Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Hobi Yang Bisa Menjadi Bisnis Untuk Menghasilkan Uang


Setiap orang tentu memiliki hobi masing-masing, bahkan tak jarang seseorang memiliki hobi lebih dari satu, namun sayangnya masih sedikit yang tahu bahwa bahwasanya hobi yang mereka lakukan tersebut bisa menjadi urusan ekonomi untuk menghasilkan uang.

Asal mau dan tahu caranya, saya yakin apapun hobi tersebut bisa kita jadikan urusan ekonomi yang bisa menghasilkan uang bahkan bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama.

Tidak banyak, di artikel ini saya hanya akan memberi 9 pola hobi yang bisa Anda jadikan sebagai urusan ekonomi untuk menghasilkan uang secara terus menerus, dengan catatan, Anda konsisten dalam menjalankannya.

Apa sajakah hobi tersebut ? berikut kesembilang pola hobi yang menghasilkan uang dan dapat Anda manfaatkan untuk menerima uang jutaan rupiah setiap bulannya.



1. Blogging


Hobi yang menghasilkan pertama ialah hobi blogging / ngeblog. Bagi sebagian orang aktifitas ngeblog mungkin hanya digunakan sebagai sarana mencurahkan perasaan ke dalam tulisan, namun bagi sebagian lainnya, aktifitas blogging dijadikan sebagai urusan ekonomi atau ajang untuk menghasilkan uang.

Konsep antara ngeblog untuk sekedar hobi dan ngeblog untuk urusan ekonomi bahwasanya sama saja, dimana keduanya sama-sama menulis dan membagikan hasil tulisannya melalui media umum atau blogwalking, yang membedakan hanya pada apa yang ditulis, gambaran sederhananya menyerupai ini :

Blogger Hobi : Tulisan bersifat pribadi, (terkadang) tidak menunjukkan manfaat untuk pembaca
Blogger Bisnis : Tulisan bersifat umum, dan (hampir) selalu menunjukkan manfaat untuk pembaca

Namun, sayangnya disini saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai blogger urusan ekonomi atau cara-cara untuk menerima uang dari blog, alasannya di artikel sebelumnya sudah saya kupas tuntas wacana panduan lengkap cara menghasilkan uang dari blog.



2. Bermain Game


Sebagian dari Anda mungkin akan menganggap bermain game / ngegame ialah hobi yang kurang baik atau hanya membuang-buang waktu saja, namun hal tersebut tak berlaku untuk PewDiePie, hobinya mengantarkan dia menjadi menjadi miliuner muda dan salah satu artis populer di YouTube dengan jumlah subcriber terbanyak, itu semua berawal dari hobinya bermain game dan menguploadnya di situs YouTube.

Contoh lain yang menerima manfaatkan dari bermain game ialah seorang bocah berusia 9 tahun, ya bocah yang saya maksud tersebut ialah EvanTubeHD, dia berhasil mengambarkan kepada dunia bahwa hobi bermain game ialah hobi yang bermanfaat, buktinya total kekayaan yang di raup dari mengupload video bermain game mencapai $17.6K per bulan atau kalau dirupiahkan sekita Rp170 juta per bulan.

Gaji tersebut puluhan kali lipat lebih besar dari gaji saya sebagai seorang karyawan di perusahaan swasta.

Apa yang dilakukan kedua orang tersebut bahwasanya sama, yaitu mereka merekam kegiatan bermain game lalu mengunggahnya di youtube dan selanjutnya memasang iklan Google AdSense, Anda pun bahwasanya juga bisa, tutorial lengkapnya bisa Anda baca disini Cara Menghasilkan Uang dari YouTube.



3. Programming


Programming ialah aktifitas mengutak atik kode. Hobi programming merupakan salah satu hobi yang bekerjasama dengan pekerjaan, alasannya menyerupai yang kita semua ketahui bahwa karir seorang programmer sangat terbuka lebar, mengingat kini kita mulai masuk ke periode digital, dimana sesuatunya mulai berbasis aplikasi.

Meski demikian, karir seoarang programmer bukan hanya sebatas bekerja pada suatu perusahaan, melainkan bisa juga dengan membuat startup baru.

Ada banyak pola startup lokal yang telah menuai kesuksesan di bidang programming, menyerupai :


  • http://www.sribu.com/
  • http://www.go-jek.com/
  • http://babe.co.id/


Alternatif menerima uang yang bisa dicoba seorang programmer ialah dengan cara memonetisasi kegiatan yang dia buat, baik menggunakan AdMob (android) atau iAd (iOS).



4. Desain Grafis


Berbahagialah bagi Anda yang hobi ngedesain, alasannya menurut saya langsung desain merupakan hobi yang menyenangkan dan sekaligus sebagai hobi yang menguntungkan. Kenapa saya katakan demikian ? alasannya karir untuk para desainer sangat terbuka lebar.

Dengan menjadi desainer, Anda bisa memilih 2 pekerjaan, apakah ingin bekerja sebagai freelance (desainer lepas) atau sebagai desainer suatu perusahaan atau bahkan Anda bisa mengambil kedua pekerjaan tersebut.

Pekerjaan utama di perusahaan dan kerja part time sebagai freelance. Jika penghasilan Anda dari kedua pekerjaan tersebut dirasa kurang, maka solusinya Anda bisa menjual karya Anda tersebut melalui situs stock marketplace, bayaran yang akan didapat tergantung dari jumlah gambar tersebut dibeli (didownload).

Berikut beberapa pola situs marketplace untuk menjual karya / desain yang Anda buat.


  • http://graphicriver.net/
  • http://istockphoto.com/
  • http://www.shutterstock.com/


Ketiga situs diatas ialah daerah yang paling sempurna untuk menjual desain Anda, dan di situs tersebut Anda bebas mematok harga yang diinginkan.



5. Fotografi


Fotografi bisa dibilang sebagai salah satu hobi yang menarik, alasannya ada dua insan yang diuntungkan, yaitu si fotografer dan si model. Fotografer senang kalau bisa menerima hasil jepretan yang baik dan si model juga senang kalau hasil jepretan fotografer memuaskan.

Jujur saya tidak tahu banyak mengenai fotografi, tapi saya pernah menerima pesan dari sobat saya yang juga berprofesi sebagai fotografer, dia berkata 'merintis karir sebagai fotografer (single fighter) pro di indonesia bukan pekerjaan mudah, alasannya kerja keras yang dilakukan tidak sebanding dengan bayaran yang didapat'.

Kaprikornus jangan heran kalau banyak fotografer pro yang memilih berkarir di luar negeri atau pasarinternasional.

Meski demikian, karir di bidang fotografi yang ada di indonesia sangat terbuka lebar, mengingat persaingan sebagai fotografer belum terlalu ketat. Kaprikornus urusan ekonomi sampingan sebagai fotografer masih sangat patut untuk dipertimbangkan.



6. Video Editing


Karir sebagai video editor bisa dibilang masih sangat terbuka lebar, mengingat demam isu masyarakat terhadapa movie / film yang sangat tinggi. Namun, perlu diketahui bahwa hobi yang dibayar tinggi ini bukan hanya memerlukan 'kecintaan' terhadap dunia editing saja, melainkan juga harus diimbangi dengan keahlian yang mumpuni.

Tidak berbeda jauh dengan hobi desain grafis, dimana ada dua pilihan pekerjaan yang bisa kita ambil, yaitu bekerja di perusahaan atau menjadi freelance. Untuk Anda yang memutuskan bekerja sebagai freelance (online), berikut daftar situs yang bisa Anda gunakan untuk menjual hasil karya Anda.


  • http://www.videohive.net/
  • http://www.cutcaster.com/


Untuk video kreatif yang bersifat animasi, saya sangat menyarankan untuk menjualnya di situs VideoHive, alasannya sesuai namanya, situs tersebut ialah 'sarangnya' video.

Ingin mencar ilmu video editing ? artikel Cara Mengedit Video akan mengajarkan kepada Anda dasar-dasar dalam video editing.



7. Web Desain


Web Desain merupakan salah satu bobi yang unik, alasannya masih banyak orang yang tak sadar bahwa hobi ini bahwasanya bisa menghasilkan banyak uang. Web Desain ialah pekerjaan mengutak atik sebuah situs (website / blog).

Perkaan web desainer di Indonesia jumlahnya mungkin masih sedikit, namun di luar negeri, profesi web desainer terbilang sangat banyak, terlihat dari banyaknya jumlah situs tutorial web desain, menyerupai :


  • http://tutsplus.com/
  • http://www.smashingmagazine.com/
  • http://www.lynda.com/


Dari mana para desainer tersebut menerima uang ? ada banyak, beberapa diantaranya melalui penjualan ebook dan penawaran kursus premium (berbayar).

Alternatif lain menerima uang dari profesi web desainer ialah dengan menjual template, banyak desainer indonesia yang sukses di urusan ekonomi template, menyerupai contohnya ialah :


  • Mas Sugeng
  • Maskolis
  • Noval Bintang


Tak tanggung-tanggung, penghasilan yang mereka dapat dari penjualan template bisa hingga puluhan bahkan juta, alasannya untuk 1 template saja harganya bisa mencapai Rp 50.000.

Pelajari juga Tutorial Desain Web menggunakan Dreamweaver dari awal hingga jadi.



8. Memasak


Memasak ialah hobi yang baik untuk melamar pekerjaan sebagai seorang chef, atau bisa juga untuk membuka lapangan kerja dengan membuka urusan ekonomi restoran.

Ada ribuan tutorial memasak di internet yang bisa Anda pelajari secara gratis, dari sana kita bisa mencar ilmu banyak sekali hal yang akan menunjang kemampuan memasak dan akan membantu kita untuk menemukan ide-ide gres dalam bidang kuliner.

Selain itu, untuk Anda yang mempunyai keahlian menulis, Anda juga bisa menggabungkan hobi memasak dengan menulis, caranya dengan membuat blog masakan atau blog yang membahas wacana masakan.

Dari blog tersebut kita bisa menerima penghasilan suplemen dengan cara memasanginya iklan.



9. Menulis


Sengaja saya bedakan profesi menulis dengan blogging, alasannya menulis sendiri bisa diartikan dalam artian lebih luas (bukan cuma ngeblog).

Bicara mengenai profesi atau pekerjaan yang bisa didapatkan dari seorang penulis, terbilang ada banyak sekali, mulai dari urusan ekonomi online hingga offline.

Beberapa pola urusan ekonomi online yang bisa dikerjakan seorang penulis ialah sebagai berikut :


  • Menawarkan jasa menulis artikel blog
  • Menawarkan jasa pembuatan sales later yang menarik
  • Menawarkan jasa update status facebook
  • Menawarkan atau menjual ebook


Dari keempat pekerjaan tersebut, menulis artikel untuk blog orang lain bisa dibilang yang paling sering dilakukan para penulis online, alasannya risikonya yang sangat memuaskan, yaitu berkisar antara Rp 5000 - 10.000 untuk 1 artikel berbahasa indonesia dan Rp 10.000 - Rp 20.000 untuk artikel berbahasa inggris.

Sementara untuk urusan ekonomi offline seorang penulis bisa mencoba beberapa hal berikut ini :


  • Membuka workshop
  • Menerbitkan buku
  • Menjual artikel ke penerbit berita


Menulis ialah hobi yang baik untuk fikiran, alasannya dalam proses menulis bukan hanya tangan yang bekerja namun otak juga ikut bekerja memikirkan kata demi kata.

Anda bisa juga mempelajari Tips dan Trik Menulis yang Baik biar bisa menghasilkan banyak uang.

Dari kesembilan pola hobi yang bisa menjadi urusan ekonomi untuk menghasilkan uang tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa, apapun hobi yang Anda miliki, bahwasanya bisa dimonetisasi (diuangkan) asalakan kita mau dan tau cara untuk menerima uang dari hobi tersebut, dan artikel diatas hanyalah beberapa pola hobi hobi yang bisa dijadikan urusan ekonomi / perjuangan untuk mendatangkan uang.

Posting Komentar untuk "9 Hobi Yang Bisa Menjadi Bisnis Untuk Menghasilkan Uang"