Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Algoritma Google Mobilegeddon Resmi Diluncurkan

Algoritma Google Mobilegeddon

Melalui Official Google Webmaster Central Blog secara resmi Google mengumumkan bahwa mereka telah melaksanakan Mobile-Friendly Update pada hasil pencarian Mobile atau sering kita dengar sebagai algoritma Mobilegeddon.

Jelas sekali kenapa sebagian orang menyebut update algoritma terbaru Google kali ini dengan sebutan Mobilegeddon. Tak lain dan tak bukan yakni karena mereka menyakini bahwa Algoritma Terbaru Google Mobilegeddon akan 'mengubur' blog yang dianggap tidak Mobile-Friendly.

We will be expanding our use of mobile-friendliness as a ranking signal. This change will affect mobile searches in all languages worldwide and will have a significant impact in our search results” Googlers Takaki Makino.

Pernyataan dari salah satu tim Google diatas, semakin menguatkan bahwa akan terjadi perubahan besar-besaran pada hasil pencarian yang dilakukan dari perangkat mobile setelah peluncuran Mobilegeddon.

Hal ini mampu menjadi kabar baik bagi webmaster yang memiliki tampilan blog Mobile-Friendly dan sekaligus menjadi kabar buruk bagi mereka yang memiliki tampilan blog tidak Mobile-Friendly.

Algoritma Google Mobile-Friendly LabelBulan November, 2014 yakni awal mula yang menjadi dasar dari peluncuran algoritma Mobilegeddon, dimana pada dikala itu Google melaksanakan eksperimen dengan menambahkan label Mobile-Friendly pada situs yang dianggap menawarkan pengalaman baik kepada pengguna Mobile.

Algoritma Google Menyembunyikan URLSelanjutnya pada bulan April tepatnya pada tanggal 16 atau 5 sebelum peluncuran algoritma mobilegeddon,, Google juga telah melaksanakan update pada hasil pencarian mobile dengan menghilangkan URL dan menggantinya dengan nama domain.

Berdasarkan isu yang saya dapat dari blog resmi Google, dijelaskan bahwa Update algoritma Mobilegeddon hanya akan berdampak berdampak pada individual page.

Artinya jikalau dalam 1 Domain terdapat 1 halaman yang tidak Mobile-Friendly, maka hanya akan terjadi penurunan ranking pada halaman tersebut dan tidak akan kuat apapun pada Domain utama atau Halaman lain.

Di artikel sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana cara membuat blog menjadi Mobile-Friendly dengan perlindungan Google Mobile-Friendly Test Tool, sekaligus juga saya jelaskan perihal kesalahan apa saja yang sering dilakukan webmaster sehingga menjadikan situs blog / web dianggap tidak Mobile-Friendly.

Dampak dari peluncuran algoritma Mobilegeddon sepertinya tidak pribadi dirasakan pada hari peluncurannya, karena tentu butuh proses selain itu mungkin juga dikarenakan update kali ini yang sifatnya global.

Namun, bagi mereka yang (mungkin) sudah mencicipi dampak dari peluncuran algoritma Mobilegeddon, khususnya dampak penurunan pengunjung, tidak perlu khawatir karena Google telah menyediakan tools gratis untuk membenahi tampilan template mobile semoga menjadi Mobile-Friendly.

Blog Berguru SEO Mobile-Friendly

Tool yang saya maksud yakni Cara Cek Blog Mobile-Friendly.

Setelah situs Anda menjadi Mobile-Friendly (dan setelah proses crawling dan indexing) pengunjung dipastikan akan kembali menyerupai semula atau bahkan mampu saja naik.

* pernyataan diatas bukan dari saya, melainkan bersumber pribadi dari Google. Kaprikornus jikalau tidak terjadi peningkatan pengunjung pada situs Anda jangan salahkan saya, hehe.

Untuk melengkapi artikel seputar peluncuran Algoritma Google Mobilegeddon sekaligus untuk menghindari pertanyaan berulang, maka akan saya tambahkan FAQs yang beberapa diantaranya saya kutip dari artikel di blog resmi Google yang berjudul FAQs Mobile Friendly Update.


Apakah situs yang Tidak Mobile-Friendly akan mengalami penurunan ranking ?

Google menjelaskan bahwa mereka menggunakan banyak sekali sinyal untuk menentukan peringkat hasil pencarian dan search query masih menjadi ranking factor yang paling kuat, jadi meski ada situs dengan tampilan tidak mobile-friendly namun memiliki konten yang baik, maka situs tersebut tetap berpeluang untuk menerima ranking yang tinggi.



Kemungkinan terburuk apa yang mungkin akan terjadi jikalau situs saya Tidak Mobile-Friendly ?

Mungkin akan terjadi penurunan jumlah pengunjung, namun tidak perlu khawatir akan hal itu, karena Google telah menggaransi pengunjung situs Anda mampu kembali naik jikalau sudah merubah dan menerapkan tampilan Mobile-Friendly.



Apakah hasil pencarian engguna desktop dan tablet juga akan terpengaruh oleh update Mobilegeddon ?

Tidak, update ini tidak kuat pada pencarian dari tablet atau desktop, namun hanya mensugesti pencarian dari perangkat mobile di semua bahasa dan lokasi.



Jumlah pengunjung saya turun, apakah itu disebabkan update algoritma Mobilegeddon ?

Bisa jadi, menyerupai yang dikatakan Google bahwa update kali ini yakni real time artinya dampak yang terjadi mampu saja pribadi dirasakan dikala itu juga.



Mana yang lebih baik, meredirect pengunjung mobile ke sub-domain lain (m.contoh.com) atau mempertahankan pengunjung di domain utama (www.contoh.com) ?

Jika melihat tanggapan dari Google, maka dijelaskan bahwa keduanya sama baik, dengan catatan untuk pemilik blog yang meredirect pengguna mobile ke sub-domain lain, harus benar-benar memastikan bahwa sub-domain tersebut mampu terindeks dengan baik oleh mesin pencari (tidak diblock).



Bagaimana cara untuk mengetahui bahwa situs saya sudah Mobile-Friendly ?

Setidaknya ada 2 Tools yang mampu Anda gunakan. Tools yang pertama yakni Mobile-Friendly Test dan tools yang kedua yakni Mobile Usability.



Apakah ada tips lain untuk meningkatkan ranking situs selain membuatnya menjadi Mobile-Friendly ?

Buatlah aplikasi mobile untuk website Anda, karena Google akan memasukkan aplikasi mobile ke dalam ranking factor, dengan catatan pengguna tersebut sudah menginstall aplikasi yang Anda buat.



Hal apa saja yang perlu dihindari semoga ranking situs saya tidak turun ?

Google telah mempublikasikan Mobile SEO Mistakes yang berisi rangkuman mengenai kesalahan apa saja yang sering dilakukan webmaster dan tentunya beserta cara mengatasinya.



Saya mendapat pesan bahwa Google akan menghilangkan situs yang Tidak Mobile-Friendly pada hasil pencarian ?

Sama sekali tidak benar, jikalau Anda membaca post dari Johon Muller (salah satu team Google) dimana ia mengatakan bahwa "we're not going to be removing sites from search just because they're not mobile-friendly".



Jadi, saya tidak harus merubah tampilan situs menjadi Mobile-Friendly ?

Tidak ada yang mewajibkan, namun sekedar isu saja, berdasarkan data yang saya dapat dari ComScore tercatat bahwa jumlah pencarian dari perangkat mobile mencapai 70% atau naik 10% dari tahun lalu. Sekarang saya tanya balik, apakah Anda bersedia merelakan 70% Pengunjung hanya karena tampilan situs yang tidak mobile-friendly ?



Apa ada panduan resmi dari Google terkait dengan tips membuat blog menjadi Mobile-Friendly ?

Selain menyediakan tools untuk Mobile-Friendly Test, Google juga menyediakan panduan lengkap untuk membuat situs Mobile Friendly yang mampu Anda baca di Mobile-Friendly Website.


Punya pertanyaan lain seputar algoritma Google Mobilegeddon ? silahan kirimkan pertanyaan Anda tersebut melalui kolom komentar, dengan senang hati akan bantu jawab sebisanya.

Posting Komentar untuk "Algoritma Google Mobilegeddon Resmi Diluncurkan"