daftar Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan"