Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memaksimalkan SEO Blog Dengan Berbagai Produk Google

Produk dari Google itu ada banyak sekali jumlahnya dan kabar baiknya hampir seluruh produk tersebut menyediakan layanan gratis atau dengan kata lain kita bisa menggunakan produk-produk dari Google tersebut tanpa harus mengeluarkan uang.

Produk gratis dari Google inilah yang juga sering saya gunakan untuk membantu saya dalam memaksimalkan SEO blog. Makara Anda sendiri bersama-sama bisa meningkatkan seo blog tanpa harus memesan jasa seo, namun tentunya harus ada waktu dan tenaga yang Anda korbankan.

Mengingat belum banyak yang tahu ihwal apa saja produk yang dimiliki Google untuk memaksimalkan SEO, maka melalui artikel ini saya akan mencoba menjelaskan banyak sekali macam produk Google yang bisa kita manfaatkan untuk memaksimalkan SEO blog / website dan tentunya semua ini gratis.

Secara garis besar akan ada 6 produk yang nanti kita gunakan untuk memaksimalkan seo blog, keenam produk tersebut diantaranya ialah :

  1. Google AdWords Keyword Planner
  2. Google Analytic
  3. Google Search Console (sebelumnya Google Webmaster)
  4. Google Plus
  5. Google Trends
  6. Google Search + Google Suggest

Selanjutnya, mari kita bahas satu per satu mengenai apa saja fungsi dari kelima produk atau bisa juga Anda sebut sebagai tool dari Google diatas.

1. Google AdWords Keyword Planner


Google AdWords Keyword Planner

AdWords KeywordPlanner ialah tool yang awalnya dibuat Google untuk para pemain AdWords (layanan periklanan Google), namun kini siapa saja bisa mengunakannya untuk melaksanakan riset kata kunci dan untuk mengetahui berapa jumlah pencarian kata kunci tersebut dalam 1 tahun terakhir.

Fitur yang ada pada AdWords Keyword Planner cukup banyak, bahkan sekarang Google menambahkan fitur Display Planner untuk melaksanakan riset keyword berdasarkan pencarian video (youtube dan google search) tool ini bersama-sama hasil transformasi dari tool sebelumnya yang berjulukan Youtube Keyword Tool.

Cara menggunakan Google Adwords Keyword Planner / Display Planner tidaklah terlalu susah, Anda hanya perlu mengunjungi situs Google AdWords: Keyword Planner lalu pilih 'search for keyword' dan selanjutnya masukkan kata kunci yang Anda inginkan.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca panduan yang saya tulis ihwal Cara Riset Kata Kunci dengan Google AdWord Keyword Planner.



2. Google Analytic


Google Analytic

Mengintegrasikan blog dengan Google Analytic akan membantu kita dalam mengamati blog, mirip contohnya melihat asal pengunjung, total kunjungan (per hari / mingug / bulan), asal negara pengunjung, jenis browser pengunjung dan kita juga bisa melihat keyword yang menjadi sumber trafik.

Fitur lain dari Google Analytic yang menjadi andalan saya ialah fitur untuk melihat artikel terakhir apa yang dibaca oleh pengunjung dan rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membaca artikel tersebur, informasi atau data yang diberikan oleh Gooogle Analytic ini sangat membantu saya dalam menganalisa apakah artikel yang saya buat sudah bisa menarik minat pembaca atau belum.

Intinya, Google Analytic bisa kita gunakan untuk menganalisa atau melihat banyak sekali macam aktifitas dari blog yang terintegrasi olehnya. Untuk para SEOer kita juga bisa melihat keyword yang masuk ke blog dan juga melihat halaman mana saja pada blog kita yang paling banyak menerima kunjungan.



3. Google Search Console


Google Search Console

Search Console (sebelumnya berjulukan webmaster tool) merupakan tool yang dikembangkan Google untuk para webmaster atau para pemilik blog yang ingin memaksimalkan seo blog mereka. Ya, tool ini memang dibuat khusus untuk para bloger.

Beberapa fitur yang terdapat pada tool Google Search Console ialah :

  • Melihat jumlah dan asal backlink (inbound link)
  • Informasi kata kunci pada blog beserta peringkatnya di Google (search queries)
  • Kesalahan-kesalahan yang terjadi pada blog (crawl error)

Untuk menggunakan banyak sekali fitur tersebut Anda harus mendaftarkan blog ke Google Search Console dan memverifikasi kepemilikan blog Anda dengan cara memasang instruksi meta tag yang diberikan oleh Google ke dalam template blog.

Ohya, ada satu lagi fitur yang saya yakin sangat disukai oleh para blogger atau para praktisi SEO pada khususnya, yaitu fitur Fetch as Google yang akan membantu proses pengindexan artikel blog menjadi jauh lebih cepat. Fitur ini bisa Anda terusan melalui Google Searcj Console > Crawl > Fetch as Google.



4. Google Plus


Google Plus

Dalam SEO ialah istilah Social Signal atau faktor yang mensugesti ranking blog pada hasil pencarian yang didasarkan jumlah artikel tersebut dibagikan melalui media umum mirip Google Plus, Facebook dan Twitter.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Moz, dari sekian banyak media umum yang ada, Google Plus merupakan media umum yang memiliki dampak tertinggi dalam hal pengoptimalan blog, dengan kata lain kita bisa mengatakan bahwa Google Plus raja social signal.

Ada satu trik khusus yang mungkin sudah banyak yang tau, trik ini sangat berguna untuk memaksimalkan SEO blog dengan bantun akun Google Plus, caranya ialah dengan memasukkan link ke dalam halaman About atau tepatnya pada form Introduction, link yang Anda dapat sifatnya ialah DoFollow, jadi link tersebut akan terindex Google dan sangat berguna meningkatkan posisi blog di SERP.

Efek ini hanya berlaku kalau Anda memiliki akun Google+ yang terkenal atau memiliki banyak follower, kalau belum tau caranya silahkan pelajari Cara Menambah Followers Google Plus.



5. Google Trends


Google Trends

Satu lagi produk Google yang gratis namun memiliki manfaat yang sangat fantastis, yap produk yang saya maksud ialah Google Trends. Sesuai namanya, tool gratisan dari Google ini akan menampilkan informasi mengenai tren terkini yang terjadi di (hampir) seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Jika kita membuka halaman utama Google Trends, maka akan ada 3 kolom yang terdiri dari :

  • kolom 1. Sedang Tren =  Informasi info apa yang sedang tren ketika ini
  • kolom 2. Bagan 2014 = Informasi mengenai menyebarkan hal yang menjadi tren di tahun 2014
  • kolom 3. Jelajahi Secara Mendalam = Mencari informasi ihwal suatu istilah

Dengan Google Trends kita juga bisa melaksanakan riset kata kunci berdasar tahun, jadi tidak mirip AdWords Keyword Planner yang hanya menampilkan statistik pencarian 12 bulan terakhir, dengan Google Trends kita bisa melaksanakan lebih dari itu, bahkan kita juga bisa melihat statistik pencarian di tahun 2004 - sekarang.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja yang bisa dilakukan di Google Trends, silahkan baca selengkapnya melalui artikel Mencari Keyword Populer di Google Trends.



6. Google Search


Google Search

Google Search ialah salah satu produk Google yang digunakan hampir seluruh pengguna internet, namun sayangnya belum banyak yang tau cara memaksimalkan penggunaan Google Search, ibaratnya kita hanya memakai namun tidak memahaminya secara penuh.

Ada fitur menarik dari Google Search yang mungkin belum banyak yang tau fitur tersebut Google Search Operator atau ada juga yang menyebutnya Google.

Inti dari fitur tersebut ialah untuk memaksimalkan hasil pencarian yang kita lakukan menjadi lebih spesifik dan mencari informasi yang mungkin tidak ditampilkan secara default, mirip contohnya pengguna search operator link:namasitusdotcom maka hasil pencarian akan menampilkan link yang mengarah ke situs namasitusdotcom tersebut.

SyntaxContoh
"link:url""link:www.google.com"

Search Operator lain yang juga sering saya gunakan ialah penggunaan simbol bintang (*) dan menyisipkannya di tengah-tengah kata, karenanya akan tercipta riset keyword yang sangat tepat yang mungkin tidak akan bisa Anda dapatkan di tool manapun.

Masih banyak search operator lain yang selengkapnya bisa Anda baca disini 6 Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google.

Cara Memaksimalkan SEO Blog dengan menggunakan banyak sekali produk Google ini bersama-sama akan memakan banyak waktu Anda, tapi saya yakin karenanya juga akan maksimal.

Posting Komentar untuk "Memaksimalkan SEO Blog Dengan Berbagai Produk Google"