Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Penghasilan Bulanan Dengan Kerja Sampingan

Cara Meningkatkan Penghasilan Bulanan Dengan Kerja Sampingan

Jika pendapatan bulanan yang Anda dapatkan dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sekunder, maka itu artinya Anda sudah harus mulai mencari cara menerima penghasilan tambahan.

Untuk menerima penghasilan pemanis pada umumnya bisa dilakukan dengan aneka macam macam cara, baik dengan cara bekerja serabutan (mengerjakan apapun) atau bisa juga dengan kerja sampingan (kerja part time).

Beberapa ide urusan ekonomi dibawah ini mungkin bisa menjadi wangsit bagi Anda yang ingin meningkatkan penghasilan bulanan dengan cara memulai urusan ekonomi sampingan, namun tentunya dibutuhkan ketrampilan untuk menjalankannya.

Dengan Memanfaatkan Hobi


Menghasilkan uang dari hobi mungkin belum banyak diasadari, padahal sudah banyak orang yang telah membuktikannya, sebut saja PewDiePie, salah satu artis YouTube yang sukses berkat hobinya bermain Game. Anda pun bersama-sama juga bisa memanfaatkan hobi yang Anda miliki dan menjadikannya sebuah pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan bulanan.

1. Fotografi


Hampir setiap orang pasti memiliki sebuah kamera, entah itu kamera digital maupun hanya sebatas kamera ponsel. Dengan sedikit kekreatifitasan, Anda bisa menggunakan kamera tersebut untuk mencari uang.

Terlebih bagi Anda yang memang memiliki hobi fotografi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mencari uang dari hobi Anda tersebut. Misalnya, dengan menjual karya foto Anda di microstock agency.

2. Mengembangkan Aplikasi


Diperlukan keahlian khusus untuk menjalankan urusan ekonomi ini dan keahlian yang saya maksud yakni programming. Makara boleh dibilang urusan ekonomi aplikasi ini lebih cocok dikerjakan oleh mahasiswa jurusan Sistem Informasi namun tidak menutup kemungkinan pula bila dikerjakan oleh orang awam, asal mau berguru bahasa pemrograman.

Inti dari urusan ekonomi aplikasi ini yakni dengan sistem monetisasi, jadi kita buat aplikasi lalu memasangkan iklan di aplikasi tersebut. Dari iklan yang dipasang tersebutlah, nantinya si developer (pembuat aplikasi) akan menerima uang.

3. Kreasi Masakan


Resep makanan kini bisa didapat dengan mudah melalui internet, hanya dengan mengetikkan kata kunci "resep (nama masakan)" di Google, maka akan muncul sederet blog dengan gosip resep masakan yang Anda cari.

Jika bicara peluang urusan ekonomi kuliner, bisa dibilang cukup potensial, sebab yang namanya urusan ekonomi masakan hampir setiap dikala pasti dicari, sebab ibarat yang kita tahu, bahwa makanan merupakan kebutuhan primer bagi tiap orang.

4. Menulis Novel


Menjadi seorang penulis novel bisa Anda pertimbangkan sebagai pekerjaan sampingan. Untuk menjadi penulis ada dua hal yang harus benar-benar Anda miliki yaitu kesepakatan dan konsisten.

Tanpa komitmen, maka tidak akan tercipta sebuah goresan pena dan tanpa konsisten maka mustahil novel tersebut akan selesai, jadi milikilah keduanya. Dan yang paling penting yakni rajin membaca sebab dari proses membaca itulah si penulis akan berguru kata-kata baru.

Dengan Memulai Bisnis Online


Kerja sampingan yang paling pas dikerjakan dikala waktu luang yakni bisnis online. Ada dua alasan kenapa saya mengatakan demikian, alasan pertama yakni sebab bisnis online merupakan urusan ekonomi yang fleksibel, baik dari segi waktu maupun tempat, artinya kita bebas bekerja dimanapun dan kapanpun. Alasan kedua yakni bisnis online termasuk urusan ekonomi yang multitasking. Arinya kita bisa menjalankan aneka macam model urusan ekonomi online dalam satu waktu.

5. Berkarya Dengan Video


Seiring bertambahnya jumlah pegakses situs menyebarkan video YouTube, maka ini menjadi peluang emas bagi para YouTuber untuk menerima lebih banyak penonton dan secara tidak pribadi akan berdampak pula pada kenaikkan pedapatan mereka.

Seperti yang kita ketahui bahwa YouTube memiliki jadwal periklanan yang dinamakan AdSense. Secara sederhana, konsep periklanan AdSense yakni PPC (Pay Per Click) dan CPM (Cost Per Million) artinya Anda akan dibayar per klik dan per seribu view.

Masih belum paham ? jadi begini, Anda upload video lalu mengatifkan fitur monetize, bila fitur monetize sudah aktif, maka Video yang Anda upload di YouTube tersebut akan muncul sebuah iklan dan bila ada penonton yang mengklik iklan tersebut, maka akan ada sejumlah uang yang akan Anda dapatkan (berkisar antara $0,01 - $10).

Bisa disimpulkan bahwa, inti dari cara menerima uang dari YouTube yakni dengan mengupload, memonetisasi dan mempromosikan video.

6. Menjadi Makelar Online


Makelar online atau mungkin lebih sering kita dengar dengan istilah Dropship / Reseller / Affiliate bisa disebut sebagai pekerjaan sampingan yang paling menguntungkan, sebab modal yang dibutuhkan terbilang kecil bahkan nyaris tidak ada.

Modal yang saya maksud disini yakni Komputer dan Modem, dimana saya yakin sebagian dari Anda pasti sudah memiliki keduanya, jadi untuk modal urusan ekonomi makelar online ini bisa dibilang nol.

Lantas bagimana cara memulai urusan ekonomi dropship online ini ? sistemnya hampir sama dengan menjadi makelar offline, dimana hal pertama yang harus kita lakukan yakni mencari supplier (mencari penyuplai barang) dan selanjutnya tinggal kita promosikan, baik melalui media sosial, forum, blog maupun toko online.

7. Menjual Karya Design


Untuk Anda yang memiliki keahlian desain grafis bisa mencoba kerja sampingan dengan menjadi desainer. Peluang urusan ekonomi designer terbilang cukup lebar, sebab pasar / market dari urusan ekonomi desain sangat luas (tidak sebatas pasar indonesia).

Sebagai seorang desainer, maka ada aneka macam macam peluang pekerjaan yang bisa Anda coba :

Yang pertama yakni dengan menjadi Freelance Designer, dengan menjadi freelancer, maka Anda bebas bekerja kapan saja dan dimana saja, dengan catatan pekerjaan yang Anda kerjakan harus simpulan sebelum atau sesuai deadline.

Dan, yang kedua yakni dengan menjadi Desainer di perusahan game atau perusahaan yang bergerak di bidang kreatif.

Intinya ada aneka macam macam pekerjaan yang menanti para desainer, sebab memang skill desain ini tidak bisa dipelajari satu atau dua hari, melainkan membutuhkan waktu berbulan bulan.

Ide bisnis sampingan diatas hanya beberapa contoh pekerjaan sampingan yang bisa Anda coba kerjakan untuk meningkatkn penghasilan, dan bersama-sama masih banyak lagi jenis pekerjaan lain yang bisa dikerjakan diwaktu luang atau kerja part time, namun tentunya tidak bisa saya bahas semua disini. Makara bila Anda kurang puas silahkan baca artikel dibawah ini.


Intinya apapun kerja sampingan yang Anda pilih, usahakan untuk menyesuaikannya dengan kemampuan yang dimiliki dan yang lebih penting lagi jangan sampain pekerjaan sampingan tersebut menggangu pekerjaan utama.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Penghasilan Bulanan Dengan Kerja Sampingan"