7 Cara Pintar Memanfaatkan Twitter dan Facebook Untuk Bisnis
Sebagian dari pembaca mungkin masih ada yang berfikir bahwa untuk memulai urusan ekonomi (dalam hal ini yakni urusan ekonomi online) harus memiliki online shop atau toko online pribadi, padahal kenyataannya tidak demikian, alasannya yakni masih banyak media alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk promosi, tentunya dengan harga jauh lebih murah ketimbang membangun toko online yang notabenya membutuhkan biaya, waktu dan tenaga yang bisa dibilang tidak mudah dan murah.
Media alternatif yang saya maksud yakni Twitter dan Facebook, lalu kenapa Twitter dan Facebook ? alasannya sederhana, alasannya yakni kedua media umum tersebut sangat cocok digunakan untuk urusan ekonomi terutama dalam hal promosi, dikarenakan adanya pertolongan fitur dari pihak Facebook dan Twitter yang nantinya akan memudahkan kita dalam berbagi atau bahkan untuk memulai urusan ekonomi dari nol.
Agar adil, maka saya akan membagi artikel ini menjadi 2 bagian, yaitu terdiri dari :
Kenapa Facebook lebih banyak ? alasannya yakni dari segi fitur dan cara monetisasi (mendapatkan uang) di Facebook jumlahnya lebih banyak.
Seperti yang kita semua ketahui bahwa Facebook yakni media umum terbesar ketika ini dengan jumlah pengguna lebih dari 1 milliar. Di Indonesia sendiri pengguna Facebook diprediksi mencapai 69 juta orang, itu artinya Facebook merupakan media paling sempurna untuk membuat omset urusan ekonomi Anda meningkatkan drastis baik urusan ekonomi secara lokal maupun internasional.
Sejauh yang sata tahu ada 4 cara yang bisa Anda gunakan untuk berbisnis dan menerima uang dari Facebook. Agar tidak kepanjangan mungkin pribadi saja berikut keempat cara memanfaatkan Facebook untuk bisnis.
Facebook Ads (FB Ads) yakni aktivitas periklanan dari Facebook dan menjadi salah satu fitur unggulan dari Facebook yang sangat digemari oleh para pebisnis atau lebih tepatnya Internet Marketer (IMers), alasannya yakni dengan adanya fitur FB Ads maka memungkinkan mereka untuk mempromosikan produk / barang secara otomatis.
Tentunya ada harga yang harus dibayar, namun menurut saya pribadi, perbandingan antara harga promosi dan keuntungan yang (mungkin) akan didapat (hampir) bisa dipastikan lebih besar pendapatan (keungan) ketimbang pengeluaran (biaya promosi FB Ads).
Untuk menggunakan Facebook Ads, Anda bisa pribadi menuju ke Cara Membuat Akun Facebook.
Jika selama ini Anda hanya menggunakan group sebagai kawasan ngobrol atau diskusi seputar gadget / smartphone, maka mulai sekarang cobalah untuk merubahnya dengan menjadi fitur / kemudahan group menjadi ladang urusan ekonomi baru, misalnya untuk menunjukkan jasa, ya bisa jasa apa saja, misal dengan menunjukkan Barang atau bisa juga jikalau Anda hobi menulis bisa coba-coba dengan menunjukkan Ebook.
Tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua group mengijinkan kita untuk melaksanakan promosi, jadi biasakan membaca aturan di group tersebut sebelum berpromosi disana.
Satu lagi fitur gratisan dari Facebook yang bisa Anda manfaatkan untuk mendongkrak omset urusan ekonomi Anda yaitu Facebook Fanpage (FB FP). Fitur facebook fanpage pada dasarnya memang dikhususkan untuk memfasilitasi para pengguna Facebook yang ingin mempromosikan produk mereka, jadi bisa dibilang facebook fanpage yakni 'ruang khusus' untuk mempromosikan maupun mengupload foto produk / barang yang Anda jual.
Lebih dari itu, facebook fanpage juga bisa Anda manfaatkan untuk sarana mendapatkan uang dari facebook, misalnya melalui jasa like, dengan catatan jumlah like di fanpage yang Anda miliki berjumlah ratusan ribu, jadi nanti kita tinggal mempromosikan facebook fanpage client dalam bentuk status, dijamin paling tidak fanpage milik client akan bertambah ratusan atau bahkan ribuan. tips dan trik untuk meningkatkan jumlah like di Fanpage Facebook silahkan pelajari disini Cara Menambah Like Fanpage Facebook.
Dari yang saya amati masih banyak penjual yang mengabaikan atau mungkin menganggap remeh hastag. Padahal, jikalau kita bisa memanfaatkan hastag yang ada di Facebook dengan baik, maka bukan tidak mungkin kita bisa meningkatkan penjualan produk sampai berkali-kali lipat.
Ya, alasannya yakni dengan menambahkan hastag yang sempurna pada setiap status yang Anda buat, maka peluang status tersebut dilihat banyak orang akan semakin besar, begitu juga kemungkinan closing / penjualan yang terjadi, bisa dipastikan juga akan meningkat.
Contoh penggunaan Hastag untuk jualan Jilbab :
Hastag tersebut menargetkan para pengguna facebook yang menggunakan jilbab. Orang-orang tersebutlah yang nantinya akan menjadi target pasar Anda.
Meskipun twitter berada jauh dibawah Facebook, yakni sekitar 300 juta akun, namun potensi twitter untuk berbagi urusan ekonomi Anda tetap ada, alasannya yakni lebih banyak didominasi pengguna twitter yakni kelas menengah keatas, jadi mereka sudah dekat dengan aktifitas urusan ekonomi online mirip jual beli online menggunakan bank / payment processor online mirip PayPal.
Potensi yang begitu besar, harus kita manfaatkan untuk meningkatkan urusan ekonomi yang kita jalankan. Mungkin pribadi saja, berikut beberapa pola penerapan fitur yang ada di twitter untun mendorong peningkatan penghasilan bisnis.
Jika Facebook memiliki fitur Facebook Ads, maka twitter memiliki fitur Twitter Promote. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mempromosikan produk melalui status / kicauan (twit).
Yang menarik dari twitter promote yakni kita tidak hanya akan menerima peningkatan jumlah penjualan, lebih dari itu kita akan menerima komplemen follower, alasannya yakni ketika kita melaksanakan promote, maka akun yang kita promosikan juga akan tampil bersama kicauan / twit promosi.
Jika follower Anda sudah banyak, saran saya cobalah untuk mengembangkannya, dan jikalau sudah ada banyak, silahkan buka urusan ekonomi jasa buzzer. Apa itu buzzer ? buzzer yakni jasa mempromosikan akun / produk pengguna twitter lain melalui kicauan.
Jasa ini hanya akan laris jikalau Anda memiliki banyak follower, untuk itu silahkan baca Cara Menambah Follower Twitter.
Sesuai namanya, fungsi utama dari twitter trends yakni untuk mengetahui 10 hastag terpopuler di suatu negara / dunia. Kaprikornus dengan adanya twitter trends, kita bisa melihat hal-hal populer apa yang sedang 'trend' atau 'populer'.
Jika jeli, maka Anda bisa memanfaatkan berita yang disajikan twitter isu terkini untuk berbagi dan meningkatkan urusan ekonomi Anda. Caranya yakni dengan menyertakan hastag yang sedang isu terkini dalam kicauan yang kita buat.
Pastikan bahwa kicauan yang dibuat benar-benar relevan dengan hastag yang Anda sertakan, alasannya yakni jikalau tidak, maka orang justru akan dianggap spam oleh pengguna twitter lain.
Apa itu twitter client ? twitter client yakni aplikasi twitter berbasis cloud yang dikembangkan oleh para developer web, jadi menyerupai aplikasi fanmade (buatan fans).
Meskipun tidak secara resmi dikeluarkan twitter, namun fitur yang terdapat pada (mayoritas) twitter client akan lebih komplit, sebagai pola ada :
Singkatnya dengan auto retweet kita bisa me retweet kicauan orang lain, auto tweet untuk menulis tweet secara otomatis, auto follow saya rasa sudah jelas, yaitu untuk memfollow secara otomatis.
Sejujurnya masih banyak cara memanfaatkan twitter maupun facebook untuk bisnis, namun secara garis besar, beberapa poin diatas yang paling vital untuk Anda gunakan.
Baik Facebook dan twitter, keduanya merupakan media umum yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan dan pengembangan urusan ekonomi yang Anda jalankan, jadi pintar-pintar lah untuk memanfaatkan keduanya media umum tersebut.
Media alternatif yang saya maksud yakni Twitter dan Facebook, lalu kenapa Twitter dan Facebook ? alasannya sederhana, alasannya yakni kedua media umum tersebut sangat cocok digunakan untuk urusan ekonomi terutama dalam hal promosi, dikarenakan adanya pertolongan fitur dari pihak Facebook dan Twitter yang nantinya akan memudahkan kita dalam berbagi atau bahkan untuk memulai urusan ekonomi dari nol.
Agar adil, maka saya akan membagi artikel ini menjadi 2 bagian, yaitu terdiri dari :
- 4 Cara Memanfaatkan Facebook untuk Bisnis
- 3 Cara Memanfaatkan Twitter untuk Bisnis
Kenapa Facebook lebih banyak ? alasannya yakni dari segi fitur dan cara monetisasi (mendapatkan uang) di Facebook jumlahnya lebih banyak.
4 Cara Memanfaatkan Facebook untuk Bisnis
Seperti yang kita semua ketahui bahwa Facebook yakni media umum terbesar ketika ini dengan jumlah pengguna lebih dari 1 milliar. Di Indonesia sendiri pengguna Facebook diprediksi mencapai 69 juta orang, itu artinya Facebook merupakan media paling sempurna untuk membuat omset urusan ekonomi Anda meningkatkan drastis baik urusan ekonomi secara lokal maupun internasional.
Sejauh yang sata tahu ada 4 cara yang bisa Anda gunakan untuk berbisnis dan menerima uang dari Facebook. Agar tidak kepanjangan mungkin pribadi saja berikut keempat cara memanfaatkan Facebook untuk bisnis.
1. Facebook Ads
Facebook Ads (FB Ads) yakni aktivitas periklanan dari Facebook dan menjadi salah satu fitur unggulan dari Facebook yang sangat digemari oleh para pebisnis atau lebih tepatnya Internet Marketer (IMers), alasannya yakni dengan adanya fitur FB Ads maka memungkinkan mereka untuk mempromosikan produk / barang secara otomatis.
Tentunya ada harga yang harus dibayar, namun menurut saya pribadi, perbandingan antara harga promosi dan keuntungan yang (mungkin) akan didapat (hampir) bisa dipastikan lebih besar pendapatan (keungan) ketimbang pengeluaran (biaya promosi FB Ads).
Untuk menggunakan Facebook Ads, Anda bisa pribadi menuju ke Cara Membuat Akun Facebook.
2. Facebok Group
Jika selama ini Anda hanya menggunakan group sebagai kawasan ngobrol atau diskusi seputar gadget / smartphone, maka mulai sekarang cobalah untuk merubahnya dengan menjadi fitur / kemudahan group menjadi ladang urusan ekonomi baru, misalnya untuk menunjukkan jasa, ya bisa jasa apa saja, misal dengan menunjukkan Barang atau bisa juga jikalau Anda hobi menulis bisa coba-coba dengan menunjukkan Ebook.
Tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua group mengijinkan kita untuk melaksanakan promosi, jadi biasakan membaca aturan di group tersebut sebelum berpromosi disana.
3. Facebok Fanpage
Satu lagi fitur gratisan dari Facebook yang bisa Anda manfaatkan untuk mendongkrak omset urusan ekonomi Anda yaitu Facebook Fanpage (FB FP). Fitur facebook fanpage pada dasarnya memang dikhususkan untuk memfasilitasi para pengguna Facebook yang ingin mempromosikan produk mereka, jadi bisa dibilang facebook fanpage yakni 'ruang khusus' untuk mempromosikan maupun mengupload foto produk / barang yang Anda jual.
Lebih dari itu, facebook fanpage juga bisa Anda manfaatkan untuk sarana mendapatkan uang dari facebook, misalnya melalui jasa like, dengan catatan jumlah like di fanpage yang Anda miliki berjumlah ratusan ribu, jadi nanti kita tinggal mempromosikan facebook fanpage client dalam bentuk status, dijamin paling tidak fanpage milik client akan bertambah ratusan atau bahkan ribuan. tips dan trik untuk meningkatkan jumlah like di Fanpage Facebook silahkan pelajari disini Cara Menambah Like Fanpage Facebook.
4. Facebook Hastag
Dari yang saya amati masih banyak penjual yang mengabaikan atau mungkin menganggap remeh hastag. Padahal, jikalau kita bisa memanfaatkan hastag yang ada di Facebook dengan baik, maka bukan tidak mungkin kita bisa meningkatkan penjualan produk sampai berkali-kali lipat.
Ya, alasannya yakni dengan menambahkan hastag yang sempurna pada setiap status yang Anda buat, maka peluang status tersebut dilihat banyak orang akan semakin besar, begitu juga kemungkinan closing / penjualan yang terjadi, bisa dipastikan juga akan meningkat.
Contoh penggunaan Hastag untuk jualan Jilbab :
#hijab
#hijabers
#hijabfashion
#hijabstyle
#hijabselfie
Hastag tersebut menargetkan para pengguna facebook yang menggunakan jilbab. Orang-orang tersebutlah yang nantinya akan menjadi target pasar Anda.
3 Cara Memanfaatkan Twitter untuk Bisnis
Meskipun twitter berada jauh dibawah Facebook, yakni sekitar 300 juta akun, namun potensi twitter untuk berbagi urusan ekonomi Anda tetap ada, alasannya yakni lebih banyak didominasi pengguna twitter yakni kelas menengah keatas, jadi mereka sudah dekat dengan aktifitas urusan ekonomi online mirip jual beli online menggunakan bank / payment processor online mirip PayPal.
Potensi yang begitu besar, harus kita manfaatkan untuk meningkatkan urusan ekonomi yang kita jalankan. Mungkin pribadi saja, berikut beberapa pola penerapan fitur yang ada di twitter untun mendorong peningkatan penghasilan bisnis.
1. Twitter Promote
Jika Facebook memiliki fitur Facebook Ads, maka twitter memiliki fitur Twitter Promote. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mempromosikan produk melalui status / kicauan (twit).
Yang menarik dari twitter promote yakni kita tidak hanya akan menerima peningkatan jumlah penjualan, lebih dari itu kita akan menerima komplemen follower, alasannya yakni ketika kita melaksanakan promote, maka akun yang kita promosikan juga akan tampil bersama kicauan / twit promosi.
Jika follower Anda sudah banyak, saran saya cobalah untuk mengembangkannya, dan jikalau sudah ada banyak, silahkan buka urusan ekonomi jasa buzzer. Apa itu buzzer ? buzzer yakni jasa mempromosikan akun / produk pengguna twitter lain melalui kicauan.
Jasa ini hanya akan laris jikalau Anda memiliki banyak follower, untuk itu silahkan baca Cara Menambah Follower Twitter.
2. Twitter Trends
Sesuai namanya, fungsi utama dari twitter trends yakni untuk mengetahui 10 hastag terpopuler di suatu negara / dunia. Kaprikornus dengan adanya twitter trends, kita bisa melihat hal-hal populer apa yang sedang 'trend' atau 'populer'.
Jika jeli, maka Anda bisa memanfaatkan berita yang disajikan twitter isu terkini untuk berbagi dan meningkatkan urusan ekonomi Anda. Caranya yakni dengan menyertakan hastag yang sedang isu terkini dalam kicauan yang kita buat.
Pastikan bahwa kicauan yang dibuat benar-benar relevan dengan hastag yang Anda sertakan, alasannya yakni jikalau tidak, maka orang justru akan dianggap spam oleh pengguna twitter lain.
3. Twitter Client
Apa itu twitter client ? twitter client yakni aplikasi twitter berbasis cloud yang dikembangkan oleh para developer web, jadi menyerupai aplikasi fanmade (buatan fans).
Meskipun tidak secara resmi dikeluarkan twitter, namun fitur yang terdapat pada (mayoritas) twitter client akan lebih komplit, sebagai pola ada :
- Auto Retweet
- Auto Tweet
- Auto Follow
- Schedule Tweet
Singkatnya dengan auto retweet kita bisa me retweet kicauan orang lain, auto tweet untuk menulis tweet secara otomatis, auto follow saya rasa sudah jelas, yaitu untuk memfollow secara otomatis.
Sejujurnya masih banyak cara memanfaatkan twitter maupun facebook untuk bisnis, namun secara garis besar, beberapa poin diatas yang paling vital untuk Anda gunakan.
Baik Facebook dan twitter, keduanya merupakan media umum yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan dan pengembangan urusan ekonomi yang Anda jalankan, jadi pintar-pintar lah untuk memanfaatkan keduanya media umum tersebut.
Posting Komentar untuk "7 Cara Pintar Memanfaatkan Twitter dan Facebook Untuk Bisnis"