Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Freelancer Dengan Penghasilan Jutaan Per Bulan

Cara Menjadi Freelancer Dengan Penghasilan Jutaan Per Bulan

Seperti yang kita tahu, profesi freelance itu ada banyak ragam atau jenisnya, jadi jikalau Anda ingin berguru bagaimana cara menjadi freelancer, maka tahap awal yang harus dilakukan ialah menentukan jenis pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemauan dan kemampuan Anda.

Menentukan jenis pekerjaan freelance ini juga bukan bekerjaan yang mudah, selain karena ada banyak sekali jenisnya, juga harus dipertimbangkan pula soal penghasilan yang akan didapat dari pekerjaan freelance tersebut, karena tentunya kita menginginkan untuk menerima pekerjaan yang bisa menunjukkan kita gaji atau penghasilan jutaan per bulan, bukan ?

Jika Anda termasuk dalam golongan orang-orang yang resah dalam memilih jenis pekerjaan freelance apa yang sempurna untuk dipilih, maka saya tegaskan bahwa Anda datang di kawasan yang tepat, karena disini saya akan menjelaskan macam-macam jenis pekerjaan freelance. Dan bagi Anda yang resah bagaimana cara semoga bisa menjadi freelancer yang sukses, maka saya tekankan sekali lagi bahwa Anda sedang berada di jalan yang benar, lanjutkan membaca maka Anda akan menerima info perihal cara menjadi freelancer sukses.

Cukup basa-basinya, sekarang kita masuk ke inti pembahasan. Secara garis besar ada 7 persiapan yang harus Anda lakukan semoga bisa menjadi freelancer sukses :

1. Tentukan Pekerjaan Freelance


Menentukan jenis pekerjaan freelance bisa dilakukan dengan banyak sekali macam cara, misalnya menyesuaikan dengan kemampuan Anda. Makara untuk yang memiliki basic programming, maka bisa mencoba bekerja sebagai freelance programmer.

Opsi kedua untuk menemukan pekerjaan freelance apa yang sempurna untuk Anda ialah dengan cara melihat tujuan karir. Saya contohkan jikalau Anda memiliki tujuan karir sebagai Reporter Berita, maka mulai sekarang bisa mencoba bekerja freelance sebagai kontributor. Nah, dari situ selain menerima uang, Anda juga akan menerima pengalaman.

Jika masih resah menentukan pekerjaan freelance, maka cobalah untuk memilih salah satu dari ketujuh jenis pekerjaan freelance yang paling populer berikut ini :

  • Freelance Writer : sederhananya, Anda akan bekerja utnuk membuat artikel dengan topik sesuai pesanan.
  • Freelance Translator : menerjemahkan bahasa, baik itu bahasa inggris, korea, perancis, jerman atau jepang.
  • Freelance Blogger : kerjanya sama dengan writer, bedanya jikalau writer menulis untuk klien, blogger menulis untuk dirinya sendiri.

Frelance writer dan blogger merupakan jenis pekerjaan freelance online, jadi Anda bisa menjalankan pekerjaan ini secara remote (bisa dikerjakan dimanapun menyerupai dari rumah misalnya).

Untuk mencari tahu mana pekerjaan freelance yang mempunyai gaji tinggi silahkan baca artikel lengkapnya disini 5 Pekerjaan Freelance dengan Gaji Tinggi.


2. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi


Dalam dunia freelance Anda akan bekerja dengan banyak sekali macam klien, jadi kemampuan komunikasi menjadi faktor penting yang harus Anda pelajari, karena sukses atau tidaknya akad kontrak tidak hanya ditentukan dari skill Anda namun juga kemampuan komnukasi Anda.

Kemampuan komnuikasi juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada Anda, oleh karena itu tak ada salahnya bagi Anda untuk benar-benar menguasai atau mempelajari ilmu komunikasi, karena pada dasarnya ilmu juga akan bermanfaat bukan hanya dalam banyak sekali bidang misalnya dalam hal pemasaran.


3. Temukan Lebih Banyak Relasi


Jalin hubungan dengan orang-orang baru, karena dari situ akan membuka peluang untuk menerima klien, semakin luas koneksi yang kita miliki, maka semakin besar pula kemungkinan Anda untuk menerima klien baru.

Relasi bisa Anda dapatkan darimana saja, baik dari dunia konkret maupun dari dunia maya. Namun saya rasa akan jauh lebih mudah bagi kita untuk menerima relasai melalui dunia maya atau dalam hal ini ialah menggunakan internet, misalnya dengan memanfaatkan media umum atau bisa juga dengan berkunjung ke forum online.


4. Gunakan Waktu Dengan Bijak


Meskipun judulnya ialah freelance dimana Anda bisa bebas pekerja kapansaja, namun bukan berarti Anda bisa bekerja seenaknya sendiri. Maksud dari 'seenaknya sendiri' disini ialah menunda-nunda pekerjaan hingga deadline yang sudah disepakati.

Hal tersebut tentunya akan melukai hati klien dan memperburuk reputasi Anda.

Namun ini tidak berlaku bagi Anda yang bekerja sebagai freelance yang bergerak di bidang non jasa, menyerupai misalnya freelance blogger atau freelance internet marketer.


5. Manfaatkan Situs Freelancer


Situs freelancer secara garis besar dibagi menjadi dua versi, yaitu situs freelancer yang dibuat untuk diisi oleh para freelancer dan situs freelancer yang dibuat untuk diisi para pemberi pekerjaan.

Situs freelancer yang dibuat untuk para freelancer contohnya ialah :


Dikedua situs freelance diatas kita diminta untuk mengisi data diri dan membuat sebuah service sesuai dengan kemampuan, jadi secara sederhana konsep kedua situs diatas ialah klien yang mencari kita.

Situs freelancer yang dibuat untuk para pemberi pekerjaan contohnya ialah :


Sementara untuk kedua situs freelancer diatas, justru para freelancer lah yang mencari pekerjaan, misalnya ada loker desain logo dengan budget 1 juta, maka para freelancer akan berlomba-lomba mengapply pekerjaan tersebut dan si pemasang lowongan kerjalah yang akan menentukan siapa yang dipilih.


6. Lakukan Manajemen Diri


Sesuai namanya freelance atau jikalau diartikan ialah pekerja bebas, maka sudah terperinci artinya bahwa pekerjaan ini sifatnya 'bebas' jadi tidak akan ada lingkungan kerja yang akan membatasi Anda menyerupai selama ini kita alami ketika berguru di sekolah / bekerja di perusahan.

Satu-satunya orang yang bisa membatasi Anda ialah diri sendiri. Disinilah mengapa saya tekankan perihal pentingnya untuk melaksanakan administrasi diri karena pada dasarnya seorang pekerja lepas harus tau bagaimana mengontrol dirinya sendiri misalnya tidak mengambil pekerjaan yang dirasa tidak bisa untuk diselesaikan, karena itu hanya akan mengurangi kepercayaan pelanggan.


7. Tetapkan Komitmen Dalam Diri


Bukan hanya administrasi diri, komitmen dalam diri juga tak kalah penting, meskipun saya yakin Anda (mungkin) sering mendengar pernyataan perihal pentingnya komitmen, bukan ? saking pentingnya saya ingin mengulangnya kembali.

Komitmen awal tentu menggebu-gebu untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaa freelance yang digeluti dan sayangnya mulai memudar di ketika pertengahan atau disaat pekerjaan tersebut tidak menghasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Jika hal tersebut terjadi, maka ingatlah kembali komitmen awal ketika memutuskan menjadi freelancer.

Baca Lowongan Kerja Part Time Online cocok untuk mahasiswa yang ingin berguru bagaimana cara menjadi freelancer online atau ingin kerja freelance di dunia internet karena bisa diremote dari rumah.

Itu singkat dari saya untuk Anda yang ingin menjadi freelancer, bukan bermaksud mengguri hanya sekedar berbagi. Semoga apa yang sampaikan ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin memutuskan untuk kerja freelance.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Freelancer Dengan Penghasilan Jutaan Per Bulan"